10 Desain Ruang Tamu Minimalis Keren Bergaya Modern Masa Kini

Posted on

Mendesain ruang tamu haruslah maksimal, sebagaimana kamu merawat wajah kamu. Ibarat rumah itu badan, ruang tamu itu wajah. Jadi penting sekali untuk diperhatikan dengan semaksimal mungkin. Sekalipun desain ruang tamu yang kamu terapkan bertemakan minimalis, tetap saja harus diperhatikan dengan sangat jeli. Tenang, untuk mendesain ruang tamu minimalis tidak susah kok. Terapkan saja tips di bawah ini dan contek idenya. Dijamin deh ruang tamu kamu bakal manis, cozy dan pastinya nggak malu-maluin pas tamu datang.

Pemilihan Furniture Atau Sofa

Ruang Tamu Unik

Pada dasarnya ruangan bertemakan minimalis pastilah minim dalam hal apapun, termasuk furniture. Meskipun minim, bukan berarti tidak butuh dan harus ada. Tentu saja furniture itu sangat penting. Kan nggak mungkin tamu datang dan berdiri saja. Sekecil apapun lahan yang kamu miliki untuk bikin ruang tamu, tempat duduk dan meja wajib ada. Kecuali tema ruang tamu lesehan seperti di Jepang, ya.

Nah, pemilihan meja dan kursi untuk ruang tamu minimalis tentunya harus pas dengan tema ruangan tersebut. Jika kamu memilih sofa, pilihlah sofa yang berukuran kecil dan pas dengan ruang tamu. Kamu bisa mengukur dan mengira-ngira berapa ukuran sofa yang pas untuk ruang tamu kamu itu.

Atau jika ruang tamu minimalis kamu bergaya modern, cocok sekali untuk diisi dengan jenis sofa yang berbeda. Misal, sofa yang memiliki sandaran dan tidak. Biar makin menarik tanpa mengurangi nilai minimalisnya, kamu juga bisa menambahkan bantal yang berbeda warna dengan sofa. Biar sofa terlihat lebih manis dan berwarna tentunya.

Atau kamu bisa memilih sofa dengan bentuk letter L. Biar ruangan terkesan rapi dan terorganisir maksimal. Bahkan kini banyak ragam desain sofa yang juga hadir dengan box penyimpanan yang letaknya di bawah tempat duduk persis, lho. Jadi selain bisa buat tempat duduk sekaligus bisa buat tempat nyimpan barang-barang, seperti bantal atau barang dekoratif misalnya.

Untuk sofa letter L ini, kamu bisa pilih satu saja. Artinya cukup satu sofa itu saja. Kamu bisa menambahkan karpet tebal yang ukurannya cukup besar. Tujuannya agar dapat menutupi hampir seluruh ruang tamu. Desain ruang tamu minimalis ini sangat cocok untuk kamu yang masih muda dan belum berkeluarga dengan banyak anggota keluarga. Jadi sofa saja sudah cukup, kok.

Pokoknya, inti pemilihan furniture untuk ruang tamu minimalis adalah furniture atau perabotan yang dirasa memiliki manfaat untuk siapapun yang berada di ruang tersebut, baik anda dan keluarga maupun tamu. Meletakkan furniture yang berlebihan sama sekali bukan ide yang patut diterapkan di sini, terutama jika ruang tamu kamu berukuran sempit.

Baca Juga : Model Rumah Minimalis

Perhatikan Tata Letak Furniture

Pada dasarnya ruangan minimalis didesain agar terlihat simple dan rapi. Jadi sangat penting bagi kamu selain tepat dalam memilih jenis dan ukuran furniture, juga tepat dalam menata furniture tersebut. Meskipun luas ruangan tidak seberapa, tapi pastikan ruang sirkulasi cukup. Hindari penataan furniture yang dapat menghambat tamu ataupun kamu sendiri berjalan di sekitar ruang tamu dan pintu.

Akan lebih baik lagi jika ruang tamu kamu tidak memiliki batas. Misalnya ruang tamu kamu bersebelahan dengan ruang keluarga, ruang tamu atau ruang dapur, kamu bisa membiarkan ruangan-ruangan tersebut menyatu. Jangan diberi sekat. Kamu bisa meletakkan dua sofa tanpa lengan dan sandaran atau semacam ottoman sebagai pembatas ruangan tersebut. Kan jadi terlihat modern dan menarik.

Jendela Besar Selamatkan Ruangan Sempit

Kalau urusan lahan memang kadang tidak bisa diganggu gugat. Artinya saat kamu mendirikan rumah tersebut ya dengan lahan yang segitu. Apalagi jika rumah kamu di perkotaan yang padat penduduk, pasti lahan susah dicari dan harganya pun melambung tinggi. Tapi tak masalah kok. Kamu tetep bisa punya rumah, terutama ruang tamu yang nyaman dan menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan jendela besar.

Menempatkan ruang tamu di samping jendela yang berukuran sangat besar dapat membuat ruangan yang sempit atau kecil terlihat lebih luas, lega dan terkesan cerah. Selain itu, dengan adanya cahaya matahari yang masuk melalui kaca, jadi kamu bisa hemat biaya listrik. Terutama pada siang hari, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari yang masuk melalui kaca tersebut.

Kombinasi Warna Cat Dinding Ruang Tamu

Warna memang bisa membawa dampak yang berarti bagi suatu ruangan. Jadi kamu perlu memperhatikan dengan baik dan jeli lagi cerdas dalam memilih warna untuk rumah kamu. Apalagi ruang tamu minimalis yang cenderung memiliki ukuran luas yang terbatas. Jadi warna wajib diperhitungkan dengan sangat baik.

Warna netral dan kalem memang identik dengan ruang minimalis. Tapi selain itu, kamu bisa kok bermain dengan warna lain yang lebih terang dan hidup. Asalkan kamu tahu batasan dan aturannya. Intinya, jangan sampai pengaplikasian warna justru bikin ruangan terkesan penuh, berat dan sumpek. Mata pasti pedes mandanginnya. Alhasil, nggak nyaman deh.

Kalau mau bermain warna cerah, pilih antara putih, kuning, biru atau hijau. Sebaliknya, hindari penggunaan tone yang gelap, ya. Karena warna gelap bisa bikin ruang tamu terlihat berat. Banyak contoh desain ruang tamu rumah minimalis yang mengaplikasikan warna netral yang senada untuk sofa, karpet dan dinding. Kamu juga bisa menconteknya, karena memang hasilnya bisa bikin tampilan ruang tamu minimalis jadi lebih elegan dan hangat.

Baca Juga : Kamar Tidur Minimalis

Menambahkan Dekoratif Aksen Atau Artwork

Selain warna, kamu juga bisa mendekorasi ruang tamu minimalis dengan dekoratif akses atau artwork, seperti lukisan. Namun satu hal yang perlu diingat agar ruang tamu minimalis kamu tidak nampak aneh dan berat, yaitu artwork tersebut tidak mengganggu luas lahan pada ruangan tersebut. Dalam hal ini, kamu boleh kok bermain dengan warna yang bertabrakan.

Ya namanya saja seni, jadi wajar jika tampilannya unik dengan perpaduan warna yang artistic. Justru dengan adanya lukisan penuh warna bisa bikin ruang tamu kamu terjauhkan dari kesan membosankan. Yang paling penting ya itu tadi, penempatannya sesuai dan tidak mengganggu luas lahan.

Atau kalau kamu kurang suka artwork, bisa juga menambahkan tanaman hijau. Tujuannya agar ruang tamu minimalis kamu terlihat lebih segar. Namun, peletakannya tentu harus sesuai. Paling tepat, tumbuhan hijau, apalagi yang ukurannya cukup besar paling sesuai diletakkan di pojok. Selain bikin ruangan segar, tanaman hijau super jumbo tersebut bisa jadi focal point ruang tamu. Apalagi jika pojok ruangan tersebut berdekatan dengan sofa, pasti akan sempurna sekali penampilannya.

Kalaupun tidak suka dengan ukuran besar, karena takut bikin ruangan terkesan sumpek, kamu juga bisa memasukkan tanaman hijau berukuran kecil ke dalam vas, kemudian meletakkannya di rak dinding. Nah, rak dinding ini selain hemat tempat, juga bisa bikin ruang tamu nampak elok. Apalagi dengan adanya tambahan berupa dekotarif akses, seperti tanaman hijau. Pastilah ruang tamu minimalis kamu kece dan modern abis.

Ruang tamu minimalis memang tidak membutuhkan furniture atau perabotan yang banyak. Meja dan sofa sudah cukup. Model sofa pun tidak harus yang memakan tempat, karena itu justru bisa menghambat ruang gerak kamu ataupun tamu. Dengan minimnya furniture, tentu bujet yang kamu sediakan untuk memiliki ruang tamu bertema minimalis tentu tidak banyak. Meskipun demikian, kamu bisa membuat ruangan tersebut menjadi berkelas dan mewah dengan pemilihan dekoratif aksen, artwork ataupun warna. Jadi nggak sabar punya ruang tamu minimalis seperti ini. Pasti cantik dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *