10 Masakan Lezat Khas Korea Ini Pasti Cocok Dengan Selera Kamu

Masakan Khas Korea  – Beberapa tahun belakangan ini Korea Selatan begitu populer di Indonesia. Apalagi coba kalau bukan karena K-Pop dan dramanya yang mampu membuat baper dan selalu berhasil menghibur pemirsa Indonesia. Uniknya, hampir di semua drama Korea pasti akan menampilkan aneka jenis makanan khas Korea yang selalu berhasil menggugah selera. Ngaku deh, kamu yang tidak pernah melewatkan satu pun drama Korea, pasti ngiler manakala pada drama yang kamu tonton tersebut sedang mempertontonkan adegan makan-makan para pemainnya. Yuk, cari tahu makanan khas apa saja yang biasa ditampilkan di drama Korea. Siapa tahu nih, kamu pengen bikin sendiri. Banyak yang mudah dibuat dan harganya murah, kok.

1. Kimchi

Kimchii
Tidak bisa tidak, kimchi pasti selalu masuk di dalam adegan di setiap drama Korea. Saking terkenal dan melegenda, bahkan tidak sedikit para pemain ataupun artis di dunia nyata yang selalu mengganti kata “cheers” sebelum berpotret dengan kata “kimchi”. Sebenarnya apa sih kimchi itu? Pada dasarnya kimchi ini adalah masakan yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari berbagai bahan sayuran. Lobak dan sawi adalah dua jenis sayur yang paling umum digunakan sebagai bahan untuk membuat kimchi. Buat kamu yang suka dengan kuliner bercita rasa pedas dan sedikit asin, kimchi bisa jadi menu pilihan. Rasanya mirip-mirip kayak asinan Bogor, deh.

2. Bulgogi
Jika kimchi banyak menggunakan bahan sayuran, bulgogi merupakan salah satu masakan khas Korea Selatan yang terbuat dari bahan daging sapi, khususnya bagian sirloin. Uniknya, daging-daging tersebut hadir dalam bentuk selembaran-selembaran tipis. Cara bikin bulgogi ini juga cukup gampang, kok. Selain daging sirloin sapi diiris menjadi lembaran tipis-tipis, kemudian racik beberapa bahan, seperti gula, kecap dan jahe. Baru kemudian dimasak. Rasanya cukup manis, karena kecap dan gula. Namun buat kamu yang mau bikin bulgogi sendiri di rumah tentunya bisa disesuaikan dengan selera, terutama takaran manisnya.

3. Ddukbokki
Manis dan pedas, begitulah cita rasa khas dari ddukbokki ini. Salah satu masakan khas Korea Selatan ini memiliki tampilan dan rasa mirip seblak. Selain teksturnya yang seperti aci, rasanya pun pedas dengan rasa manis yang berpadu sempurna menciptakan cita rasa masakan yang lezat. Yang membedakan mungkin adalah adanya taburan beberapa kue beras. Kalau kamu jalan-jalan ke Bandung akan nemu seblak, maka jika kamu jalan-jalan ke Korea Selatan kamu akan menemukan ddukbokki ini. Teksturnya lembut dan kenyal, jadi kerasa banget nikmatnya.

4. Tteokbokki
Tteokbokki ini pada dasarnya adalah kue berasnya Korea Selatan. Namanya juga kue beras, jadi bahan bakunya adalah tepung beras ketan atau sweet rice yang kemudian dimasak. Cara masaknya pun bisa bervariasi, seperti dikukus, direbus ataupun digoreng. Selain sweet rice, tteokbokki juga bisa dibuat dari bahan tepung beras biasa. Kamu bisa menemukan tteokbokki ini dengan sangat mudah di penjual jajanan kaki lima khas Korea Selatan.
Kalau punya kesempatan melancong ke negara gingseng ini, jangan lewatkan untuk mencicipi salah satu masakan khas Korea Selatan yang dimasak dengan fish cakes, telur rebus dan daun bawang ini. Cita rasanya sangat nikmat dengan kuah pedas yang bakal bikin pecinta kuliner pedas ketagihan.

5. Bibimbap
Masyarakat Korea Selatan sangat peduli dengan kesehatan dan kecantikan. Salah satu buktinya adalah bibimbap ini. Ini merupakan salah satu masakan Korea Selatan yang menyehatkan. Bagaimana tidak sehat jika di dalam bibimbap ini terkandung semua kebutuhan nutria harian kamu, dari mulai sayuran, nasi, daging dan telur. Tampilannya pun cantik dengan telur mata sapi di tengah-tengah antara aneka sayuran warna warni yang disajikan dengan olahan yang sempurna.
Sudah penampilannya menarik, sehat, masa kamu nggak minat untuk mencicipi kuliner satu ini? Memang sih, cita rasa sedikit hambar. Buat kamu yang kurang suka atau tidak biasa makan sayur akan merasakan sensasi yang agak gimana gitu, hambar. Tapi kan, sehat! Jadi recommended lah buat menu masakan harian kamu.

6. Kimbab atau Gimbab
Korea Selatan masih memiliki beberapa kemiripan dengan negara tetangganya, yaitu Jepang. Salah satunya dalam aneka masakan khasnya, seperti kimbab atau biasa disebut dengan gimbab ini. Secara bentuk mirip sekali dengan Sushi asal Jepang. Namun bedanya ada pada bumbu-bumbunya. Kimbab tidak membutuhkan kecap, jahe dan wasabi dalam bumbu-bumbunya. Ya, meskipun demikian kimbab dan sushi mirip banget kok. Isinya nasi, beberapa sayuran, ikan dan rumput laut yang digulung menjadi bentuk segitiga ataupun bulat. Biasanya sih, salah satu kuliner khas Korea Selatan ini disajikan bersama dengan kimchi.

7. Ramyeon/ Mie Kuah Pedas
Di setiap tayangan drama Korea pasti akan menampilkan sang aktor atau aktris tengah menyantap ramyeon. Kamu yang merasa pecinta drama Korea pasti tahu lah. Pada dasarnya ramyeon ini adalah ramennya Jepang atau mie instan yang disajikan dengan kuah pedas dan dihidangkan dalam keadaan panas. Uniknya lagi, kamu bisa makan ramyeon lengkap dengan kimchi atau keju bubuk yang disertakan di setiap bungkus ramyeon instan asal Korea Selatan ini.

8. Jjajangmyeon
Kalau dilihat dari tayangan di tv, masyarakat Korea Selatan termasuk gemar menyantap mie, ya. Selain remyeon, salah satu masakan khas Korea adalah jjajangmyeon. Bahan baku kuliner ini adalah mie yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti sayuran, saus kedelai hitam kental, dan potongan daging. Potongan daging biasanya kalau nggak daging sapi ya daging babi. Ada juga yang menggantinya dengan seafood. Jadi, buat kamu muslim yang mau mencicipi kuliner ini di negeri gingseng sana, bisa memilih jjajangmyeon berbahan daging sapi atau seafood.

9. Japchae/Chapchae
Mie lagi, mie lagi. Tapi mie ini cukup berbeda. Japchae terbuat dari mie soun khas Korea Selatan yang terbuat dari kentang. Kuliner Korea ini sangat nikmat dan sehat, karena berbahan dasar sayuran dan daging yang penuh dengan gizi juga protein. Bahan-bahan tersebut ditumis dengan bumbu gula dan kecap. Selain sehat dan lezat, Japchae Korea Selatan ini terlihat menggugah selera dan penampilannya yang cantik, karena biasanya disajikan dengan garnish berupa biji wijen, daging ataupun irisan cabai. Hem…Korea Selatan paling jago deh untuk urusan sehat dan cantik. Ya nggak sih?

10. Miyeok Guk (Sup Rumput Laut Korea Selatan)
Korea Selatan memiliki suhu yang cukup dingin, terutama pada saat musim salju. Jadi, tidak heran jika sup menjadi andalan orang Korea Selatan dalam mencukupi kebutuhan perut. Miyeok Guk atau sup rumput laut merupakan salah satu kuliner khas dari Korea Selatan yang popular. Bahkan banyak wanita yang hamil hingga setelah melahirkan dan dalam masa menyusui mengkonsumsi sup ini. Selain rasanya yang nikmat, miyeok guk ini mengandung kalsium dan iodin yang tinggi, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil maupun busui.

Kamu bisa deh mencobanya bikin sendiri di rumah. Pada dasarnya sup ini dibuat dari rumput laut kering yang direndam di dalam air hingga teksturnya lunak, kemudian dimasukkan ke dalam air kaldu ikan atau kaldu sapi. Bumbunya pun cukup simple, yaitu menggunakan minyak wijen, bawang putih, kecap dan garam.

Selain terkenal dengan K-pop dan dramanya, Korea Selatan juga terkenal memiliki banyak kuliner yang lezat dan menggoda selera. Jangan ngaku pecinta K-pop dan drama Korea deh kalau nggak tahu aneka masakan khas Korea seperti yang telah disebutkan dalam daftar di atas.