10 Desain & Warna Cat Rumah Minimalis Ini Pasti Bikin Kamu Betah

Posted on

Rumah minimalis termasuk jenis desain rumah yang paling digemari. Saat ini, rumah model seperti itu sedang hits di Indonesia. Bukan hanya faktor tampilannya yang sederhana saja yang membuat desain rumah ini booming, tapi juga dapat menciptakan kesan cantik dan berkelas. Kamu yang suka dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesederhanaan atau simple, pasti tergiur untuk memiliki rumah bergaya minimalis.

Sejatinya rumah minimalis memiliki prinsip pemanfaatan. Jadi tidak heran jika rumah-rumah bergaya minimalis pasti terlihat simple di luar dan memiliki sedikit mungkin barang di dalam. Dengan prinsip ini, maka jelas jika rumah minimalis pasti lebih lega dan enak dipandang. Kamu tidak akan menemukan barang-barang yang menumpuk atau berlalu lalang di dalam rumah. Pokoknya nyaman dan bersih, deh.

Sama seperti jenis desain rumah lainnya, rumah minimalis juga butuh pewarnaan menggunakan cat untuk memberikan kesan lebih hidup dan cantik. Namun tidak sembarangan warna bisa diaplikasikan ke rumah bergaya minimalis. Sebenarnya bisa, hanya jika kamu tidak ahli, malah bisa menjadi amburadul dan hilang kesan minimalisnya. Berikut ini beberapa contoh desain dan warna cat rumah minimalis yang bisa kamu tiru dan terapkan. Bisa juga disimpan bagi yang belum memiliki rumah. Siapa tahu nanti terpakai.

Dominasi Warna Putih

Cat Rumah Warna Putih

Warna putih polos sangat cocok jika diterapkan pada rumah minimalis. Pada rumah yang identik dengan ukuran kecil ini, warna cat putih polos pada tembok akan membuat rumah terkesan lebih luas secara visual dan juga cerah. Bahkan warna putih yang diaplikasikan pada rumah minimalis justru dapat menciptakan kesan futuristik pada rumah tersebut. Jika kamu tergolong orang yang menyukai kesederhanaan, pasti suka jika rumah minimalismu dicat dengan warna putih polos. Meskipun tergolong pilihan warna mainstream, namun warna putih timeless untuk dekorasi rumah minimalis.

Pilihan Warna Netral

Interior Ruang Tamu Warna Pastel

Meskipun putih polos termasuk warna netral, rumah minimalis tidak selalu harus dicat dengan warna tersebut. Kamu juga bisa mempercantik rumah gaya minimalis kamu dengan pilihan warna netral lainnya, seperti krem, hitam atau abu-abu. Bahkan warna abu-abu seringkali menjadi pilihan terbaik, karena tampilannya yang elegan.  Kamu juga bisa mengombinasi abu-abu dengan putih. Hasilnya pun tak akan kalah elegan dengan warna putih polos atau warna kelabu yang misterius.

Sementara untuk hitam, tentu tidak akan seru jika keseluruhan rumah dicat dengan warna tersebut. Kamu butuh kombinasi warna yang pas. Putih bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disandingkan dengan hitam. Jadilah hitam-putih. Bahkan campuran warna tersebut menjadi salah satu pilihan warna cat rumah minimalis terbaik di tahun 2018. Kamu bisa mengaplikasikan warna hitam dan putih pada dinding ataupun langit-langit. Hasilnya? Terlihat modern dengan sentuhan lebih inovatif, sehingga layak untuk diterapkan.

Kombinasi Warna Coklat Muda

Light Brown Interior

Jika kamu bosan dengan warna putih polos dan warna netral lainnya, cobalah aplikasikan cat warna coklat muda atau warna hangat kopi susu. Warna semacam ini cocok untuk diaplikasikan ke rumah minimalis, karena dapat membuat rumah tersebut akan terlihat berbeda dalam konteks yang elegan dan manis. Rumah kamu akan terkesan hangat, sehingga bisa bikin betah untuk tinggal lama di dalam rumah.

Warna Pastel Kesan Feminim

Interior Warna Toscha

Warna pastel selalu bisa memberikan kesan manis dan menggemaskan. Itulah mengapa warna semacam ini tidak pernah absen meramaikan bursa warna di dunia desain dan arsitektur. Jika rumah minimalismu ingin terkesan cantik dengan nuansa feminim, cat saja dengan warna pastel, seperti violet, magenta, tosca dan lainnya. Untuk tahun 2018 ini, warna pastel terbaik untuk dekorasi rumah minimalis terbaik adalah warna pastel hijau kebiruan (spruce blue-green).

Kombinasi warna pastel tersebut dapat menciptakan kesan segar dan tenang, sehingga bisa menimbulkan efek relaksasi. Jadi, warna semacam ini sangat pas diterapkan di ruang istirahat ataupun ruang yang membutuhkan ketenangan dan kesegaran. Bahkan warna hijau kebiruan ini juga cocok diaplikasikan untuk eksterior juga.

Kombinasi Dua Atau Tiga Warna

Cat Warna Merah Dan Krem

Warna cat untuk rumah minimalis bisa lebih bervariasi lagi dari warna netral, earthy tone, pastel dan lainnya. Bahkan rumah bergaya semacam ini cenderung akan lebih dapat terlihat modern dengan perpaduan warna yang pas atau disebut dengan warna kombinasi, baik two tone maupun three tone. Warna kombinasi ini bermacam-macam dan kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera atau warna favorit. Misalnya kombinasi warna merah muda, abu-abu dan hitam, warna hijau muda dan abu-abu, orange dan abu-abu, orange dengan krem, dan lain sebagainya.

Warna kontras atau bold

Desain Rumah Warna Kontras

Siapa bilang jika rumah minimalis hanya cocok dicat dengan warna putih polos dan warna netral saja? Nyatanya saat ini banyak rumah-rumah minimalis yang dicat dengan warna-warna kontras dan hasilnya mengejutkan sekali! Cantik, menonjol dan elegan. Tapi tentu saja tidak semua warna kontras dan ngejreng cocok untuk rumah gaya minimalis. Kamu yang sedang mencari inspirasi mengenai cat terbaik untuk rumah dengan desain minimalis perlu mengetahui ilmu, tips dan triknya.

Warna caliente atau spicy red

Kombinasi Cat Warna Merah

Meskipun desain rumah minimalis cenderung terkesan sederhana, namun kamu juga bisa membuatnya menjadi lebih megah. Caranya adalah dengan mengubah tampilan rumah, khususnya tembok dengan warna caliente atau spicy red. Warna-warna semacam berry dan burgundy ini memiliki energy yang kuat. Bahkan tanpa sentuhan dekorasi tambahan lainnya, warna tersebut akan membuat ruangan terasa lebih hidup.

Namun perlu diketahui bahwa warna bold semacam ini tidak dianjurkan untuk diterapkan pada seluruh ruangan, karena dapat menciptakan suasana ‘sumpek’. Sebaiknya warna caliente dikombinasikan dengan warna cat dinding yang lebih kalem, seperti putih gading atau abu-abu.

Warna Oceanside

Paduan Interior Biru Dan Hijau

Elemen air selalu bisa membawa kesegaran dan kedamaian dalam hidup, tak terkecuali di dalam rumah. Jika kamu penyuka suasana pantai atau unsur-unsur elemen air, warna Oceanside atau campuran warna biru dan hijau sangat cocok diaplikasikan ke dinding rumah minimalis.

Apalagi jika rumah minimalis milikmu mendapatkan sinar matahari yang cukup, sehingga pada saat interior rumah terpancar oleh sinar matahari, maka cat dinding warna Oceanside akan berefleksi membentuk seperti bayangan air. Alhasil interior rumahmu serasa seperti pantai yang sesungguhnya. Agar tercipta suasana pantai dan laut yang sempurna, catlah warna kusen jendela dengan warna putih. Sementara untuk furniture, seperti lemari, tempat tidur, kursi dan meja dapat mengaplikasikan warna netral, baik coklat ataupun hitam.

Faktanya memang tidak susah untuk mendekorasi rumah minimalis agar nampak modern, cantik dan elegan. Beberapa jenis warna cat tersebut di atas sangat cocok untuk diterapkan di rumah minimalis. Apalagi jika rumah kamu memiliki cukup celah untuk sinar matahari masuk ke dalam rumah, sehingga akan membuat warna-warna tersebut terlihat lebih bisa memberikan hidup. Dari pilihan-pilihan di atas, warna apa yang paling cocok untuk selera dan rumahmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *