Inilah Buah Dan Sayuran Bermanfaat Untuk Makanan Penambah Darah

Jika Anda sering merasa lemas, pusing dan juga tidak semangat, bisa jadi Anda kekurangan darah merah. Mengapa ini bisa terjadi? Sebab sel darah merah dalam darah jumlahnya terlalu sedikit. Hal ini membuat darah tidak dapat mengikat oksigen dengan maksimal. Sehingga berdampak pada tubuh yang lemas, pusing dan lain sebagainya. Jika Sudah Begini, Apa Yang Harus Dilakukan?

Untuk menambah jumlah sel darah merah kembali normal, maka salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah. Namun, sebelum membahas makanan penambah darah apa saja yang bisa dikonsumsi, maka Anda perlu tahu sebab-sebab seseorang bisa kekurangan darah di bawah ini.

Melahirkan
Melahirkan bisa menjadi salah satu penyebab seseorang kekurangan darah. Hal ini karena ketika seseorang melahirkan maka ia akan mengeluarkan banyak darah pada saat proses persalinan. Maka wajar saja jika seorang ibu yang bersalin akan terkena kekurangan darah.

Kurang Makanan Yang Mengandung Zat Besi
Zat besi menjadi salah satu sumber utama penghasil sel darah merah. Jika tubuh kekurangan zat besi maka besar kemungkinan tubuh akan kekurangan sel darah merah.

Hamil
Hamil juga menjadi penyebab seseorang terkena kekurangan sel darah merah. Sebab saat hamil dalam tubuh ada dua orang yang bernapas dan membutuhkan makanan. Hal ini membuat ibu lebih mudah lelah dan kekurangan darah.

Buah Dan Sayuran Penambah Darah

Untuk mengatasi kekurangan darah, maka berikut ini ada beberapa makanan penambah darah yang bisa Anda konsumsi. Makanan ini adalah jenis makanan yang mengandung asam folat, zat tembaga, Vitamin B12 dan juga Vitamin B6. Semua kandungan makanan ini bisa Anda dapatkan dari beberapa makanan penambah darah di bawah ini.

Jeruk
Jeruk menjadi salah satu jenis makanan penambah darah yang bisa Anda coba. Mengapa harus jeruk? Sebab dalam buah jeruk terdapat kandungan asam folat yang berguna membantu mempercepat proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengonsumsi jeruk secara teratur maka sel darah merah dalam darah dapat kembali normal dan Anda terbebas dari kekurangan darah.

Bayam
Jika Anda kekurangan darah, maka bayam merupakan salah satu jenis makanan penambah darah yang sangat cocok untuk Anda. Mengapa demikian? Pasalnya dalam bayam terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi. seperti yang diketahui bahwa kandungan zat besi inilah yang akan membantu proses pembentukan sel darah merah lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Kismis
Tidak hanya bayam saja yang kaya akan zat besi, namun buah kismis yang manis juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. bahkan dalam 2/3 gelas kismis saja bisa mengandung kandungan zat besi sebanyak 2 gram. Hal inilah yang membuat buah ini termasuk dalam kategori makanan penambah darah. Untuk mengonsumsi buah ini Anda bisa mencampurkannya ke dalam beberapa jenis olahan makanan lain.

Anggur
Buah anggur memang sangat enak dan manis, namun dibalik manisnya ini tersimpan sebuah asam folat yang sangat baik untuk menambah sel darah merah. Tidak hanya asam folat saja, namun dalam satu butir buah anggur yang kecil ini juga mengandung banyak Vitamin A yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan sel darah merah. Dengan mengonsumsi buah anggur sesering mungkin, maka jumlah sel darah merah akan bertambah dan Anda bisa terhindar dari penyakit kurang darah.

Strawberry
Tidak hanya anggur, namun strawberry juga sangat ampuh untuk menambah darah. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam strawberry sangatlah tinggi. kandungan antioksidan inilah yang akan membantu proses produksi sel darah merah semakin banyak. Ternyata kandungan antioksidan ini juga bisa untuk menangkal radikal bebas juga. Sehingga jika Anda konsumsi strawberry maka Anda juga akan dapatkan banyak manfaat lainnya.

Semangka
Makan buah semangka di saat cuaca sedang panas memang sangat nikmat. Tahukah Anda jika dalam buah semangka juga mengandung zat besi yang sangat tinggi. hal inilah yang menjadikan mengapa semangka harus dikonsumsi oleh Anda yang kekurangan darah. Dengan konsumsi buah semangka dalam jumlah yang banyak sama saja membantu proses pembentukan sel darah merah dalam darah.

Wortel
Bukan sebuah rahasia lagi jika wortel memiliki kandungan vitamin A yang berlimpah. Kandungan vitamin A inilah yang nantinya bisa digunakan untuk membantu produksi sel darah merah. Dengan makan sayur wortel seminggu dua kali sangat bermanfaat untuk membantu Anda terhindar dari kekurangan darah. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi wortel secara teratur juga memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan mata dan organ tubuh lainnya.

Jika Anda memiliki gangguan kekurangan darah, maka jangan sepelekan hal tersebut. Sebab, jika kurang darah ini disepelekan bisa berakibat fatal. Untuk itu, Anda memerlukan makanan penambah darah yang sudah disebutkan di atas untuk dikonsumsi secara teratur.