Bagaimana Cara Mengecilkan Perut Buncit Yang Efektif ?

Perut buncit ternyata tidak hanya terjadi pada orang gemuk saja lho. Bahkan orang dengan badan kurus sekalipun bisa memiliki perut yang buncit. Hal tersebut karena disebabkan beberapa faktor dan kebiasaan-kebiasaan buruk.
Penyebab perut buncit antara lain waktu makan yang kurang teratur dan buru-buru, kurangnya minum air putih, kurang bergerak dan kebanyakan duduk, kurang istirahat dan masih banyak penyebab lain. Selain menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut, Anda juga bisa mengatasinya dengan cara mengecilkan perut buncit berikut ini:

Olahraga selain untuk menyehatkan tubuh, juga dapat meningkatkan stamina serta ampuh untuk program diet, termasuk bagi Anda yang ingin mengecilkan perut. Ada beberapa cara mengecilkan perut buncit dengan berbagai jenis olahraga berikut ini:

Yoga

Jenis olahraga yang dilakukan dengan cara memusatkan kelenturan, kekuatan dan pernapasan ini berdasarkan sebuah penelitian di India yoga mampu untuk menghilangkan lipatan pada perut. Menyelaraskan tubuh dengan pikiran akan memacu tubuh untuk mengeluarkan hormon yang berfungsi dalam proses pembakaran lemak secara efektif.

Cardio

Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga cardio juga sangat efektif. Cardio sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan hampir seluruh anggota tubuh untuk bergerak, seperti bersepeda, berlari, berenang, dan lainnya. Cardio tersebut akan membuat otot-otot bekerja, mulai dari otot betis, paha, otot perut, punggung, lengan dan otot pundak.

Push-up dan Sit-Up

Selain melatih otot paha dan perut, ternyata rutin melakukan latihan sit-up dan push-up juga mampu mengontrol nafsu makan. Lakukan olahraga tersebut secara bertahap setiap harinya, mulai dari 10 kali sit-up dan push-up, lalu terus naikkan intensitas latihannya dari hari-hari sebelumnya.

Teh Hijau

Cara mengecilkan perut buncit atau menurunkan berat badan dengan teh hijau yang mengandung antioksidan ternyata sudah dipercaya sejak dahulu. Agar mendapatkan hasil yang optimal, usahakan untuk meminum teh hijau secara rutin dan tanpa gula. Waktu yang tepat untuk mengonsumsinya adalah sebelum makan. Hal tersebut karena teh hijau akan secara otomatis membuat perut terasa lebih kenyang sebelum makan, sehingga porsi makan Anda akan berkurang.

Minum Perasan Jeruk Nipis

Selain dengan teh hijau, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh seduh biasa yang dicampur dengan jeruk nipis. Caranya yaitu:

  • Siapkan teh sebanyak 3 sendok teh dan 1 buah jeruk nipis
  • Kemudian seduh teh dengan campuran perasan jeruk nipis dalam air panas

Konsumsi Jahe dan Madu

Jahe yang mengandung senyawa gingerol dan zat anti inflamasi tersebut mampu menurunkan berat badan. Sedangkan kandungan fruktosa pada madu mampu membantu tubuh dalam membakar lemak. Nah, kedua bahan alam tersebut juga mampu mengecilkan perut. Berikut cara mengecilkan perut buncit dengan campuran madu dan jahe:

  • Siapkan 2 sdm air perasan jahe dan 3 sdm madu murni
  • Kemudian campurkan kedua bahan tersebut lalu seduh dengan air panas secukupnya
  • Minumlah secara rutin 2 kali sehari untuk hasil yang optimal

Perbanyak Asupan Serat Larut

Pada sebuah studi menunjukkan bahwa jenis serat larut tersebut mampu membantu dalam menurunkan berat badan karena memberikan efek rasa kenyang sehingga secara otomatis porsi makan pun akan berkurang. Tidak hanya itu, serat larut tersebut juga bisa menurunkan jumlah kalori yang masuk dan diserap oleh tubuh.

Serat larut juga akan membantu Anda dalam melawan lemak jahat yang menumpuk di perut. Adapun makanan yang mengandung serat larut antara lain wortel, kacang polong, alpukat, biji rami, buah berry, dan masih banyak lagi.

Perbanyak Sayuran dan Buah-Buahan

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya yakni dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi serat sebanyak 14 gram setiap harinya akan menurunkan 10% asupan kalori dan 4% lemak di perut akan berkurang. Untuk mendapatkan serat tersebut, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur secara rutin setiap harinya.

Kurangi Makanan Berkadar Gula Tinggi

Gula yang mengandung fruktosa jika dikonsumsi secara berlebihan justru akan memicu timbulnya beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, serta obesitas. Bahkan pada sebuah studi observasional menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi akan meningkatkan lemak perut penyebab perut buncit.

Mengurangi Asupan Karbohidrat

Cara mengecilkan perut buncit dengan mengurangi asupan karbohidrat juga cukup efektif. Pasalnya, tubuh menerima asupan karbohidrat terlalu banyak dapat menyebabkan diabetes serta obesitas atau kegemukan sehingga perut otomatis akan buncit.

Hindari Minum Alkohol

Selain merusak kesehatan tubuh, ternyata alkohol juga dapat menciptakan lemak jahat pada perut. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa alkohol yang dikonsumsi terlalu banyak akan menciptakan lemak perut dan membuatnya menumpuk di perut sehingga perut akan lebih buncit. Maka dari itu, untuk menghindari penumpukan lemak pada perut, sebaiknya batasi atau hindari mengonsumsi minuman beralkohol

Selain dengan bantuan bahan-bahan alami, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan memperbaiki gaya hidup seperti tidak makan menjelang tidur, melakukan olahraga berat, istirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih.