10 Manfaat Kentang Untuk Terapi Kesehatan Dan Kecantikan

Posted on

Kentang, seperti yang Anda ketahui selama ini merupakan sayuran yang lezat sekaligus menyehatkan. Kaya akan karbohidrat, kentang yang kerap dipakai sebagai pengganti nasi ini juga dibekali dengan segudang vitamin dan nutrisi baik lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Ketersediaan kentang yang melimpah serta harganya yang bersahabat juga menjadi alasan mengapa sayuran yang tergolong dalam jenis umbi-umbian ini nyaris tak pernah absen dari meja makan. Namun pernahkah terbesit di pikiran Anda untuk mengetahui manfaat kentang bagi kesehatan Anda? Jika belum, berikut beberapa poin penting yang wajib Anda kenali dan catat baik-baik.

Menjaga Kesehatan Otak dan Sistem Saraf
Kentang kaya akan vitamin B6 yang berperan signifikan dalam proteksi kesehatan saraf. Adapun cara kerjanya ialah dengan memproduksi zat kimia otak, termasuk serotonin, dopamin dan noreponephrine. Rutin menyantap kentang membuktikan mampu menurunkan depresi atau stres. Kabar gembira ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang kerap dihadapkan pada deadline hingga pekerjaan yang padat merayap.

Keberadaan zat pada kentang yang mampu meningkatkan hormon kebahagiaan adalah manfaat kentang yang sangat sayang sekali untuk anda lewatkan. Terlebih kalau menilik takaran karbohidrat pada kentang yang melimpah, kondisi ini dapat menstabilkan kadar glukosa yang aktif saat otak bekerja.

Pengganti Nasi
Kelebihan sayuran kentang yang kedua adalah cocok sekali Anda jadikan sebagai teman untuk menyantap lauk sehat yang telah anda masak dan dihidangkan di meja makan. Pemandangan familiar saat kentang disandingkan dengan steak, burger, hingga olahan lain nyatanya memang bukan tanpa alasan.

Tidak semua orang menyukai nasi, dan rasa kentang yang cenderung gurih serta pulen tak lain menjadi daya tarik tersendiri. Jika dibandingkan dengan nasi, manfaat kentang yang rendah gula ini juga lebih aman untuk dijadikan makanan pokok saat Anda sedang berada pada program penurunan berat badan. Umbi ini tidak akan mengurangi kenikmatan makan Anda meski diolah dalam beragam produk.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Kentang menempati posisi yang sama dengan sayuran lainnya. Mengonsumsi kentang juga menyimpan banyak nilai plus yang tak akan membuat Anda menyesal. Terutama jika Anda telah mengetahui fungsinya yang sangat piawai dalam menjaga sistem imunitas. Kekebalan tubuh merupakan benteng pertahanan yang mesti dijaga lantaran dari sinilah kesehatan akan ditentukan.

Kuman atau virus akan jauh lebih mudah untuk masuk saat kondisi tubuh dalam keadaan tidak fit. Untuk mengimbanginya, Anda juga dianjurkan memakan buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup. Meminum vitamin serta rajin berolahraga agar kekebalan tubuh Anda tetap terjaga. Manfaat kentang ini diperkuat dengan Vitamin C yang cukup di dalamnya.

Mengurangi Peradangan
Berita yang lebih mengejutkan, kentang juga nyatanya ditunjang dengan kemampuan menangkal peradangan yang kerap membuat mood dan kesehatan menurun drastis. Ya, senyawa inflamasi yang tersimpan dalam kadar mencukupi pada kentang sangat baik untuk dikonsumsi penderita radang. Pernyataan ini semakin diperkuat setelah Organisasi Arthritis Foundation menemukan fakta baru mengenai kentang yang dapat mengatasi peradangan dalam dua minggu. Pendapat tersebut juga dikuatkan dengan studi tahun 2011 yang dipublikasikan oleh Journal of Nutrition. Perlu bagi Anda untuk memperhatikan apakah radang yang Anda derita parah atau tidak. jika memang sudah mengkhawatirkan, Anda harus membawanya ke dokter.

Menyehatkan Jantung
Stroke serta penyakit jantung adalah pembunuh paling mengerikan. Hal ini terus berlanjut sampai sekarang dan menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Untuk mencegahnya, pola sehat tetap menjadi kunci utama yang mesti Anda pegang. Disamping itu, Anda juga harus rutin melakukan pengecekan ke dokter demi memantau terus kesehatan organ dalam Anda. Beruntunglah lantaran Anda juga mendapatkan manfaat kentang yang baik bagi kesehatan jantung Anda. Vitamin C, B6 dan Karotenoid pada kentang akan menjaga dan menstabilkan fungsi jantung anda. Oleh karena itu, jangan malas menyantap kentang ya.

Perawatan Kulit
Ini juga berita menyenangkan yang bisa Anda jadikan sebagai terobosan apabila Anda tak lagi percaya dengan produk kecantikan berbahan kimia. Kandungan B6, Fosfor, magnesium, Vitamin C, kalium, dan magnesium serta seng mampu mempertahankan kelembaban serta kekencangan kulit Anda sehingga Anda akan menjadi tampak lebih awet muda.

Haluskan kentang seperti scrub atau Anda bisa mengirisnya sampai tipis kemudian aplikasikan langsung pada wajah Anda. Untuk memperoleh manfaat kentang ini, Anda harus menunggunya selama beberapa menit kemudian baru dibilas dengan air hangat. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang memuaskan. pastikan kentang yang Anda pakai juga bebas dari pestisida atau obat semprot kimia dan mempunyai kualitas yang baik. Belilah kentang yang organik di pasaran.

Itulah 6 manfaat kentang yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Selamat mencoba dan mendapatkan nilai plusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *