Inilah 7 Bahan Herbal Alami Untuk Mengatasi Rambut Rontok

Posted on
Rambut rontok memang masalah sepele, tapi ini bisa jadi sangat menyebalkan apabila Anda tak kunjung menemukan solusi yang akurat untuk membereskan masalah ini. Terutama bagi wanita yang menjadikan rambut sebagai salah satu aset yang mesti dijaga.
Selain meninggalkan bekas yang kurang enak dipandang, rontoknya rambut juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit tertentu yang bersarang di dalam tubuh seseorang. Itulah mengapa sangat perlu sekali kekhawatiran dan kewaspadaan terhadap persoalan kecil semacam ini. Nah, bagi Anda yang sedang bingung mencari cara mengatasi rambut rontok dengan benar, berikut sejumlah tips alami yang bisa Anda aplikasikan.

Lidah Buaya

Tanaman herbal ini sudah sejak dulu dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi kerontokan yang super membandel disamping kemampuannya dalam menghitamkan rambut. Dengan kandungan vitamin dan kalsiumnya, lidah buaya ternyata juga sangat ampuh dalam merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala, tentu merupakan solusi yang tepat sekali bukan?
Cara mengatasi rambut rontok ini bisa Anda mulai dengan membasahi rambut dan menunggunya sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang telah Anda pisahkan dari kulit lidah buayanya. Oleskan ke seluruh bagian rambut secara keseluruhan, biarkan 15 sampai 20 menit. Lakukan hal ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mencapai hasil yang maksimal.

Yogurt

Selain enak untuk dijadikan sebagai campuran milkshake atau smoothies, yogurt yang notabene minuman fermentasi sehat ini juga dapat Anda maksimalkan khasiatnya untuk mengendalikan kerontokan rambut Anda agar tidak semakin parah. Anda bahkan bisa dengan cepat mendapatkannya di supermarket atau toko terdekat.
Siapkan yogurt yang sudah Anda beli pada sebuah wadah atau mangkuk kecil. Oleskan pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 sampai 15 menit sampai hairmask alami yang Anda aplikasikan tersebut mengering. Praktikkan cara mengatasi rambut rontok ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Anda dapat memakai yogurt plain.

Minyak Esensial

Siapa bilang jenis minyak yang ini sangat disukai lantaran punya kekhasan dan bau harum tersendiri. Patut Anda catat dan perhatikan dengan baik. Minyak esensial juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam merampungkan problem yang saat ini membuat kepala Anda pusing. Untuk opsinya, Anda bisa memilih minyak zaitun, minyak wijen, hingga minyak kelapa atau yang populer dengan sebutan VCO.
Balurkan bahan herbal tersebut pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya, jangan lupa untuk memijat halus rambut Anda. Biarkan beberapa saat sampai mengering, kemudian bilas dengan air bersih. Cara mengatasi rambut rontok ini dapat memberikan hasil yang baik apabila Anda mengaplikasikannya 2 kali dalam seminggu.

Jeruk Nipis

Buah yang identik dengan rasa asam ini punya kandungan asam sitrat dalam takaran yang banyak. Selain dipercaya mampu mengangkat kotoran yang menempel di wajah, jeruk nipis juga merupakan rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin mengusir ketombe atau rambut rontok yang menjengkelkan.
Pilihlah jeruk nipis yang segar dan mempunyai kandungan air. Anda bisa membelahnya menjadi dua atau empat bagian. Langsung usapkan pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Pastikan Anda mendiamkannya selama beberapa menit guna memperoleh manfaat yang optimal dari buah ini. Setelahnya, Anda bisa membilas dan keramas dengan air bersih.

Hair Tonic

Alternatif yang kelima ini dapat Anda coba sebagai cara mengatasi rambut rontok yang selanjutnya. Selain lebih praktis, Anda juga bisa menyesuaikan varian apa yang sesuai dengan kondisi rambut Anda. Di pasaran sekarang ini sudah tersedia beragam merek, tentu dengan harga yang berbeda pula. Jangan lupa untuk memeriksa komposisi dan kandungan apa saja yang terdapat dalam hair tonic yang akan Anda beli. Sejumlah merek juga telah menyediakan hair tonic dengan komposisi yang berasal dari bahan alami seperti lidah buaya, minyak kemiri, atau gingseng. Kabar gembira ini bisa jadi jalan keluar bagi Anda yang trauma menggunakan hair tonic dengan bahan kimia melimpah.

Alpukat

Kerap disajikan sebagai jus, dibuat salad, hingga menjadi campuran kuliner lezat lainnya. Alpukat yang kaya akan lemak baik ini juga efektif sekali untuk Anda pakai sebagai cara mengatasi rambut rontok yang paling tepat. Kandungan protein yang ada pada buah alpukat terbukti mampu menguatkan rambut dan memberi nutrisi pada rambut Anda. Buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut.
Haluskan buah alpukat yang mempunyai daging terbaik. Anda bisa menghaluskannya dengan blender. Scrub alami ini kemudian Anda taruh pada mangkuk kecil atau wadah lain dan mulai balurkan pada rambut serta kulit kepala Anda. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan shampo sampai bersih.
Bagaimana? Ternyata mudah sekali bukan mengatasi rambut rontok dengan bahan alami. Segera coba dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *