Inilah 7 Manfaat Buah Melon Yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan

Melon, buah yang satu ini tentu sangat familiar dengan Anda bukan? Cocok disajikan sebagai cemilan sehat, maupun sebagai pelengkap puding serta sup buah, melon yang sudah dibudidayakan sejak 1990 di Indonesia ternyata juga menyimpan segudang kelebihan yang sayang sekali untuk Anda lewatkan.

Tak hanya itu saja, pengobatan herbal dengan menggunakan buah melon selama beberapa tahun belakangan ini juga sedang menjadi trend. Hal ini tentu tidak terlepas dari kandungan senyawa baik seperti beta karoten, protein, lemak, karbohidrat, hingga kalsium dan vitamin kompleks yang terdapat pada buah dengan kulit keriput ini. Nah, bagi anda penggemar buah-buahan, berikut manfaat buah melon yang patut Anda catat.

Menyehatkan Mata
Sama seperti buah wortel maupun apel, melon juga mempunyai cadangan vitamin A dalam jumlah yang mumpuni. Vitamin A yang tersemat di dalam melon berguna dalam membantu menjaga kesehatan mata. Terlebih jika Anda kerap bekerja dengan komputer atau menatap layar handphone selama berjam-jam, ini tentu sangat rawan terhadap penyakit mata.

Pada buah melon, ada senyawa beta karoten yang kemudian akan diubah oleh tubuh untuk menjadi Vitamin A dengan fungsi mencegah rabun maupun penyakit mata semacamnya. Disamping itu, beta karoten juga dapat Anda jadikan andalan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menajamkan penglihatan.

Menangkal Radikal Bebas
Manfaat buah melon yang selanjutnya ialah membasmi pengaruh buruh radikal bebas. Hidup berdampingan dengan polusi ibukota serta kemacetan dan polusi acapkali membuat kemungkinan terserang radikal sangat mudah. Hal paling gampang yang bisa Anda lakukan ialah dengan menyuplai antioksidan bagi tubuh anda. Flavonoid yang tersaji dalam melon dapat menjaga sel-sel yang mati karena pengaruh radikal bebas. Selain ampuh melindungi Anda dari risiko penuaan dini, antioksidan pada melon ini juga dapat menstabilkan kinerja organ tubuh, diantaranya usus besar, usus dua belas jari, dan organ paru-paru. Untuk itu, Anda tak perlu ragu konsumsi melon mulai saat ini.

Mencegah Kanker
Seperti yang Anda ketahui, kanker merupakan salah satu pembunuh nomor wahid di dunia. tak ayal jika dengan kenyataan ini Anda harus sangat waspada, termasuk dalam memilih menu makanan dan gemar menerapkan pola hidup sehat. Buah ini dibekali dengan karotenoid yang sangat banyak. Adapun keberadaan karotenoid pada melon ditandai dengan daging buahnya yang berwarna hijau pupus. Selain dapat menjumpai karotenoid pada bawang putih, zat yang dapat Anda jumpai pada melon ini punya peran yang signifikan dalam menumpas sel kanker pada area paru-paru. Agar dapat dapat memperoleh manfaat buah melon secara maksimal, pastikan Anda tidak menambahkan gula atau pemanis yang berlebihan.

Mengatasi Penyakit Kulit
Mungkin belum banyak yang tahu kalau melon ternyata juga sangat ampuh menyembuhkan penyakit kulit. Ini karena melon merupakan buah yang kaya akan kolagen dan mempunyai fungsi menjaga kesempurnaan struktur sel pada bagian kulit tubuh. kolagen yang andil dalam menjaga keelastisan kulit ini juga sangat ahli dalam mempercepat proses penyembuhan kulit yang luka.

Jadi tidak masalah saat Anda mendapatkan problem di kulit Anda kemudian Anda memilih untuk mengaplikasikan manfaat buah melon ini. Sementara jika Anda ingin mendapat kulit yang glowing dan sehat, Anda bisa menjadikan melon sebagai snack sehat di sela-sela waktu menuju makan siang Anda.

Menurunkan Berat Badan
Melon dan diet rasanya memang sulit untuk dipisahkan. Buah dengan rasa manis dan segar ini nyatanya memang pas sekali untuk Anda jadikan sebagai camilan favorit selama program penurunan berat badan yang sedang Anda galakkan. Keinginan untuk memiliki postur yang cantik dan langsing tentu harus diperhitungkan, termasuk dari jenis buah dan kualitasnya. Makanlah buah melon 1-2 potong sebelum Anda memulai makan. Cara ini relatif efektif lantaran akan membuat pola makan Anda menjadi sedikit dan perut jadi lebih kenyang karena melon mempunyai kadar mineral yang cukup tinggi.

Melancarkan Pencernaan
Apabila selama ini Anda kerap dihantui masalah pencernaan, maka sayang sekali jika manfaat buah melon ini Anda lewatkan begitu saja. Konsumsi buah seperti melon dan sayur dalam jumlah yang cukup akan membantu Anda mengatasi problem pelik yang satu ini. Keberadaan mineral di dalamnya juga sangat ampuh dalam menstabilkan tingkat keasaman di dalam tubuh yang acapkali mengganggu pencernaan Anda.

Air dalam buah melon juga menjadi bagian dari lancarnya sistem pembuangan dalam tubuh. Patut Anda ketahui juga melon juga punya kalsium dalam takaran yang mencukupi. Sehingga cocok dikonsumsi untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tulang anda. Melon mengandung sedikit lemak, yang mana lemak tersebut akan menyukseskan pembentukan membran sel yang terdapat di dalam tubuh manusia. Bagaimana? Yakin masih mau melewatkan manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh Anda?