Menghilangkan Uban

Posted on

Meski tidak berdampak besar pada kesehatan tubuh, namun rambut juga memiliki peranan penting dalam melindungi kulit kepala sekaligus untuk menunjang penampilan seseorang. Namun seperti halnya kesehatan tubuh, rambut juga memiliki beberapa masalah kesehatan. Salah satu masalah pada rambut yaitu rambut beruban atau memutihkan warna rambut.
Rambut beruban biasanya terjadi pada seseorang yang di atas usia 30 tahun. Namun pada sebagian kasus, seseorang yang masih berusia muda juga bisa mengalami masalah tersebut karena beberapa faktor, seperti genetik, defisiensi vitamin B12, stress, perawatan yang salah dan lain-lain.
Nah, bagi Anda yang ingin rambutnya hitam kembali, berikut cara menghilangkan uban secara alami dan mudah:

Menghilangkan Uban Dengan Teh

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, teh mampu mengangkat sel-sel rambut yang mati, dan menyehatkan folikel rambut. Selain dikonsumsi, menggunakan teh secara rutin sebagai masker rambut juga akan mengembalikan rambut yang sudah memutih. Nah, berikut cara menghilangkan uban dengan menggunakan masker teh:

Seduh Teh

Pertama Anda harus menyeduh teh secukupnya atau Anda juga bisa memanfaatkan teh basi. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah teh yang murni, baik teh hitam maupun teh hijau. Usahakan dalam menyeduhkan, gunakan air sedikit saja sampai menghasilkan warna teh yang hitam pekat.

Bersihkan Rambut Terlebih Dahulu

Langkah berikutnya untuk cara menghilangkan uban dengan teh selanjutnya yaitu membersihkan rambut terlebih dahulu sebelum di treatment menggunakan teh. Bersihkan rambut dengan sampo dan gunakan air dengan suhu sedang (tidak terlalu panas atau dingin)

Keringkan Rambut

Setelah rambut bebas dari kotoran dan debu, selanjutnya keringkan rambut secara perlahan. Usahakan rambut kering dengan sendirinya dan hindari penggunaan hair dryer karena bisa merusak rambut.

Siramkan Air Teh Pada Rambut

Setelah bersih dan kering, Anda bisa langsung menyiramkan air seduhan teh tersebut pada rambut secara menyeluruh. Ampas dari seduhan teh tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan uban. Sembari menunggu kandungan dari teh tersebut meresap ke dalam kulit dan folikel rambut, pijatlah kulit kepala secara pelan dan lembut.

Bilas dan Keringkan Rambut

Cara menghilangkan uban dengan teh yang terakhir adalah dengan membilasnya hingga bersih. Bebaskan air dan ampas teh dengan air yang mengalir tanpa campuran sampo atau perawatan rambut lainnya.

Daun Rambutan

Daun yang buahnya memiliki rambut di sekeliling kulitnya ini ternyata juga sangat ampuh dalam menghilangkan uban karena berbagai faktor. Dengan kandungan tembaga, fosfor, zat besi, vitamin C, dan serat yang tinggi, daun rambutan mampu membantu mengembalikan kilau rambut dan menghitamkan rambut.
Adapun cara menghilangkan uban dengan bantuan masker daun rambutan yaitu, sebagai berikut:

Siapkan daun rambutan segar secukupnya lalu cuci bersih
Kemudian blender daun rambutan hingga halus
Setelah itu, peras dan ambil sari daun rambutannya
Lalu aplikasikan sebagai masker rambut dan biarkan selama kurang lebih 30 menit
Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air hangat

Menghilangkan Uban dengan Kemiri

Bumbu dapur yang mengandung asam amino esensial dan kandungan nutrisi yang tinggi tersebut juga sangat baik untuk merawat rambut, termasuk dalam menghilangkan uban. Cara menghilangkan uban dengan kemiri juga sangat mudah, yaitu:

Siapkan beberapa butir kemiri (secukupnya)
Kemudian tumbuk kemiri tersebut hingga halus dan mengeluarkan cairan atau minyak
Selanjutnya oleskan minyak kemiri tersebut secara merata atau pada bagian rambut yang beruban saja
Lakukan secara rutin setiap hari

Namun jika Anda tidak memiliki waktu dalam membuat minyak kemiri tersebut, Anda kini bisa dengan mudah membeli minyak kemiri dalam bentuk kemasan.

Putih Telur Ayam Kampung

Selain tubuh dan wajah, rambut juga membutuhkan nutrisi dan protein untuk menjaga kesehatannya. Nah, dengan kandungan protein yang tinggi pada putih telur ayam kampung, rambut Anda yang sudah memutih akan perlahan menghilang jika digunakan secara rutin.
Berikut cara menghilangkan uban dengan putih telur ayam kampung:

Siapkan 3 butir telur ayam kampung dan ambil putihnya saja
Kemudian campurkan dengan ½ sdt garam dan ½ gelas air hangat
Campur semua bahan hingga rata dan oleskan pada kulit kepala dan rambut secara menyeluruh
Pijat kulit kepala dengan lembut dan biarkan selama 2 jam
Kemudian bilas masker tersebut hingga bersih dengan air mengalir

Menggunakan Yogurt

Cara menghilangkan uban selanjutnya adalah dengan memanfaatkan yogurt. Minuman yang dihasilkan dari fermentasi susu tersebut ternyata mengandung laktosa, kalsium dan beragam nutrisi yang mampu menyehatkan kulit kepala dan rambut, termasuk menghilangkan uban. Adapun cara menggunakannya yaitu:

Siapkan yoghurt murni secukupnya
Kemudian campurkan dengan kopi bubuk dan lada hitam
Lalu oleskan bahan yang sudah berbentuk pasta tersebut sebagai masker rambut dan kulit kepala
Diamkan selama 1 jam, lalu bilas hingga bersih

Nah, kini daripada terus mencabut uban, Anda bisa mencoba berbagai cara menghilangkan uban seperti di atas. Cara-cara tersebut juga bisa digunakan untuk perawatan untuk mencegah uban datang kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *