6 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Terapi Herbal

Kolesterol merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius dan sebaiknya segera diatasi. Kolesterol yang berlebih di dalam tubuh bisa menjadi biang masalah, seperti obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu, pembahasan mengenai cara menurunkan kolesterol cukup penting untuk diperhatikan agar Anda bebas dari masalah ini.

Berbicara mengenai cara menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, kebanyakan orang akan menggunakan obat-obatan sebagai solusi yang diambil. Memang, terdapat cukup banyak obat penurun kolesterol yang tersedia. Namun, penggunaan obat tersebut, terutama jika tidak hati-hati, justru bisa menimbulkan masalah yang baru yang tak kalah mengusik.

Penggunaan obat yang berlebihan dapat memicu masalah baru, seperti metabolisme tubuh yang berkurang. Oleh karena itu, penanganan kolesterol tanpa menggunakan obat dapat menjadi pilihan alternatif terbaik yang bisa Anda coba. Berikut ada beberapa cara guna mengatasi masalah kolesterol ini tanpa obat yang akan dibahas. Cek ulasan singkat di bawah ini.

Mengurangi Lemak di Perut

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah mengurangi lemak di perut. Memang, timbunan lemak yang ada di perut menjadi biang masalah kesehatan, terutama peningkatan kolesterol. Oleh karena itu, jika Anda ingin bebas dari masalah kolesterol, maka pertimbangkan langkah yang satu ini.

Menurut penelitian, pengurangan lemak di dalam perut bisa mengurangi timbunan kolesterol hingga mencapai 10 persen. Lantas, bagaimana cara untuk mengurangi lemak di dalam perut? Dalam hal ini, Anda perlu melakukan beberapa olahraga, terutama jogging dan sit up untuk memangkas lemak yang menimbun di dalam perut Anda.

Baca Juga : Cara Diet Sehat

Atur Jam Istirahat

Kolesterol di dalam tubuh cenderung akan naik dengan jumlah yang cukup signifikan jika Anda kurang beristirahat. Oleh karena itu, salah satu cara menurunkan kolesterol yang cukup ampuh adalah mengatur ulang jam istirahat Anda. Tidak hanya memperpanjang jam istirahat, Anda harus beristirahat di saat yang tepat.

Salah satu kesalahan yang seringkali muncul adalah seseorang memiliki jam tidur siang lebih panjang daripada jam tidur malam. Jika kesalahan ini dilakukan terus menerus, maka potensi kolesterol akan naik menjadi lebih besar. Oleh karena itu, tambahkanlah jam tidur malam Anda dan kurangi jam tidur siang agar kolesterol menjadi lebih stabil lagi.

Perbanyak Asupan Serat

Salah satu cara menurunkan kolesterol yang juga cukup ampuh dan bisa dicoba adalah memperbanyak konsumsi serat. Perlu diketahui bahwa serat akan cukup efektif untuk memangkas kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan berserat, tentu saja jumlah kolesterol di dalam tubuh bisa dikurangi sedemikian rupa.

Nah, dalam hal ini, Anda bisa memperbarui pola konsumsi Anda. Untuk menurunkan kolesterol, maka gantilah roti putih dengan mengkonsumsi roti gandum. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan tinggi serat lainnya, seperti kacang almond, oat, brokoli, wortel dan beragam jenis buah-buahan yang banyak tersedia.

Makan Ikan

Konsumsi ikan adalah salah satu hal yang disarankan jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Ini adalah salah satu cara menurunkan kolesterol yang cukup ampuh dan sebaiknya Anda lakukan setiap hari. Perlu diketahui bahwa ikan memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi dan lemak jenuh yang tinggi pula.

Kedua kandungan yang terdapat dalam tubuh ikan tersebut akan memperlambat pertumbuhan plak yang terjadi dalam arteri. Selain itu, lemak jenuh dan omega-3 juga akan menjadi agen kuat untuk menekan kadar kolesterol. Oleh karena itu, konsumsi ikan minimal satu porsi per satu minggu dengan teratur untuk hasil maksimal.

Lebih Banyak Bergerak

Hal lain terkait cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak bergerak. Aktivitas yang Anda lakukan setiap hari tergolong cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Menurut penelitian, aktivitas tersebut bisa menurunkan kolesterol hingga sebanyak 5 persen.

Nah, terkait salah satu cara menurunkan kolesterol ini, Anda bisa melakukan olahraga ataupun aktivitas harian Anda di rumah seperti berkebun, menyapu dan lainnya. Aktivitas bergerak ini jika dilakukan dengan cukup teratur akan memberikan dampak yang baik bagi tubuh Anda. Tidak hanya kolesterol yang turun, jantung pun akan bertambah sehat.

Kurangi Stress

Stress berkepanjangan dalam memicu peningkatan kolesterol dalam jumlah yang cukup signifikan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengurangi kolesterol di dalam tubuh, maka hindari stress. Pergilah refreshing jika merasa jenuh dan selesaikan masalah secepat mungkin agar tidak berlarut.

Nah, dari beberapa ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada cukup banyak cara menurunkan kolesterol yang bisa dilakukan tanpa obat. Lakukan beberapa cara sesuai ulasan di atas dengan teratur agar apa yang Anda usahakan bisa berhasil dan kolesterol tidak menjadi mimpi buruk bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.