10 Objek Wisata Di Malang Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Tiba

Saat mendengar kata Kota Malang, yang pertama kali terbesit di pikiran mungkin adalah suasana kota yang dingin, sejuk dan segar. Jadi tak salah lagi kalau kamu menjadikan kota ini sebagai destinasi utama untuk berlibur. Tak hanya itu saja, Malang juga terkenal memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik dan mengasyikkan. Banyak sekali referensi yang bisa kamu dapatkan, mulai dari yang wisata indoor maupun outdoor. Semuanya tersaji dengan sempurna dan sepertinya nggak cukup kalau hanya satu hari saja menikmatinya.

Nah, buat kamu yang berencana berkunjung ke Malang, alangkah baiknya kalian rencanakan dulu tempat wisata mana saja yang akan menjadi pilihan. Akan lebih menyenangkan lagi bila liburannya lebih dari 2 hari karena kalian akan benar-benar merasakan sensasi liburan yang sebenarnya. Karena berlibur di kota Malang dan sekitarnya ini seakan-akan nggak ada habisnya dan hampir semuanya memukau dan bikin kamu kebingungan mau ke mana dulu. Jangan lupa ajak keluarga, teman atau orang terkasih biar jadi kenangan yang sulit terlupakan bagi kalian.

1. Jatim Park I

Jatim Park I

Objek wisata yang paling iconic dari Kota Malang tentu saja Jatim Park I. Tempat ini menjadi objek favorit setiap pengunjung yang datang ke Malang. Konsep dari tempat ini adalah taman yang dapat dijadikan tempat rekreasi namun juga menyelipkan edukasi bagi pengunjungnya. Ada banyak sekali wahana yang bisa kamu coba yang pastinya sangat seru dan membuat ketagihan.

Yang menjadi icon dari Jatim Park I adalah kolam renang besar yang dapat digunakan untuk anak maupun dewasa. Tempat ini dilengkapi dengan beraneka macam papan seluncur air yang bisa dicoba untuk memacu adrenalin. Wahana yang lainnya antara lain adalah mini jet, flying tornado, gokart, midi skater, spinning coaster dan lain sebagainya.

Untuk wisata edukasinya, kalian dapat mendapatkan ilmu dari science stadium. Di tempat ini ada laboratorium indoor dan outdoor yang memiliki banyak informasi tentang pelajaran kimia, fisika dan biologi. Selain itu kalian juga bisa belajar kebudayaan dengan adanya koleksi miniature rumah adat, kerajinan khas dan juga wayang.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Pantai Paling Keren Di Malang

2. Jatim Park II

Jatim Park II Batu Secret Zoo

Konsep wisata di Jatim Park II ini lebih berkonsep wisata alam dengan daya tarik Batu Secret Zoo dan juga museum satwa. Di sini kamu akan banyak mengenal banyak satwa dari berbagai daerah, bahkan dari benua lain yang sudah diawetkan. Binatang tersebut disusun dan di display dengan menarik di tempat yang disetting mirip habitat aslinya. Semua hewan tersebut adalah hewan yang mati alami dan tidak di buru lalu diawetkan.

Yang selama ini menjadi objek favorit bagi wisatawan adalah replika raksasa dari kerangka dinosaurus. Kamu juga dapat melihat beraneka jenis serangga seperti kupu, kumbang, belalang dan lain sebagainya. Semuanya sangat cantik dan diawetkan insectarium sehingga pengunjung dapat dengan mudah menikmatinya. Setelah melihat hewan yang sudah diawetkan, kamu bisa melanjutkan perjalanan melihat binatang yang masih hidup.

Di Batu Secret Zoo, konsepnya adalah kebun binatang modern. Di sana kamu bisa puas melihat hewan-hewan yang ada dari berbagai daerah dan juga melihat ikan di akuarium. Selain itu, kamu juga bisa mencoba Hotel Pohon Inn yang berkonsep unik. Tempat ini dibangun di batang pohon raksasa yang di sekitarnya dikelilingi oleh pegunungan. Sudah terbayang kan, viewnya pasti menakjubkan sekali.

3. Museum Angkut

Museum Angkut

Saat mendengar kata museum pasti kamu berfikir tempat yang isinya hal berbau sejarah dan agak membosankan. Namun tidak untuk objek wisata ini karena kamu bisa mendapatkan banyak informasi tentang perkembangan transportasi dengan konsep modern. Ada banyak jenis kendaraan seperti sepeda, mobil listrik, delman, mobil balap dan lain sebagainya. Tempatnya di design sangat bagus dan tentu saja cocok untuk dijadikan tempat berfoto.

