10 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Agar Jadi Siswa Berprestasi

Posted on

Meningkatkan Motivasi Belajar – Bagi kamu yang akan menghadapi ujian nasional, belajar adalah salah satu usaha yang harus dilakukan untuk mendapat hasil maksimal. Namun belajar juga bukan hanya kewajiban untuk yang mau ujian nasional lho. Karena kamu yang masih duduk di kelas bawah juga harus terus belajar untuk menghadapi ulangan harian, ulangan tengah semester ataupun ulangan akhir semester.

Tak jarang aktivitas belajar ini bikin kamu merasa bosan karena setiap hari harus berhadapan dengan materi pelajaran yang bikin pusing. Merasa jenuh dalam belajar itu sesuatu yang normal, karena otak kamu juga membutuhkan penyegaran. Oleh karena itu, cobalah beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajarmu. Mulailah dahulu dengan niat, karena tanpa niat tujuan yang akan kamu gapai tidak akan berjalan dengan mulus.

1. Membuat agenda belajar

Motivasi Belajar
Mulailah belajar dengan fokus dan salah satu caranya adalah dengan membuat agenda belajar dengan teratur. Kamu dapat menyusun jadwal belajarmu dengan menyusun skala prioritas sesuai dengan kebutuhan yang ada. Misalnya saja bila kamu merasa masih kurang menguasai sebuah mata pelajaran, kamu bisa memberikan alokasi waktu yang ekstra untuk mempelajarinya. Hal ini tentu akan membuat agendamu berjalan lebih efektif dan juga efisien.

2. Memahami gaya belajar yang kamu suka
Setiap orang memiliki tipe gaya belajar yang berbeda-beda dan hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar. Semakin kamu nyaman dengan metode yang kamu pakai, maka kamu akan dengan mudah merekam materi yang dipelajari. Semua metode gaya belajar memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda.

Untuk kamu yang bertipe visual, kamu dapat belajar dengan bantuan media gambar. Misalnya saja kamu bisa lebih terbantu dengan adanya grafik atau diagram sehingga tidak hanya membayangkan saja. Solusi lainnya kamu dapat membuat flow chart saat membuat catatan agar lebih mudah memahami. Selain itu, kamu akan lebih mudah menangkap pelajaran dengan menandai hal penting di dalam buku ataupun catatan dengan warna-warna yang berbeda. Banyak orang menggunakan metode ini untuk meningkatkan kecerdasan otak secara maksimal dengan latihan rutin.

Tipe selanjutnya adalah auditori, yaitu tipikal orang yang mudah menangkap pelajaran dengan bantuan suara. Tipe ini akan lebih mudah menangkap pelajaran sambil mendengarkan music untuk mendapatkan kenyamanan. Kamu dapat menggunakan bantuan rekaman pembelajaran dan memutarnya kembali saat ingin mempelajari. Berdiskusi dan berbicara dengan orang yang memberikan sumber pelajaran juga hal yang sangat membantumu.

Tipe yang terakhir adalah kinestetik, yaitu kemampuan untuk belajar dengan lebih mudah dengan bantuan keterampilan dan badan. Cara yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah dengan menggunakan komputer untuk mengetes ingatan yang sudah dipelajari. Selain itu kamu juga dapat menggunakan kata-kata atau singkatan yang dapat mempermudah kamu memahami pelajaran.

3. Istirahat yang cukup
Berangkat sekolah pagi-pagi sekali dan pulang saat sudah sore tentu saja akan sangat menguras tenaga. Tak hanya itu, otak kalian pasti juga merasa sangat lelah seharian terbebani dengan beraneka macam materi pelajaran. Oleh karena itu kamu harus memberikan waktu pada tubuh dan otakmu untuk beristirahat agar motivasi belajarmu meningkat. Karena bila dalam keadaan lelah dan terus dipaksa belajar, hasil yang akan didapatkan tidak akan maksimal.

Beristirahat adalah salah satu cara untuk merefresh dan merecharge energimu agar siap kembali menerima pelajaran. Jadi gunakanlah waktu istirahat yang ada di sekolah semaksimal mungkin agar syaraf tidak tegang dan pelajaran akan lebih mudah dipahami. Setelah pulang sekolah, luangkanlah waktu sekitar 20-30 menit untuk beristirahat dengan melakukan kegiatan yang kamu suka. Misalnya saja kamu bisa menonton tv, main game, berkebun atau melakukan kegiatan yang lainnya.

4. Menghindari gangguan saat belajar
Agar motivasi belajarmu tidak tergoyahkan, buatlah aturan untuk dirimu sendiri agar proses belajar tidak terganggu. Godaan yang paling besar adalah adanya gadget yang akan memecah konsentrasimu. Tegaslah pada dirimu sendiri dengan konsekuen tidak memainkan gadget ataupun membuka sosial media. Selain itu kamu juga jangan belajar sambil menonton tv, belajar di dalam keramaian ataupun belajar sambil mengobrol.

5. Menciptakan suasana belajar yang baik
Suasana belajar yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar ini bersifat relatif tergantung dari diri kamu sendiri. Kamu pasti lebih mengenal seperti apa dirimu, karaktermu dan tentunya hal apa saja yang membuatmu merasa nyaman. Karena ada tipikal orang yang merasa nyaman saat belajar di outdoor seperti taman, belajar di tempat sepi, belajar di kamar atau di tempat lainnya.

6. Menggunakan fasilitas yang ada
Belajar tentu saja membutuhkan banyak referensi karena menggunakan pedoman satu buku saja masih terasa kurang untuk dapat memahami dengan baik. Di jaman modern ini kamu bisa menggunakan fasilitas yang ada seperti googling di internet. Hal ini akan sangat membantumu dalam mememukan referensi yang lengkap. Selain itu kamu juga dapat mencari buku-buku di perpustakaan, berdiskusi dengan teman atau bertanya pada guru.

7. Memotivasi diri agar ada peningkatan dalam belajar
Kadangkala kamu merasa down saat sudah berusaha dengan keras namun hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan. Kekecewaan yang ada membuat motivasi belajar menurun karena merasa gagal. Stop segala sesuatu yang membuat motivasimu hilang, karena sesungguhnya kamu sedang dalam tahapan meraih kesuksesan. Jadikanlah kegagalan yang ada sebagai penyemangat agar hasilnya terus meningkat.

8. Menyenangi pelajaran yang kamu pelajari
Hal selanjutnya untuk meningkatkan motivasi adalah dengan menyenangi pelajaran yang kamu pelajari. Ini adalah prinsip dasar yang harus kamu tanamkan terlebih dahulu. Bila kamu sudah merasa tidak suka, tentu saja kamu akan merasa malas dan tidak memiliki semangat yang bulat. Apabila kamu berfikir pelajaran tersebut tidak bermanfaat untuk saat ini, mungkin kamu akan merasa manfaatnya di masa mendatang, misalnya saja saat kamu sudah bekerja nanti.

9. Membentuk kelompok belajar
Bagi sebagian orang, belajar di dalam kelompok akan lebih menyenangkan karena ada teman untuk berdiskusi. Selain itu, adanya sistem tutor sebaya juga akan membuat belajarmu lebih nyaman. Konsep tutor sebaya yang dimaksud ini adalah temanmu yang lebih menguasai materi akan mengajarkan ke teman yang lain yang masih kurang memahami. Hal ini cenderung akan membuat lebih nyaman karena tidak akan ada rasa malu yang berlebih seperti saat bertanya berulang kali pada guru.

10. Agendakan untuk menikmati waktu luang dengan bersenang-senang
Padatnya jadwal sekolah dan tugas hampir membuatmu tak ada celah untuk menikmati hari senggang. Namun sesekali luangkanlah waktumu untuk bersenang-senang melakukan kegiatan yang kamu senangi. Misalnya saja kamu bisa pergi menonton film ke bioskop bersama teman, pergi piknik kea lam bebas, hang out di mall atau kedai kopi dan lain sebagainya. Hal ini akan menjaga moodmu sehingga motivasi belajar tetap terjaga.

Kunci utama untuk meningkatkan motivasi belajar yang sangat penting adalah kesadaran dirimu sendiri. Tanyakan pada dirimu, untuk apa kamu belajar, apa yang kamu cita-citakan, apa yang ingin kamu raih, dan ingin menjadi apa kamu di masa depan. Semua itu yang akan menjadi cambukmu agar terus bersemangat dalam belajar dan tidak membuang waktu sia-sia. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *