Inilah 5 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Anak Kecil Yang Susah Makan Nasi

Saat anak-anak memasuki masa tumbuh kembang, banyak masalah yang akan Anda jumpai sebagai orang tua. Salah satunya ialah kesulitan untuk membujuk si kecil makan. Hal ini tentu menjadi masalah yang wajar. Mengingat pada waktu anak-anak berada pada masa ini, mereka lebih asyik bermain dan mengenal hal-hal yang baru.

Sebagai orang tua yang baik, Anda tentu harus melakukan cara mengatasi anak susah makan yang akurat. Selain mampu menyelesaikan masalah yang rumit ini, Anda juga tak kewalahan dalam memberikan nutrisi yang mereka butuhkan guna mencerdaskan perkembangan otak. Selengkapnya, berikut rekomendasi trik yang bisa Anda coba.

Sajikan Makanan Dalam Bentuk yang Menarik
Secara logika, anak yang masih berusia balita akan mudah tertarik apabila mereka dihidangkan makanan dengan rupa yang unik. Minat mereka untuk menyantapnya justru semakin tinggi lantaran mereka berpikiran bahwa makanan yang disusun dengan wujud rapi dan menyenangkan memberikan sensasi dan rasa yang senang juga.

Cara mengatasi anak susah makan ini dapat Anda praktekkan dengan lebih rajin searching melalui Google atau mencoba resep makanan baru yang enak dan dicetak dengan rupa mirip tokoh kartun lucu kesayangan anak Anda. Trik ini tak hanya bisa Anda terapkan pada makanan saja namun juga cemilan sehat yang Anda racik sendiri di rumah.

Jangan Memarahi Anak
Banyak orang tua yang kerap menjadikan momen makan sebagai waktu untuk memulai pertengkaran dengan buah hati. Secara logika, buah hati Anda mungkin akan merasa takut dan nurut untuk pertama kali. Namun tidak menutup kemungkinan jika anak Anda justru berubah trauma dan enggan melahap hidangan yang sudah Anda sajikan.

Jangan sikapi penolakan mereka dengan kemarahan. Anak-anak bukanlah orang dewasa yang dapat menangkap dan mengerti kemauan Anda secara langsung. Kebiasaan ini bukanlah cara mengatasi anak susah makan yang benar, melainkan akan mengganggu pola makan dalam keseharian mereka yang terus menerus rewel.

Sediakan Kudapan Tinggi Kalori
Untuk berjaga-jaga apabila si kecil tidak mau menyantap apapun sepanjang hari, Anda dapat memilih camilan tinggi kalori untuk mereka. Anggap saja ini sebagai ganti asupan nutrisi karena mereka tidak mendapatkannya dari nasi, lauk pauk, hingga buah-buahan. Mereka bisa memakan snack tersebut kapanpun mereka mau.

Referensi makanan tinggi kalori antara lain kacang-kacangan, keju, selai, hingga buah yang bisa Anda potong kecil-kecil dan Anda taruh pada mangkuk. Si kecil bisa memakannya sembari menonton tayangan kartun kesukaan mereka. Pada awalnya tidak mengapa anak Anda susah memakan nasi, asalkan asupan kalorinya cukup dan tidak melebihi ambang batas normal.

Rencanakan Menu Masakan yang Beda
Tiap harinya, pastikan Anda mengantongi cara mengatasi anak susah makan dengan racikan resep yang tidak sama. Sebab, bisa saja buah hati Anda merasa bosan dengan rasa makanan yang hanya itu-itu saja. Kreasikan menu yang unik dengan cita rasa yang khas.

Jika hari ini Anda memberinya sup mungkin besok Anda bisa menggantinya dengan telur atau daging. Rolling makanan semacam ini selain mencukupi kebutuhan gizi buah hati Anda juga mampu membuat mereka lebih gampang makan. Yang terpenting adalah pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yang ia sukai dan tidak menyertakan penyedap rasa yang berlebihan.

Memasak Bersama
Tidak ada salahnya jika Anda meminta bantuan buah hati untuk turut serta dalam demo memasak Anda. mereka yang sudah cukup umur bisa memotong sayuran atau menyiapkan buah yang akan Anda olah menjadi jus atau smoothies kesukaan mereka. Cara mengatasi anak susah makan ini disamping menghapus kebosanan yang melanda mereka juga dapat dijadikan hiburan bagi mereka yang jenuh dengan aktivitas hariannya.

Hidangkan makanan yang telah kalian masak bersama-sama. Jika perlu, Anda bisa menyantapnya bersamaan dengan suami dan si kecil. Alternatif seperti ini nyatanya jauh lebih efektif ketimbang harus memaksakan mereka agar mereka mau melahap masakan Anda dengan lahap. Jangan gampang menyerah dengan keinginan mereka yang mau mengonsumsi junk food terus menerus.

Suplemen
Langkah terakhir yang bisa Anda coba ialah memberi mereka suplemen. Temulawak sangat umum digunakan sejak zaman dahulu untuk menghilangkan masalah tidak nafsu makan pada anak. Lantaran sekarang ini Anda susah menemukan temulawak, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa membeli suplemen atau kapsulnya di apotek atau supermarket terdekat.

Jika si kecil tidak menyukai bentuk tablet, Anda dapat memilih suplemen dalam bentuk sirup yang enak atau vitamin seperti gummy yang bentuknya beraneka rasa. Adapun fungsi temulawak dalam suplemen tersebut ialah meningkatkan nafsu makan anak dengan optimal.

Terakhir, Anda bisa mengatasi anak susah makan dengan memberi contoh pada anak-anak untuk memakan sayur dan buah-buahan agar anak meniru tindakan Anda.