Inilah Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Pernah mengalami radang tenggorokan? Penyakit ini terdengar cukup sepele bila dibanding penyakit diabetes, jantung, stroke, dan lainnya. Namun jika Anda membiarkannya begitu saja, pasti akan menimbulkan rasa ketidaknyamanan, rasa sakit di tenggorokan pun akan hilang dalam waktu lama.

Radang tenggorokan ini sering terjadi pada anak-anak hingga dewasa. Nah, tentu cara menangani radang tenggorokan pada usia anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Saat mengonsumsi obat pun dosis yang diberikan untuk usia anak dan dewasa berbeda bukan?

Nah, Anda bisa menyembuhkan radang tenggorokan tanpa obat, yakni dengan bahan alami. Banyak bahan alami yang bisa Anda dapatkan dengan mudah kemudian diolah dengan cara sederhana. Apa saja bahan alami tersebut? ini dia informasinya:

Teh Lemon Madu
Cara menangani radang tenggorokan yang pertama adalah menggunakan teh lemon madu. Ya, Anda bisa meminum lemon tea yang dicampur sedikit madu agar lendir pada tenggorokan memecah. Minumlah teh lemon madu tersebut dalam keadaan hangat, agar radang tenggorokan bisa cepat disembuhkan. Kandungan vitamin C pada lemon pun mampu melawan serangan virus dan bakteri penyebab radang. Jadi, jangan ragu lagi mengonsumsi teh lemon madu untuk mengobati radang tenggorokan.

Air Garam
Air garam memiliki sifat antibakteri, jadi bakteri penyebab radang tenggorokan akan terbunuh seketika Anda meminum air garam. Selain itu, jika air garam dikumur-kumurkan, maka bakteri pada mulut akan terbunuh, sariawan di mulut pun akan tercegah. Hanya perlu siapkan air hangat kemudian larutkan sedikit garam sambil diaduk. Cairan tersebut kemudian Anda minum atau kumur-kumur lama.

Susu Kunyit
Selain digunakan untuk bumbu dapur, kunyit juga mampu menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri, jadi virus atau bakteri penyebab radang tenggorokan akan terbunuh. Nah, cara menangani radang tenggorokan menggunakan kunyit cukup mudah, yakni dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan susu hangat. Susu membuat rasa kunyit ternetralkan, sehingga Anda pun bisa menikmati minuman tersebut.

Bawang Putih
Tak hanya kunyit yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan, namun juga bawang putih yang sangat mudah didapatkan. Bawang putih adalah antibiotic dan anti inflamasi alami yang bisa Anda konsumsi dengan cara sederhana. Bagaimana cara mengonsumsi bawang putih saat penyembuhan radang tenggorokan? Yakni dengan mengunyahnya secara mentah-mentah. Memang rasanya tidak enak, namun radang tenggorokan Anda akan sembuh seketika setelah melakukan cara tersebut.

Perbanyak Minum Air Mineral
Ya, tentu saja air mengonsumsi air mineral dalam jumlah banyak termasuk cara menangani radang tenggorokan. Agar infeksi bisa dilawan, tubuh Anda harus cukup air putih, minimal 8 gelas satu hari. Sebaiknya konsumsilah air putih hangat bagi penderita radang tenggorokan, karena sangat membantu menjaga selaput lendir. Nah, selaput lendir yang selalu lembab, maka akan mencegah terjadinya iritasi tenggorokan.

Kaldu Ayam Kampung
Jika penderita radang tenggorokan masih usia anak-anak, maka cara menangani radang tenggorokannya adalah menggunakan kaldu ayam kampung. Zat besi pada ayam kampung membantu meredakan infeksi. Selain itu, ayam kampung pun memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Nah, buatkanlah anak Anda sup dengan kaldu ayam kampung asli, dengan begitu radang tenggorokan cepat disembuhkan.

Air Jahe
Jahe adalah salah satu bahan alami yang sangat ampuh membunuh bakteri. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi air jahe hangat, maka lendir penyebab radang tenggorokan akan tersapu. Rasa minuman jahe anget sangatlah enak dan menghangatkan tubuh, jadi jangan ragu lagi menggunakan bahan alami ini untuk menyembuhkan radang.

Buah Pisang
Vitamin B6, kalium, dan kalsium terkandung dalam buah pisang. Nah, senyawa tersebut pun bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia serta melawan bakteri di tenggorokan. Batuk yang sudah lama diderita baik pada anak-anak maupun orang dewasa juga bisa diobati dengan buah pisang.
Cara menangani radang tenggorokan menggunakan buah pisang tidak perlu diolah atau dibuatkan jus, karena Anda bisa memakannya langsung secara rutin untuk hasil maksimal.

Jus Kiwi
Selain buah pisang ternyata buah kiwi pun bisa menyembuhkan radang tenggorokan. Buah kiwi sangat kaya akan protein, sehingga batuk kering akibat radang tenggorokan pun akan hilang seketika. Anda bisa mengkonsumsi buah kiwi secara langsung, namun untuk hasil maksimal, buatlah jus buah kiwi. Jika memang dirasa asam, Anda bisa menambahkan madu di dalamnya. Mudah bukan?

Itulah beberapa cara menangani radang tenggorokan menggunakan bahan alami. Tak perlu menyembuhkan dengan obat mahal yang sering memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh, karena menggunakan bahan alami yang mudah didapat saja bisa menyembuhkan radang dalam waktu singkat.

Akan tetapi, cara di atas hanya untuk radang tenggorokan level rigan hingga sedang, apabila sudah tergolong parah, sebaiknya periksalah ke dokter. Konsultasikan pula dengan dokter saat Anda akan menggunakan bahan alami dalam proses penyembuhan radang tenggorokan.