Selain itu kamu juga berkesempatan mengunjungi 10 zona yang di design seperti bentuk aslinya. Semuanya di bangun sesuai dengan aslinya dan lengkap dengan landmark masing-masing. Tempat ini adalah spot yang instagramable sekali dan sayang bila dilewatkan tanpa berfoto ria.

4. Batu Night Spectacular

BNS

Untuk kamu yang ingin menikmati suasana Malang di malam hari, jangan lewatkan untuk mengunjungi batu night spectacular. Suasana tempat ini di design seperti pasar malam dengan berbagai daya tarik lainnya. Di sini kamu bisa menikmati air mancur yang menari dan berubah warna sesuai dengan musiknya. Selain itu ada juga lampion garden yang siap dijadikan background fotomu.

5. Pantai Balekambang

Balekambang

 

Buat kamu yang suka sekali dengan wisata alam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pantai di Malang yang sangat eksotis. Pantai Balekambang ini sekilas mirip sekali dengan pantai di Tanah Lot Bali karena ada pura di atas pulau. Tempat ini sangat menarik dan menjadi destinasi yang wajib kamu agendakan untuk menikmati sunset. Untuk ke pulau tersebut, sudah dibangun jembatan dari beton sepanjang 100 meter.

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Bromo Tengger Semeru

Buat kamu yang mengagendakan berlibur ramai-ramai bersama teman-teman, kamu bisa memilih mengunjungi taman nasional Bromo Tengger Semeru. Tempat ini sangat memanjakan kamu dengan bentangan alamnya yang menakjubkan. Cocok sekali dijadikan objek wisata bagi kamu yang suka dengan petualangan karena kalian bisa mendaki di gunung semeru.

Mendengar kata gunung semeru, mugkin pikiran kalian langsung teringat tentang film 5 cm saat melakukan pendakian. Ya, seperti itulah cantiknya tempat yang ada di sekitar semeru dan pasti akan sangat mengesankan bagimu. Untuk mendaki dan menuruni gunung semeru, kalian membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari. Jangan lupa juga, siapkan keadaan fisik agar dalam kondisi yang prima dan juga peralatan camping yang dibutuhkan.

Di akhir pendakian nanti, rasa lelah kalian akan dibayar dengan sesuatu yang sangat menakjubkan. Karena di Padang Oro-Oro Ombo kamu dapat melihat bunga Edelweiss yang terhampar luas juga bunga Verbana Barisliensis Vell yang warnanya mirip bunga lavender. Ayo, segera ajak teman-temanmu untuk merealisasikan berkunjung ke tempat ini dan menjadikannya sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

7. Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata

Kota Malang sangat terkenal sekali dengan buah apel dan memiliki banyak perkebunan apel. Bagi kamu yang ingin memiliki pengalaman untuk memetik buah apel sendiri sekaligus mengetahui seperti apa pohonnya, kamu bisa datang Ke Kusuma Agrowisata. Tempat ini adalah perkebunan yang menyediakan berbagai acam buah seperti apel, kambu, jeruk, strawberry, buah naga dan berbagai sayuran. Istimewanya, tanamannya bebas pestisida karena ditanam dengan cara hidroponik.

Selain memetik buah dan sayur langsung, kamu juga bisa merasakan sensasi menyatu dengan alam lewat fasilitas outbond yang disediakan. Selain itu tersedia juga arena waterpark yang dapat digunakan untuk dewasa dan anak. Semuanya sangat menyenangkan dan merefresh pikiran. Untuk memetik buah di Kusuma Agrowisata, kamu cukup membayar 45-60 ribu saja. Sedangkan untuk outbound adalah 85-125 ribu.

8. Hawaii Waterpark

Hawai Waterpark

Terletak di pusat kota Malang, Hawai Waterpark menawarkan beragam wisata air yang seru. Diantaranya ada kolam tsunami dimana pengunjung akan merasakan sensasi diterjang gelombang air mirip tsunami kecil. Disini diperlukan kewaspadaan dan batasan umur tertentu untuk menghindari resiko yang ditimbulkan.

Di depan lokasi ini terdapat dunia salju yang berhawa dingin akibat salju buatan. Kamu dapat bermain sepuasnya layaknya berada halnya di daerah Eropa yang kadang terdapat musim salju.

Baca Juga : Tempat Wisata Kuliner Paling Enak Di Malang

Masih banyak sekali objek wisata di Malang yang bisa kamu explore. Semuanya sangat menarik dan menyajikan kesan tersendiri. Segeralah agendakan liburanmu dan pilih objek mana saja yang akan menjadi tujuanmu menghabiskan liburan dan merefresh pikiran. Selamat berlibur.

Ummu Nadia

Professional Blogger Concern Bidang Jurnalistik & Humaniora. Alumni Fakultas Sastra Universitas Airlangga Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *