Penyebab Dan Cara Mengatasi Pemanasan Global

Apakah kamu merasakan suhu bumi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu? Begitu juga dengan berbagai gangguan lingkungan yang mengancam kehidupan di bumi. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global. Selain bumi yang sudah menua, segala kehidupan modern dan teknologi yang di eksploitasi terlalu banyak akan menimbulkan kerusakan.

Tak hanya manusia yang kena efeknya, tapi seluruh makhluk di bumi hidupnya jadi tidak seimbang. Jangan remehkan bahaya pemanasan global karena tentunya kita masih ingin menjalani hidup yang nyaman dan tenteram. Makanya, kita sebagai manusia sudah seharusnya melakukan berbagai cara agar bisa mengatasi pemanasan global.

Untuk mengetahui pemanasan global lebih lanjut, kamu bisa ikuti pembahasan tentang pengertian, dampak, dan cara mengatasi pemanasan global.

Pemanasan Global

Pengertian Pemanasan Global

Kamu pernah mendengar tentang pemanasan global bukan? Bab ini sering dimasukkan dalam pembahasan salah satu mata pelajaran di sekolah. Tapi sering juga kita tidak tahu pasti apa pengertian dan penjelasan tentang pemanasan global ini.

Secara umum, pengertian dari pemanasan global adalah naiknya suhu di permukaan bumi. Mungkin kamu juga sering mendengar dari orang tua atau kakek-nenek tentang suhu bumi yang sekarang ini lebih panas dibandingkan jaman dulu. Bahkan pemanasan global ini sudah terjadi sejak abad 20.

Penyebab utama pemanasan global adalah efek rumah kaca dan aktivitas manusia sehari-hari yang tak terkendali. Beberapa penelitian juga mengatakan kalau dalam rentang waktu 100 tahun terakhir ini, suhu bumi sudah meningkat hingga 0,18 derajat celcius.

Nah, untuk mendalami pengertian pemanasan global, berikut adalah gagasan menurut para ahli dari seluruh dunia :

1. Menurut Asosiasi Energi Matahari New Mexico

Pengertian pemanasan global yang pertama adalah menurut Asosiasi Energi Matahari New Mexico, yaitu peningkatan suhu atau temperatur di permukaan bumi yang diakibatkan dari efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah sebuah kejadian dimana panas bumi terperangkap karena dihalangi oleh gas karbondioksida di lapisan atmosfernya.

2. Menurut National Wildlife Federation

Sedangkan pengertian kedua, pemanasan global menurut National Wildlife Federation adalah meningkatnya suhu udara yang bisa mengakibatkan terjadinya berbagai peristiwa bencana alam, seperti kekeringan, banjir, badai dan sebagainya. Pemanasan global ini juga bisa membuat perubahan lingkup kehidupan serta membunuh berbagai spesies tumbuhan dan hewan.

3. Menurut Natural Resources Defense Council

Terakhir, menurut NRDC, pengertian pemanasan global adalah proses naiknya suhu udara karena panas yang sudah terperangkap di atmosfer oleh gas karbondioksida. Hal ini bisa menimbulkan perubahan iklim dan berbagai bencana di bumi. NRDC juga mengatakan jika pemanasan global adalah krisis kemanusiaan dan lingkungan terbesar saat ini.

Dari pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pemanasan global bisa menimbulkan berbagai bencana yang mengancam kehidupan semua makhluk di bumi. Semua itu terjadi karena hawa panas bumi yang terperangkap oleh gas karbondioksida yang banyak dilepaskan di atmosfer.

Kadar karbondioksida banyak tersebar di udara ini karena meningkatnya pertumbuhan pabrik, polusi-polusi dari kendaraan, dan lain-lain. Seharusnya fenomena ini membuat kita sadar untuk terus menjaga kelestarian bumi dengan cara mengurangi aktivitas yang bisa menyebabkan gas karbondioksida terus meningkat di atmosfer.

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global ini tak bisa kita pandang sebelah mata. Kalau terlalu lama dibiarkan, maka mungkin saja kehidupan di bumi menjadi lenyap. Karena kerusakan demi kerusakan akan terus terjadi. Coba kita lihat apa saja dampak dari pemanasan global yang bisa mengancam kehidupan :

1. Berubahnya Iklim Dan Cuaca

Dalam uraian di atas sudah dikatakan bahwa pemanasan global adalah peristiwa meningkatnya suhu di permukaan bumi. Suhu yang terus meningkat ini bisa membawa dampak pada perubahan iklim dan cuaca yang ada di dunia. Hal ini sudah kita rasakan sendiri pada iklim dan cuaca yang ada di Indonesia. Indonesia hanya punya 2 musim, yaitu penghujan yang jatuh pada bulan Oktober – April, dan musim kemarau yang jatuh pada bulan April – Oktober.

Dampak yang sudah kita rasakan belakangan ini adalah tidak seimbangnya kedua musim itu. Kadang musim penghujan jatuh lebih lama dengan frekuensi tinggi atau musim kemarau yang lebih panjang sampai terjadi kekeringan. Selain itu, dampak langsung yang terjadi di belahan bumi lain adalah melelehnya gunung-gunung es yang ada di benua antartika. Melelehnya gunung-gunung es tersebut membuat air permukaan di laut mengalami kenaikan, yang bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil.

Tak hanya antartika, kita juga sering lihat di berita kalau gunung-gunung bersalju di seluruh dunia kini esnya sudah banyak yang meleleh. Lalu, akibat lainnya dalam hal iklim dan cuaca adalah perubahan arah angin yang menyebabkan sering terjadinya bencana puting beliung. Serta perubahan iklim yang juga terjadi di negara-negara yang mempunyai empat musim ini mengakibatkan cuaca ekstrem.

2. Hasil Pertanian Menurun

Dampak selanjutnya adalah dari hasil pertanian. Pemanasan global ini juga membawa dampak langsung terhadap hasil pertanian yang juga ikut berpengaruh. Naiknya suhu di bumi bisa mengakibatkan kekeringan panjang yang membuat hasil pertanian banyak yang gagal karena kekurangan air.

Selain kekeringan panjang, pemanasan global juga bisa menyebabkan hujan lebat hingga bencana banjir. Banjir ini tentu saja sangat merugikan para petani karena mereka tidak bisa memanen hasil pertanian.

3. Muncul Banyak Penyakit

Pemanasan global juga memberi dampak buruk pada manusia. Karena perubahan iklim dan cuaca yang sangat ekstrem, maka akan mempengaruhi kesehatan manusia. Sistem imun menjadi lemah dan berbagai penyakit bisa menyerang.

Penyakit yang banyak di derita oleh manusia pada jaman ini yang disebabkan oleh pemanasan global adalah alergi, penyakit pernapasan, demam berdarah, malaria, infeksi, dehidrasi, stroke, dan penyakit organ dalam.

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Fenomena pemanasan global adalah fenomena serius yang harus kita tindak bersama untuk menjaga bumi kita dari kepunahan. Oleh karena itu, kita harus menggalakkan berbagai cara supaya bisa membantu mengatasi pemanasan global. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan bersama :

1. Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor

Salah satu cara yang mudah untuk kita lakukan adalah dengan mengurangi pemakaian kendaraan bermotor. Seperti yang kita tahu kalau sekarang kendaraan bermotor, terutama kendaraan pribadi sudah banyak dimiliki masyarakat. Bahkan dalam sebuah keluarga, semua anggotanya bisa punya kendaraan mereka sendiri-sendiri.

Kendaraan bermotor adalah salah satu sumber yang menyumbangkan gas karbondioksida dan karbonmonoksida yang dilepaskan ke udara. Demi mengurangi dampak pemanasan global, sebaiknya kita mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, terutama kendaraan pribadi.

Kamu bisa pergi ke kampus, kantor, atau tempat lain dengan transportasi umum. Selain murah, kamu tak perlu mengkhawatirkan keberadaan asetmu serta perawatannya. Sekarang juga sudah banyak diadakan car free day di kota-kota besar, dengan tujuan supaya masyarakat bisa mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dalam sehari.

2. Penghijauan

Cara yang kedua adalah dengan reboisasi atau penghijauan. Semakin maraknya penggundulan hutan akan memperparah kondisi bumi kita. Sebagai manusia yang bertanggung jawab sudah seharusnya sadar bahwa hutan menjadi paru-paru bumi dan tidak boleh ditebang sembarangan demi keuntungan suatu pihak.

Oleh karena itu, kita harus melakukan penghijauan untuk menyelamatkan bumi. Gerakan penghijauan ini dengan cara menanam pohon di berbagai tempat untuk menciptakan oksigen dan menyerap karbondioksida di udara. Selain itu, pohon-pohon hijau tersebut juga bisa memberikan efek nyaman dan sejuk. Sehingga kita bisa menghirup udara yang segar dan sehat setiap harinya. Cara ini mungkin sepele, tapi pada kenyataannya mampu membawa perubahan yang lebih baik bagi bumi kita.

3. Menghemat Listrik

Cara terakhir yang bisa kita lakukan dengan mudah adalah dengan menghemat listrik. Bagaimana bisa listrik dihubungkan dengan pemanasan global? Ini karena listrik yang kita gunakan sehari-hari membutuhkan bahan bakar. Nah, bahan bakar pada listrik inilah yang menyebabkan terurainya gas karbondioksida.

Itulah mengapa kita harus menghemat penggunaan listrik. Kalau bisa, tidak usah melakukan suatu aktivitas yang menggunakan listrik, atau setidaknya kamu bisa meminimalisir penggunaan listrik sehari-hari. Misalnya saja tidak menggunakan lampu di siang hari kecuali dalam keadaan tertentu, mematikan AC jika sudah selesai digunakan, tidak menyalakan TV jika tidak ditonton, dan lain-lain.

Begitulah pengertian, dampak, dan cara mengatasi pemanasan global yang akibatnya mengerikan, sehingga kita perlu segera bertindak. Hal ini dilakukan demi mempertahankan hidup kita di bumi yang tercinta. Semoga pembahasan ini bermanfaat ya.