8 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Siapa yang tak kenal minyak zaitun? Minyak yang satu ini sangat populer, terutama di timur tengah. Kepopuleran zaitun tak lain karena manfaatnya yang tak tertandingi. Minyak ini merupakan hasil olahan dari buah zaitun yang berasal dari Mediterania.

Nah, senyawa apa saja yang terkandung dalam minyak zaitun ? Yakni vitamin E, vitamin K, lemak omega 3, omega 6, omega 9, lemak jenuh, zat besi dan masih banyak lagi. Senyawa tersebut membuat minyak zaitun berkhasiat untuk menjaga kecantikan juga kesehatan tubuh.

Ya, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan sudah tak diragukan lagi, oleh sebab itu, banyak produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasarnya. Selain untuk kecantikan, minyak zaitun juga mampu menyembuhkan serta mencegah berbagai penyakit. Penasaran apa saja manfaat zaitun untuk kecantikan dan kesehatan tubuh? yuk simak ulasan berikut ini!

Mengatasi Alergi Pada Kulit

Minyak zaitun sangat membantu dalam mengatasi alergi pada kulit, seperti gatal-gatal, bintik merah, kulit kering, dan sebagainya. Hal ini karena terdapat kandungan oleochantal pada minyak zaitun. Caranya sangat mudah, yakni dengan mencampurkan beberapa sendok minyak zaitun pada air hangat, kemudian pakai air campuran tersebut untuk membilas wajah dan kulit yang terkena iritasi. Terapkanlah cara ini setiap hari sebelum tidur untuk hasil maksimal.

Untuk Scrub Wajah

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah untuk dijadikan scrub wajah. Scrub alami dari campuran minyak zaitun dan garam laut sangat bagus untuk kulit kering. Caranya dengan mencampurkan 3 sendok minyak zaitun dengan 5 sendok garam laut. Oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang kering sambil digosok-gosokkan. Setelah beberapa menit, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka kelembaban wajah akan terjaga.

Membersihkan Make Up

Nah, minyak zaitun ini juga bermanfaat untuk menghilangkan make up di wajah, sebagai pengganti toner. Selain make up hilang dengan sempurna, kulit wajah Anda pun tetap terjaga kesehatannya. Untuk hasil maksimal, Anda bisa oleskan minyak zaitun pada wajah, kemudian pijat lembut, bisa juga dengan bantuan kapas. Setelah itu, gunakan sabun untuk wajah yang mengandung ekstrak zaitun, maka tidak ada sisa make up di wajah Anda.

Memerahkan Bibir

Pastinya bibir warna hitam membuat Anda kurang PD bukan? nah, hal tersebut bisa dihilangkan dengan minyak zaitun. Ya, manfaat minyak zaitun adalah menghilangkan warna hitam di bibir serta membuatnya menjadi merah merona. Kandungan vitamin E dan K pada zaitun-lah yang dapat membuat bibir Anda memerah. Caranya hanya dengan mengolesi bibir menggunakan minyak zaitun setiap hari. Jika Anda melakukannya dengan rutin, lama kelamaan bibir akan memerah dan lembab.

Menebalkan Alis dan Rambut

Alis tebal dan rambut yang tebal adalah idaman banyak orang, untuk mewujudkannya, Anda bisa gunakan minyak zaitun. Ya, kandungan vitamin E yang baik untuk kesehatan rambut sangat tinggi pada minyak zaitun, sehingga ketebalan alis dan rambut kepala akan meningkat seiring rutinnya Anda menggunakan minyak zaitun.

Gunakanlah minyak zaitun murni, yang belum tercampur bahan kimia untuk hasil maksimal. Nah, caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada bagian alis atau rambut setiap malam sebelum tidur. Bisa pula mengoleskannya pada bulu mata, jika menginginkan bulu mata yang tebal dan panjang.

Mencegah Kanker

Selain untuk kecantikan, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh pun beragam, salah satunya yakni mencegah kanker. Vitamin E, phenolic, serta sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dimiliki minyak zaitun dapat mengurangi resiko kanker kulit.Minyak zaitun juga mengandung lemak tak jenuh yang berperan melawan dan memerangi pertumbuhan tumor.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Minyak zaitun mampu mengontrol kolesterol dalam tubuh, karena memiliki antioksidan yang tinggi. Nah, jika kadar kolesterol terkontrol, maka minyak zaitun juga mampu mencegah penyakit jantung. Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun dengan extra virgin untuk mencegah penyakit jantung, mengontrol kolesterol, serta mengontrol tekanan darah. Konsumsilah minyak zaitun secara rutin agar kesehatan tetap terjaga.

Mencegah Osteoporosis

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah mencegah osteoporosis pada usia lanjut. Selain itu, bisa membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak. Tulang-tulang manusia semakin tebal dan kuat karena minyak zaitun. Hal ini karena terkandung vitamin E dan K di minyak asli Mediterania ini. Terbukti bukan jika minyak zaitun tak hanya bermanfaat untuk kecantikan, namun juga untuk kesehatan tubuh? Untuk memperoleh manfaat minyak zaitun yang maksimal, lakukanlah cara yang tepat dan terapkan dengan rutin.

Hanya dengan minyak zaitun, segala permasalahan kulit dan berbagai penyakit bisa teratasi. Bahkan, bahan alami ini tidak memiliki efek samping bila Anda melakukan cara yang tepat dan dianjurkan. Jadi, jangan ragu menggunakan minyak olahan buah zaitun asli Mediterania!