10 Pasukan Elite Terbaik Dunia Ini Punya Skill Keren, Kamu Wajib Baca !

Hadirnya pasukan elite di setiap negara sangat penting. Pasukan semacam inilah yang berada di garis depan untuk melindungi negara dari segala ancaman, baik dalam maupun luar negeri. Meskipun berada di garis depan, tapi kamu bakal tidak tahu kalau pasukan tersebut merupakan pasukan elite. Pasalnya mereka terkenal sebagai ‘professional sunyi’, sehingga gerakannya hampir selalu tidak pernah tercium. Bahkan, saking professionalnya, pasukan elite khusus ini diibaratkan seperti ‘siluman’. Lebih tepatnya ‘siluman’ modern, karena selain sangat terlatih, mereka juga dipersenjatai dengan senjata khusus yang canggih tentunya. Dari seluruh dunia, inilah 6 pasukan elite terbaik di dunia. Beberapa di antaranya terkenal paling mematikan di dunia.

6 Pasukan Elite Terbaik di Dunia

Pasukan elite yang dipilih dari orang-orang pilihan ini bertugas untuk melaksanakan banyak tugas-tugas berat, seperti perang non-konvensional, pengintaian, anti-teroris, hingga urusan pertahanan luar negeri. Mereka yang masuk dalam kelompok ini dibagi dalam beberapa kelompok kecil yang memiliki kemampuan yang tinggi dalam berkecepatan. Siapa sajakah mereka dan dari negara mana saja asalnya? Berikut ulasan lengkap 6 pasukan elite terbaik di dunia yang perlu kamu tahu;

1. U.S. Navy SEAL (Amerika Serikat)

Navy Seal
US Navy Seal

Sejak lama Amerika Serikat bertekad bulat menjadi negara adidaya. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, salah satu yang dilakukan negara Paman Sam tersebut adalah dengan membentuk pasukan khusus yang terkenal dengan sebutan U.S Navy SEAL. Navy SEAL ini dibentuk pada tahun 1962.

Seperti namanya, U.S Navy Seal merupakan bentukan pasukan khusus Amerika Serikat yang terdiri dari anggota laki-laki Angkatan Laut Amerika Serikat. Mereka adalah orang-orang pilihan. Orang-orang terbaik dari yang terbaik di angkatan. Bahkan setelah peristiwa 9/11 yang menjadi sejarah memilukan Amerika, pasukan ini menjalani latihan yang sangat keras dan disiplin dan dalam tempo operasi yang luar biasa. Tujuannya, tentu agar peristiwa yang merenggut banyak korban meninggal tersebut tidak akan terulang lagi.

Salah satu pasukan elite terbaik di dunia ini termasuk yang paling ditakuti dunia, karena para anggotanya telah dibekali dengan berbagai macam latihan selama bertahun-tahun dan juga dipersenjatai dengan senjata terbaik dari yang terbaik di dunia ini. Tidak hanya terjun untuk meredam masalah di laut saja, Navy Seal juga dapat beroperasi di semua lingkungan, baik laut, darat dan juga udara.

Baca Juga : Tank Tercanggih Di Dunia

2. Special Air Service (SAS)-Britania Raya

SAS BRITISH
SAS – BRITISH

Daftar pasukan elite terbaik di dunia kedua ditempati oleh Special Air Service (SAS) milik pemerintahan Britania Raya. SAS didirikan pada tahun 1941 oleh Ratu Elizabeth. Pasukan ini memiliki aksi yang sangat unik ketika berada di lapangan. Bagaimana tidak jika para anggota dari unit pasukan komando Britania Raya ini dilarang keras meninggalkan jejak dalam bentuk apapun.

Bahkan pada saat menjalankan operasi, para anggota tidak boleh buang air besar (BAB) di sembarang tempat. Artinya mereka harus membawa serta kotoran mereka ke manapun mereka pergi. Hal nyeleneh ini bertujuan agar keberadaannya tidak tercium oleh musuh.

Padahal pada awalnya, militer khusus tertua dan terbaik di Inggris ini dibentuk sebagai resimen, kemudian menjadi korps. Awal dibentuk, para anggota pasukan elite ini memang ditargetkan untuk melakukan misi-misi khusus.

Dalam operasionalnya, resimen SAS memiliki empat skadron bernama A,B,D, dan G. Masing-masing skadron tersebut terdiri dari sekitar 65 anggota dengan seorang mayor sebagai pemimpinnya. Sementara untuk pimpinan  unit di kepalai oleh seorang kapten.

3. Sayeret Matkal (Israel)

Sayeret Matkal milik pemerintah negara Israel ini wajib masuk ke dalam barisan pasukan elite terbaik di dunia. Para anggota dari pasukan khusus Pasukan Pertahanan Israel (IDF) ini sangat terlatih, khususnya dalam menyusup ke belakang garis lawan dan mengumpulkan data intelijen. Bahkan tidak jarang anggota dari mereka yang diterbangkan ke seluruh dunia untuk menjalankan misi khusus.

Special Force asal negeri bintang Daud ini bukan hanya berhasil dalam berbagai aksi operasi terselubung dalam melawan Hamas, tetapi pernah mengangkangi kedaulatan negera Uganda tepatnya pada tanggal 3-4 Juli 1976. Dalam operasi tersebut, Sayeret Matkal berhasil membebaskan sandera dari pembajakan pesawat Air France penerbangan 139 di bandara Entebbe.

Prestasi inilah yang menjadikan Sayeret Makal menjadi salah satu pasukan khusus yang paling mematikan di dunia.  Bahkan pasukan elite ini bisa disetarakan dengan Spesial Air Service milik Inggris dan Delta Force milik AS. Selain menangani masalah terorisme, Sayeret Matkal juga berfokus pada penyelamatan sandera yang berada di luar perbatasan Israel.

4. Spetsnaz (Rusia)

Spetnaz adalah unit pasukan elite milik Angkatan Darat Rusia. Gaung tentang prestasi dan kegarangan Spetnaz ini telah terkenal di seluruh dunia. Spetnaz beberapa kali terjun ke lapangan untuk melakukan pertempuran berkelas internasional. Terutama berbagai operasi di Afganistan pada tahun 1988.

Spetnaz dibentuk pada awal munculnya perang dunia II. Pasukan khusus Rusia ini secara khusus mengacu ke tiap-tiap elit atau unit yang berada di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FBS) atau Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri Rusia. Unit dari pasukan ini dikontrol langsung oleh Dinas Intelijen Militer GRU.

Pasukan khusus Rusia ini menampilkan kemampuan tempur tingkat tinggi dan semangat membara untuk berjuang demi kedaulatan negara dalam setiap menjalankan tugas. Bahkan dalam tugas operasional yang paling sulit dan tidak biasa sekalipun, mereka kerap tampil gagah dan pemberani.

5. GIGN (National Gendarmerie Intervention Group)-Perancis

GIGN didirikan pada tanggal 11 Oktober 1973 dengan jumlah anggota mencapai 200 orang. Mereka yang masuk dalam unit pasukan elite ini adalah orang-orang yang memiliki kemampuan sangat kuat dan telah lulus dalam beragam latihan berat.

Pasukan khusus ini merupakan unit paramiliter Prancis yang bertugas untuk melakukan tindakan dalam upaya penegakan kedaulatan negara, terutama dalam menghadapi ancaman yang subversive, misi penyelamatan kontra-teroris dan penyanderaan di Perancis dan tempat lainnya di seluruh dunia.

Salah satu prestasinya yang paling tersohor adalah upaya GIGN dalam menumpas terorisme di Paris, tepatnya pada tanggal 13 November 2017. Dalam segala gangguan yang berhubungan dengan terorisme, pemerintah Prancis mengandalkan pasukan elite ini. Bahkan saat ini, GIGN memikul beban untuk misi intervensi, pencarian dan perlindungan berskala besar.

6. Komando Pasukan Khusus (Kopassus) – Indonesia

Siapa sangka jika Kopassus milik Indonesia ini masuk ke dalam daftar pasukan elite terbaik dunia. Wajar saja sih, karena Kopassus ini telah berhasil dan sukses dalam melaksanakan tugas dan misi operasi khusus bagi Pemerintah Indonesia. Tidak hanya tindakan langsung dengan konvensional perang dan sabotase, tetapi juga dengan kontra-pemberontakan, kontra-terorisme dan pengumpulan intelijen.

Kopassus dibentuk pada tanggal 16 April 1952 dengan nama beladirinya yang terkenal dengan Merah Putih. Moto dari pasukan elite Indonesia ini adalah “Berani, Benar, dan Berhasil”. Salah satu prestasi Kopassus ialah berhasil membebaskan 5 penumpang pesawat Garuda Indonesia yang disandera oleh teroris yang menamakan diri sebagai “Komando Jihad” pada tahun 1981 dan berhasil membebaskan para peneliti Ekspediri Lorentz’95 yang disandera oleh OPM (Organisasi Papua Merdeka) di Mapenduma pada tahun 1996.

Itulah keenam pasukan elit terbaik di dunia. Kamu perlu tahu jika ternyata Indonesia telah memiliki pasukan khusus yang sangat terlatih dan hebat. Pasukan seperti ini sangat penting, agar negara senantiasa aman, damai dan terhindar dari segala ancaman. Baik ancaman dari dalam maupun luar negeri.