10 Bahan Alami Berkhasiat Untuk Menghilangkan Jerawat Di Wajah

Jerawat adalah hal yang paling sering dialami para remaja saat memasuki masa pubertas. Penyebab utama jerawat sendiri adalah perubahan hormon, terlalu sering memakai make up, konsumsi makanan yang kurang sehat, dan masuknya bakteri ke dalam pori-pori.

Meski bukan penyakit kulit yang berbahaya, namun jerawat akan mengurangi kepercayaan diri seseorang, terutama kaum hawa. Benar bukan? Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan demi hilangnya jerawat yang mengganggu penampilan serta memberi rasa ketidaknyamanan.

Ada banyak cara menghilangkan jerawat, bisa dengan menggunakan produk kimia, bisa pula menggunakan bahan alami dengan cara sederhana. Mungkin beberapa memilih produk kimia yang memang memberi efek penyembuhan lebih cepat dibanding bahan alami, namun apakah produk tersebut aman?

Nah, alangkah lebih baiknya Anda gunakan cara sederhana dengan bahan alami, karena resiko terkena efek samping sangat kecil. Untuk menyembuhkan dengan cepat, Anda bisa melakukannya secara rutin. Lantas, apa saja bahan alami yang mampu menghilangkan jerawat? Ini dia jawabannya.

Jerawat Bandel
Ilustrasi : Jerawat Di Wajah

Alpukat dan Madu

Seperti yang kita ketahui, buah alpukat sangat kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Disisi lain, madu memiliki sifat anti bakteri, karena kandungan hidrogen peroksida dalam madu cukup tinggi. Nah, kombinasi kedua bahan alami ini sangat ampuh menghilangkan jerawat hingga bekas jerawatnya.
Bagaimana cara pengaplikasiannya? Hanya dengan menumbuh buah alpukat hingga halus, lalu tambahkan sedikit madu murni. Oleskan campuran tersebut pada wajah, terutama di area jerawat. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Lemon

Buah lemon sangat membantu membersihkan wajah dari kotoran, bahkan kotoran yang menyumbat di pori-pori. Kandungan asam askorbat-nya berfungsi untuk mengurangi peradangan kulit. Disamping itu, wajah Anda akan semakin cerah berseri karena buah lemon.
Cara menghilangkan jerawat menggunakan lemon pun cukup simple, yakni hanya dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon tersebut dengan 1 sendok madu untuk hasil maksimal. Setelah 15 menit berlalu, bilaslah wajah dengan air hangat.

Jeruk Nipis

Hampir sama seperti lemon, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai bahan alami pembasmi jerawat. Hal ini karena kandungan nutrisi di lemon dan jeruk nipis pun hampir sama.
Nah, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan 2 sendok madu, lalu oleskan campuran tersebut pada bagian wajah, terutama yang terkena jerawat. Diamkan jeruk nipis selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

Bawang Putih

Peradangan pada kulit akan hilang karena bawang putih. Ya, jadi selain digunakan untuk bumbu dapur, Anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Bawang putih ini memiliki sifat anti virus, antioksidan, anti jamur, dan antiseptic, tak heran bila bawang putih dipercaya mampu menghilangkan jerawat.
Ada 2 cara menghilangkan jerawat menggunakan bawang putih, yang pertama adalah memotong bawang putih menjadi 2 bagian, kemudian usap-usapkan pada bagian wajah yang terkena jerawat. Bisa pula dengan menumbuk halus bawang putih, lalu oleskan pada bagian jerawat, biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

Tomat

Tomat mengandung vitamin A dan vitamin C yang ampuh menghilangkan jerawat. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menggunakan masker bahan alami ini demi mendapat kecantikan natural.
Caranya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan tomat menggunakan blender, lalu oleskan pada wajah, terutama di bagian jerawat. Diamkanlah selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Anda bisa menambahkan tomat tersebut dengan sedikit madu untuk memperkaya khasiat.

Kulit Jeruk

Selain buahnya yang lezat dan kaya manfaat, ternyata kulit jeruk pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Di dalam kulit jeruk terkandung vitamin A, vitamin C, antioksidan, serta flavonoid. Senyawa tersebut lah yang mampu mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, dan mencerahkan kulit yang semula kusam.

Nah, bagaimana cara menghilangkan jerawat menggunakan kulit jeruk? Yakni dengan menjemur kulit jeruk di bawah sinar matahari hingga benar-benar mongering. Tumbuk kulit yang telah kering hingga halus, tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada wajah. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat .

Daun Pepaya

Sama halnya jeruk yang dimanfaatkan kulitnya, papaya pun bisa dimanfaatkan daunnya untuk menghilangkan jerawat. Daun pepaya sangat ampuh membunuh mikro organisme pada kulit, sehingga jerawat pun akan menghilang.

Cara menghilangkan serta mencegah jerawat dengan daun pepaya hampir sama dengan kulit jeruk, yakni keringkan terlebih dahulu, lalu tumbuk hingga halus. Campurkan tumbukan tersebut dengan sedikit air, lalu aplikasikan pada wajah Anda. setelah beberapa menit, bilaslah dengan air hangat.

Cukup simple bukan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami seperti di atas? Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya, waktu, dan tenaga, karena banyak bahan alami yang mudah didapat dengan Cuma-Cuma. Nah, untuk hasil maksimal, lakukanlah cara tersebut berulang kali hingga jerawat benar-benar menghilang.