Manfaat Buah Plum

Kamu pernah dengar nama buah plum? Atau bahkan buah ini menjadi salah satu buah favorit kamu? Bagi yang belum tahu, buah plum merupakan salah satu buah dalam kategori makanan superfood. Buah yang memiliki varian warna merah tua keunguan, hijau kekuningan dan merah merata ini dipercaya mengandung antioksidan yang tinggi. Padahal seperti yang kamu mungkin ketahui bahwa antioksidan mampu menangkal radikal bebas dan mencegah munculnya sel penyakit kanker. Tidak hanya antioksidan, buah yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus, dikeringkan atau dikonsumsi secara langsung ini juga kaya akan vitamin, serat dan mineral yang tentunya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjadi tubuh tetap sehat.

Dari kandungan-kandungan yang terdapat pada buah plum, sekiranya wajar jika buah ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. Bahkan manfaat dari mengkonsumsi buah ini terbilang luar biasa. Sayangnya belum banyak orang Indonesia yang mengetahui manfaat buah plum yang macamnya sangat beragam. Berikut ini beberapa manfaat buah plum yang belum diketahui banyak orang;

1. Mencegah stroke dan kolesterol
Buah plum mengandung zat flavonoid yang sangat ampuh mencegah penyakit stroke. Zat ini juga dipercaya ampuh untuk melindungi tubuh dari penurunan kognitif yang bisa menimbulkan penyakit lainnya. Selain flavonoid, buah plum juga mengandung plasma yang dipercaya mampu menguatkan kolesterol sehat, terutama kolesterol sehat di dalam hati.

2. Melindungi jantung dari kerusakan
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah plum secara rutin maka dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta kadar kolesterol. Baik darah tinggi dan kolesterol, keduanya merupakan penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, buah plum yang berwarna hitam juga kaya akan vitamin K. Vitamin ini mampu mengendalikan denyut jantung dan dipercaya memperlancar aliran darah. Jika aliran darah lancar, maka tubuh akan terhindar dari pembekuan darah di dalam tubuh. Jadi dengan kamu rutin mengkonsumsi buah plum, maka sama artinya kamu mampu menghindari diri dari risiko terkena penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mata
Buah plum, terutama yang berwarna hitam mengandung vitamin A yang melimpah. Vitamin A sangat bagus untuk kesehatan mata dan mencegah penyakit atau gangguan yang menyerang mata. Dengan mengkonsumsi rutin buah plum, maka kualitas organ mata akan meningkat, sehingga kamu mampu melihat objek dengan jelas.

4. Mencegah anemia
Anemia sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, karena penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya sesak nafas, kelelahan, kulit nampak pucat dan mudah tersinggung. Penyakit ini perlu segera dilakukan penanganan dan pencegahan. Salah satu cara alami mencegah anemia adalah dengan mengkonsumsi buah plum. Buah ini mengandung zat besi yang melimpah, sehingga mampu mencegah serta mengobati anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Setiap 250 gram buah plum mengandung 0.81 mg zat besi. Itu artinya kebutuhan harian zat besi tubuh mampu tersedia sebanyak 4.5 persen dan itu sudah cukup baik sebagai upaya untuk mencegah penyakit anemia.

5. Melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit
Di dalam buah plum terkandung banyak jumlah serat yang tidak larut. Padahal jenis serat tersebut dipercaya mampu mempercepat laju buang air besar dalam saluran pencernaan. Jadi jelas jika mengkonsumsi buah ini dinilai efektif dalam meredakan sembelit. Bahkan cara ini dipercaya lebih berhasil dan terbukti dari pada pencahar lainnya, termasuk psyllium.
Selain serat, buah plum juga mengandung zat baik lainnya, seperti isatol, isatin dan sorbitol. Ketiga zat tersebut dipercaya mampu menyehatkan sistem pencernaan dan organ pencernaan. Selain terhindar dari sembelit, mengkonsumsi buah plum juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dan membantu menyukseskan program diet kamu. Tidak hanya itu, buah plum kering juga mampu melancarkan buang air besar, membuang lemak yang membandel dan mencegah kanker usus.

6. Mencegah penyakit kanker
Kanker masih menjadi salah satu momok yang menakutkan di dunia. Jangan sampai mengalami penyakit ini, karena sebagian besar kanker mampu merenggut nyawa. Untuk menghindari munculnya bibit-bibit kanker, kamu perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Buah plum termasuk salah satu buah yang sangat direkomendasikan rutin dikonsumsi. Buah hitam ini mengandung fitonutrien dan zat antosianin yang mampu menghentikan perkembangan sel-sel kanker tanpa membunuh sel-sel sehat yang terkandung di dalam tubuh.

7. Meningkatkan kesehatan tulang
Buah plum bisa dikonsumsi dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Bahkan buah plum kering tersebut sangat baik untuk tulang. Tidak sedikit penelitian yang telah dilakukan dengan hasil yang mencengangkan, karena buah plum kering mampu menurunkan risiko pelemahan tulang, seperti osteopenia dan osteoporosis. Konsumsi buah plum kering sebanyak 2 hingga 4 buah setiap hari dengan cara bertahap, maka secara bertahap pula kesehatan tulang kamu akan meningkat dan terhindar dari pengeroposan tulang.
Tidak hanya mampu mencegah tulang keropos, buah yang kaya akan kandungan antioksidan ini juga mampu menyelamatkan dan mengembalikan tulang yang keropos menjadi sehat dan kuat kembali. Selain antioksidan, buah plum juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang, seperti vitamin K, magnesium, kalium dan fosfor. Kandungan-kandungan tersebut membuat buah plum mampu meningkatkan kadar hormone yang baik untuk kesehatan tulang.

8. Meningkatkan sistem imun
Buah plum mengandung banyak zat yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya vitamin. Di dalam buah plum terkandung banyak vitamin C yang terbukti mampu meningkatkan sistem imun. Jika sistem imun meningkat, maka kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan radang.

9. Obat Alzheimer
Buah plum memiliki beberapa jenis. Salah satu jenis buah plum yang menjadi favorit masyarakat adalah buah plum Kakadu yang berasal dari Australia. Buah ini dipercaya ampuh mengobati penyakit Alzheimer. Hal ini diperkuat dengan sejumlah penelitian yang dilakukan di Australia yang membuktikan bahwa buah ini kaya akan antioksidan yang mampu menghentikan pertumbuhan penyakit Alzheimer. Penyakit ini tergolong penyakit berbahaya dan harus segera disembuhkan, karena jika tidak, penyakit ini dapat mematikan sel-sel otak. Dengan mengkonsumsi buah plum Australia, maka penyakit Alzheimer mampu disembuhkan.

Meskipun buah plum tidak tumbuh di Indonesia, namun nama buah ini telah melambung di Indonesia. Bahkan banyak orang Indonesia yang mencarinya untuk dikonsumsi, mengingat buah ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain baik untuk kesehatan tubuh, ternyata manfaat buah plum juga bisa membantu menurunkan berat badan yang selama ini menjadi impian banyak orang, terutama wanita. Jadi memang benar jika buah plum patut menjadi salah satu buah yang wajib kamu konsumsi rutin setiap hari, karena manfaat buah impor ini memang sangat banyak. Kamu nggak bakal rugi mengkonsumsinya, asalkan masih dalam kategori konsumsi yang wajar dan tidak berlebihan.