7 Manfaat Buah Mahkota Dewa Untuk Kesehatan, Terbukti Ampuh

Nama Mahkota Dewa memang sering terdengar, namun sebenarnya masih banyak orang yang belum mengenal tumbuhan ini dengan baik, atau bahkan malah belum pernah melihatnya. Tanaman atau pohon mahkota dewa ialah tanaman yang memang sudah dikenal untuk obat dari dulu, tanaman ini awalnya berasal dari Irian Jaya atau Papua.

Buah Mahkota Dewa sendiri berwarna merah menyala sehingga banyak orang yang tertarik ketika melihatnya. Seperti yang sudah dikataka tadi, manfaat Mahkota Dewa memang cukup banyak untuk kesehatan, sehingga jangan heran jika tidak sedikit orang yang memburunya demi mengobati penyakit mereka. Hal ini didukung dengan beberapa kandungan baik yang ada di dalamnya, contohnya saponin, alkaloid, flavonoid dan masih banyak lagi. Nah, beberapa manfaat Mahkota Dewa yang paling penting untuk Anda tahu ialah sebagai berikut.

Buah Mahkota Dewa

1. Menangkal Bakteri

Meskipun selama ini dikenal beberapa bakteri baik yang sehat bagi tubuh, namun bakteri jahat juga tidak kalah banyaknya. Nah, itu artinya penting bagi Anda untuk menangkal bakteri jahat yang bisa saja masuk ke dalam tubuh. Ternyata, kandungan alkaloid yang ada pada Mahkota Dewa sangat manjur untuk mencegah bakteri jahat masuk ke dalam tubuh Anda.

2. Menurunkan Gula Darah

Gula darah yang tinggi juga sering kali menjadi masalah bagi kebanyakan orang saat ini. Hal dikarenakan kebiasaan mereka mengonsumsi makanan yang kurang sehat, lalu ditambah lagi dengan malasnya mereka untuk berolahraga. Untungnya, jika gula darah sudah terlanjur tinggi, Anda bisa menurunkannya dengan Mahkota Dewa karena ada kandungan saponin di dalamnya. Caranya juga cukup mudah, yakni dengan menyiapkan sekitar 5 buah Mahkota Dewa yang sudah diiris tipis dan air bersih. Rebus buah tadi dengan air tersebut hingga air hanya tertinggal separuhnya. Kemudian, Anda tinggal meminum airnya sebanyak tiga kali untuk mendapatkan manfaat Mahkota Dewa dengan maksimal.

3. Berperan Sebagai Anti Peradangan

Kondisi cuaca yang semakin tidak tertebak memang sering kali membuat tubuh menjadi tidak prima dan ujung-ujungnya menimbulkan radang. Radang memang tidak termasuk dalam penyakit yang berbahaya, namun tentu akan sangat membatasi kegiatan Anda, terlebih bagi Anda yang memang sudah terbiasa menjalani banyak kegiatan setiap harinya. Namun kini Anda bisa mencegah radang itu datang dengan Mahkota Dewa, karena ada zat bernama flavonoid di dalamnya. Anda bisa mendapatkan manfaat yang satu ini dengan rutin meminum rebusan air Mahkota Dewa.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Rasa sakit yang Anda rasakan sebenarnya sebuah alarm ketika tubuh sudah dalam keadaan tidak baik. Rasa sakit ini tentu akan menyiksa Anda, dan pada akhirnya Anda akan diam saja di kamar karena sudah tidak sanggup menjalakan aktivitas seperti biasanya. Namun ternyata manfaat Mahkota Dewa yang keempat ini bisa sangat membantu Anda, dimana bisa membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan, sehingga bisa membuat Anda merasa sedikit lebih nyaman dan lebih mudah untuk beristirahat.

5. Meredakan Flu dan Batuk

Siapa coba yang tidak pernah terserang flu dan batuk? Kedua gangguan kesehatan ini sering kali menghampiri, terlebih ketika sudah memasuki era perubahan cuaca. Saat ini memang sudah ada banyak sekali obat yang dijual dengan bebas untuk flu dan batuk, namun akan lebih baik jika Anda mencoba beberapa cara alami terlebih dahulu. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan Mahkota Dewa. Hal ini tentu karena Mahkota Dewa memiliki sifat antivirus dan beberapa zat lain di dalamnya. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara merebusnya lalu meminum air rebusannya.

6. Mengobati Gatal-Gatal

Gatal-gatal memang bukanlah sebuah keadaan yang berbahaya, namun akan sangat mengganggu Anda yang harus beraktivitas karena harus terus menggaruk bagian tubuh yang gatal. Kabar baiknya, manfaat Mahkota Dewa yang keenam adalah bisa mengatasi gatal-gatal ini. Caranya juga cukup mudah, pertama Anda harus menyiapkan daun Mahkota Dewa terlebih dahulu. Jika sudah, maka Anda hanya perlu menggilingnya hingga cukup lembut dan bisa dilulurkan pada bagian tubuh. Jika sudah, maka Anda hanya perlu melulurkannya kebagian yang gatal.

7. Mencegah Tumbuhnya Sel Tumor dan Kanker

Mendengar nama penyakit tumor dan kanker saja sudah cukup menakutkan bukan? Apalagi jika harus membayangkan bahwa Anda menjadi penderitanya. Nah, tentu akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan sejak sekarang dibandingkan harus berurusan dengan penyakit ini di masa depan.

Salah satu caranya ialah dengan memaksimalkan manfaat Mahkota Dewa yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi. Cara yang paling mudah ialah dengan meminum air rebusannya, Anda bisa mengonsumsinya satu kali saja dalam satu hari untuk pencegahan.

Kini, Anda sudah tahu bukan manfaat Mahkota Dewa ini untuk kesehatan? Dengan beberapa manfaat tadi, semoga Anda tidak meremehkan beberapa penyakit karena ada cara yang lebih murah untuk mengobatinya. Namun memiliki kesadaran yang lebih tinggi untuk melakukan pencegahan demi bisa menjaga kesehatan Anda di masa depan.