10 Cara Membaca Karakter Tanda Tangan Menurut Ilmu Grafologi

Arti Tanda Tangan ~ Setiap orang wajib memiliki tanda tangan, karena tanda tangan ini akan sangat dibutuhkan dalam mengurus banyak keperluan. Terutama keperluan yang berhubungan dengan berkas-berkas kenegaraan, keuangan, surat-surat dan lain sebagainya. Eh, ternyata tanda tangan tidak bisa sembarangan, lho. Artinya setiap tanda tangan pasti memiliki arti. Dari hasil atau bentuk tanda tangan tersebut dapat dilihat bagaimana kepribadian seseorang. Penasaran seperti apa cara membaca tanda tangan menurut ilmu grafologi? Kulik deh jawabannya di bawah ini.

Tanda tangan merupakan produk buah karya manusia yang terbilang unik, karena antara satu orang dan lainnya tidaklah sama. Tahukah kamu jika tanda tangan ini dapat menunjukkan kepribadian kamu yang sebenarnya? Hal ini bisa diketahui dari ilmu grafologi, yaitu metode ilmiah untuk mengenali, mengevaluasi dan mengetahui kepribadian seseorang dari cara seseorang tersebut menarik dan membentuk pola yang dihasilkan menjadi sebuah tanda tangan. Nggak pakai lama, yuk kenali kepribadian kamu dan orang-orang terdekat melalui tanda tangan berikut ini;

1. Tanda tangan dengan nama yang jelas

Tanda Tangan Nama Jelas
Bukan karena tidak memiliki ide untuk membuat tanda tangan yang unik, namun seseorang yang memiliki tanda tangan dengan nama pribadi, apalagi dengan tulisan yang jelas, hal tersebut menandakan bahwa orang tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bahkan, jika nama yang ditampilkan dalam tanda tangan tersebut merupakan nama depan, maka hal tersebut menandakan bahwa seseorang tersebut memiliki sikap yang ekspresif.

2. Arti tanda tangan dilihat dari ukuran
Kepribadian seseorang juga dapat dilihat dari ukuran dalam menuliskan tanda tangan. Jika ukuran tanda tangan ternyata ‘lebih besar’ dibandingkan dengan tulisan atasnya, maka hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki kepercayaan diri yang tinggi, ramah dan cenderung ekstrover. Semakin besar ukuran tandan tangan, maka semakin besar tingkat kepercayaan diri, bahkan akan cenderung memiliki sifat egois, manipulative dan suka mencari-cari perhatian.
Sementara jika ukuran tanda tangan lebih kecil menunjukkan bahwa orang yang memiliki tanda tangan tersebut memiliki kepribadian yang introver, tertutup, hemat, sensitive, pendiam dan cenderung tidak percaya diri. Jika ukuran tanda tangan sama besar dengan tulisan, itu artinya kamu punya kepribadian yang bijaksana, tenang dan dapat diandalkan.

3. Arti tanda tangan dilihat dari letak antara tanda tangan dan tulisan
Kamu pun bisa melihat kepribadian seseorang dari letak dimana ia membubuhkan tanda tangan di antara tulisan. Tanda tangan yang dibubuhkan berjauhan dari tulisan, artinya seseorang tersebut memiliki pribadi yang sering merasa ragu-ragu. Bahkan bisa jadi pada saat sedang melakukan penandatangan di atas kertas, seseorang tersebut sebenarnya sedang memberikan informasi yang tidak seratus persen benar.

Pada intinya, semakin dekat tanda tangan dengan tulisan, maka semakin dekat pula informasi yang disertakan. Dekat di sini artinya adalah kejujuran dan kebenaran. Bahwa informasi tersebut semakin benar dan semakin jujur. Wah…ternyata tanda tangan juga bisa mengecek apakah kamu sedang berbohong atau tidak ya? Berarti mulai sekarang musti hati-hati nih, terutama pada saat membubuhkan tanda tangan.

4. Arti tanda tangan dilihat dari posisi
Perhatikan deh, setiap orang memiliki kecenderungan membubuhkan tanda tangan pada posisi yang bervariasi, seperti terlalu kiri, terlalu kanan, tengah dan lainnya. Ternyata kepribadian kamu juga bisa lho dilihat dari posisi tanda tangan. Tanda tangan yang berada di sebelah kanan dan memiliki jarak yang tepat antara kalimat terakhir tulisan tangan, berarti bahwa kamu merupakan sosok yang memiliki inisiatif yang baik sehingga bisa bersosialisasi dengan baik.

Jika tanda tangan berada di posisi tengah kertas, menandakan bahwa kamu adalah orang yang cerewet dan suka sekali menjadi pusat perhatian. Tanda tangan yang berada di posisi terlalu kiri, itu artinya kamu adalah sosok yang tidak percaya diri, sementara tanda tangan yang berada si posisi terlalu kanan atau sejajar dengan batas akhir tulisan, artinya kamu adalah orang yang cenderung kurang bisa bersabar, tidak suka peraturan yang terlalu kaku dan sangat aktif.

5. Kelancipan atau ketajaman bentuk tanda tangan
Kamu juga bisa mempelajari tentang kepribadian atau sifat seseorang dari kelancipan atau ketajaman tanda tangan. Tanda tangan yang tajam seperti gambar rumput menyiratkan bahwa kamu memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata, memiliki semangat dan keberanian yang tinggi namun cenderung agresif.

6. Dilihat dari titik di akhir
Setiap orang memiliki tanda tangan masing-masing. Ada yang membubuhi tanda tangan dengan titik di akhir ada juga yang tidak. Nah, cek deh, jika tanda tangan kamu memiliki titik di akhir tanda tangan, artinya kamu itu mudah curiga terhadap orang lain. Eits, tapi kalau kamu sudah percaya dengan seseorang, maka kamu akan menaruh kepercayaan yang sangat besar. Saking besarnya kepercayaan yang kamu berikan kepada seseorang tersebut, kamu cenderung mudah dimanfaatkan. Nah, lho! Berabe dan butuh hati-hati lagi nih dalam membubuhkan tanda titik pada tanda tangan.

7. Pemberian garis bawah
Selain tanda titik di akhir tanda tangan, tidak sedikit orang yang membubuhkan garis bawah pada tanda tangan mereka. Apa kamu termasuk? Jika iya, selamat deh, karena itu artinya bisa jadi kamu punya keyakinan yang tinggi, punya sifat tidak lekas putus asa, pantang menyerah dan punya jiwa juang yang besar. Orang kaya gini nih yang bakal sukses dan memiliki jiwa kepemimpinan. Eits, tapi jangan ge-er berlebihan dulu, coba cek lagi, apakah garis bawah yang kamu bubuhkan tersebut berukuran pendek atau panjang. Kalau pendek, bisa jadi justru kamu adalah sosok orang yang terlalu bossy dan terlalu mengatur. Wah!

8. Penekanan kuat dan tidak
Tanda tangan emang beda-beda. Ada yang melakukan tanda tangan dengan penuh semangat, sehingga menghasilkan tanda tangan yang tebal dan ada juga yang sebaliknya. Mudah sekali cara membaca tanda tangan yang dilihat dari penekanan ini. Semakin kuat penekanan yang dihasilkan dari tulisan dan tanda tangan, maka kamu tergolong orang yang memiliki komitmen yang tinggi dan serius dalam memikirkan serta menjalankan segala sesuatu.

Baik sih maknanya, tapi jika terlalu serius, maka kamu tidak bisa rileks dan cenderung menjadi orang yang sensitive. Sementara itu, jika tanda tangan kamu terkesan tipis atau ringan, hal tersebut menandakan bahwa kamu adalah orang yang sensitive, dan punya jiwa sosial yang tinggi. Meskipun demikian, kamu tidak suka menyia-nyiakan hidup dengan menghabiskan tenaga yang kamu miliki

9. Dilihat dari kecenderungan apakah naik atau turun
Tanda tangan banyak sekali variasinya. Salah satunya adalah gaya naik atau gaya turun. Menurut ilmu grafologi, tanda tangan yang cenderung naik menandakan bahwa seseorang tersebut memiliki ambisi yang tinggi. Jika itu kamu, itu artinya kamu tergolong orang yang mau berjuang keras untuk kesuksesan, baik kesuksesan dalam meraih masa depan ataupun dalam urusan percintaan. Sementara jika tanda tangan kamu cenderung menurun, hal tersebut menandakan bahwa kamu memiliki pribadi yang lemah. Atau bisa mengisyaratkan bahwa saat Anda membubuhkan tanda tangan tersebut sedang dalam keadaan lelah, putus asa dan depresi.

Dengan mengetahui kepribadian seseorang melalui tanda tangan, kamu bisa memperlakukan orang tersebut sesuai dengan kepribadian yang mereka miliki. Misalnya nih teman atau gebetan kamu ternyata orangnya sensitive, nah kamu jadi bisa mengontrol diri untuk tidak membuat teman atau gebetan kamu tersakiti, terluka dan bersedih. Jadi memang bermanfaat sekali kan untuk mengetahui ilmu semacam ini?