6 Ragam Manfaat Sayuran Okra Ini Terbukti Untuk Kesehatan Tubuh

Nama okra agaknya memang kurang familiar di Indonesia. meski begitu, nyatanya sayuran ini sudah dibudidayakan dan diperjualbelikan oleh petani lokal. Anda bisa dengan mudah menjumpai tanaman ini pada lahan dengan ketinggian 600-800 mdpl dan dapat Anda panen saat umurnya 1,5 sampai 2 bulan.
Tidak hanya di Indonesia, Okra juga dikenal sebagai sayuran favorit di negara Cina, Jepang, India dan Malaysia lantaran manfaat okra yang sangat baik bagi tubuh manusia. Sayuran berwarna hijau dengan bentuk memanjang ini sekilas mirip dengan cabai hijau. Nah, sebelum Anda mencoba seperti apa kelezatannya, mari simak segudang khasiat yang ditawarkan oleh okra untuk badan Anda.

Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung tak bisa dipungkiri memegang peranan yang sangat kompleks dalam kehidupan manusia. Organ yang satu ini punya fungsi vital memompa aliran darah. Tak mengherankan jika salah sedikit saja Anda merawatnya, maka malapetaka besar bisa saja datang tanpa Anda minta.
Penyakit jantung yang ditengarai sebagai pembunuh nomor satu di dunia ini ternyata dapat Anda cegah dengan rutin mengonsumsi okra. Hal ini tidak terlepas dari kandungan epicatehin, katekin, procyanidin dan quercetin yang sudah sejak lama dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan mampu mempertahankan kesehatannya.

Mencegah Diabetes

Sama halnya seperti penyakit jantung, diabetes yang disebabkan oleh gula juga menjadi momok yang sangat menakutkan bagi banyak orang. Bagaimana tidak? Hampir ratusan orang di dunia setiap tahunnya harus kehilangan nyawa lantaran tubuhnya digerogoti oleh gula.
Penelitian yang dipublikasikan ISRN Farmasi pada 2011 lalu memaparkan bahwa manfaat okra dalam hal ini mampu menekan penyerapan gula dan kadar gula darah. Hebatnya, sayuran asal Ethiophia ini juga sarat akan serat dan mempunyai glikemik yang sangat rendah. Oleh karena itu, banyak orang menyertakan okra sebagai santapan enak yang dapat dinikmati oleh penderita diabetes. Jika Anda piawai, Anda juga dapat mengolah sayuran ini menjadi sajian yang enak.

Melindungi Paru-Paru

Okra adalah sayuran yang dibekali dengan sayuran yang kaya akan nutrisi. Tak heran jika sayuran ini menjadi sayuran yang dibutuhkan dan digemari oleh banyak orang. Senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan ditengarai mampu melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas yang menakutkan.
Zat baik betakaroten dan lutein yang tersimpan di dalam okra juga dapat memproteksi paru-paru dari kemungkinan rusaknya organ tersebut. Untuk itu, budaya makan okra sebetulnya sangat baik mengingat manfaat okra juga tidak tanggung-tanggung. Di supermarket terdekat, Anda bisa menjumpai okra yang sudah dipotong maupun yang dijual dalam keadaan utuh hanya saja sudah dibekukan.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata membutuhkan asupan vitamin A dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran atau buah yang syarat akan vitamin A, kentang bisa menjadi salah satu pilihan paling mudah untuk Anda. Hal ini karena sayuran kentang dibekali dengan beta karoten, xanthein dan Vitamin A, dimana zat tersebut ampuh untuk menetralisir serta mengusir radikal bebas yang membahayakan. Seperti yang Anda tahu, radikal bebas juga jadi penyebab atas penuaan dini yang berpotensi mengancam Anda sewaktu-waktu. Vitamin A yang tersimpan di dalamnya juga berperan penting dalam memproteksi mata dari risiko degenerasi makula dan katarak.

Memperkuat tulang dan gigi

Selain nutrisi kalsium dan kalium dalam susu dan beragam olahan yang bersumber dari protein tersebut, kekuatan tulang serta gigi juga ditentukan oleh support yang berasal dari Vitamin K dan asam folat yang Anda suplai. Ketiga zat tersebut bisa Anda penuhi dengan rajin memakan okra. Sebagai tipsnya, manfaat okra akan lebih optimal bila Anda juga mengetahui cara pengolahannya yang baik.
Jangan sampai vitamin dan nutrisi bermanfaat pada okra akan hilang begitu saja lantaran Anda ceroboh dan tidak mengetahui tips mengolah okra dengan benar. Okra juga dipercaya dapat meningkatkan kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang akibat kekurangan kalsium. Asam folat pada okra juga baik untuk ibu hamil.

Mengobati Anemia

Kekurangan darah bukan tidak mungkin akan menjadi masalah yang serius apabila Anda tidak tanggap dan membiarkannya sampai parah. Anemia dapat ditanggulangi dengan memakan makanan penambah darah dan mengandung vitamin. Jika kapsul penambah darah sudah Anda konsumsi, sebenarnya tidak masalah jika asupan Vitamin A, magnesium, mineral dan zat besi juga Anda suplai dari sayuran ini untuk membantu kelancaran produksi sel darah merah dan membantu penyembuhan penyakit anemia yang Anda derita.
Selain dibuat sebagai ongseng atau sayur, okra juga sangat enak jika Anda buat menjadi jus. Dan disandingkan dengan cemilan sehat lainnya. Jus okra adalah cara ampuh menggasak manfaat okra untuk penderita anemia.
Bagaimana? Sudah tahu kan nilai plus okra yang baik untuk tubuh Anda?.