10 Manfaat Dan Zat Aktif Dalam Tumbuhan Sarang Semut Papua

Sebutan “sarang semut” mungkin lebih dikenal untuk gundukan tanah yang dibangun oleh kawanan semut sebagai sarang atau rumahnya. Namun ternyata julukan tersebut juga digunakan untuk sebuah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, yang mana bentuknya sangat mirip dengan rumah tanah buatan semut dengan warna coklat tua dan lengkap dengan lekukan-lekukannya.

Ada beragam jenis sarang semut di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah seperti sarang semut Papua, sarang semut Jawa, sarang semut Maluku dan sarang semut Kalimantan dengan berbagai jenis warna seperti putih, hitam, dan merah.

Tanaman Sarang Semut

Senyawa Aktif  Tumbuhan Sarang Semut

Tanaman yang juga ada di Afrika tersebut juga memiliki beragam manfaat sarang semut untuk kesehatan tubuh. Meski hanya terlihat seperti tanaman liar biasa, namun ternyata sarang semut mengandung berbagai senyawa kimia dan nutrisi yang tinggi, seperti berikut ini:

Flavonoid
Senyawa tersebut termasuk dalam golongan senyawa bahan alam yang terbentuk dari senyawa fenolik yang juga merupakan pigmen dari tumbuhan.

Tanin
Senyawa tanin merupakan polifenol tanaman yang memiliki rasa pahit serta bisa mengikat dan mengendapkan protein

Fosfor
Senyawa tersebut mampu berperan dalam menyerap kalsium serta memproduksi energi. Selain senyawa tersebut, manfaat sarang semut juga sangat berkhasiat karena mengandung vitamin C, karbohidrat, magnesium, kalsium, natrium, seng, zat besi, alfa-tokoferol, dan masih banyak lagi.

Khasiat  Sarang Semut Papua

Adapun manfaat sarang semut untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dengan kandungan tokoferol dan flavonoid, manfaat sarang semut mampu mencegah penggumpalan darah yang menjadi salah satu penyebab naiknya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Adapun hipertensi yang dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan timbulnya penyakit stroke dan jantung. Maka dari itu, bagi Anda yang menderita hipertensi, alangkah baiknya jika rutin mengonsumsi sarang semut untuk menormalkan kembali tekanan darah.

Mencegah Kanker
Beberapa jenis kanker memang merupakan suatu penyakit mematikan yang sulit untuk diobati, namun ternyata manfaat sarang semut juga mampu mencegah bahkan mengobati beberapa jenis kanker dan tumor. Kandungan flavonoid mampu menyembuhkan berbagai jenis kanker, seperti kanker otak, liver, kanker darah, dan jenis kanker lainnya dengan cara inaktivasi karsinogen, menghambat siklus sel, induksi apoptis dan mekanisme penyembuhan alami lainnya.

Mengatasi Rematik
Rematik yang merupakan sebuah penyakit persendian tersebut biasanya menyerang manusia dengan usia lanjut. Namun dengan beberapa kandungan zat aktif pada sarang semut seperti antioksidan dan senyawa flavonoid mampu menghambat meningkatnya produksi enzim oxidase yang menyebabkan terjadinya rematik.

Meningkatkan Stamina Tubuh
Manfaat sarang semut selanjutnya adalah mampu membantu meningkatkan stamina tubuh. Dengan mengonsumsi sarang semut secara rutin, stamina tubuh Anda akan lebih kuat sehingga tubuh tidak mudah lelah serta menurunkan risiko terserang berbagai penyakit. Dengan kandungan senyawa flavonoid dan nutrisi yang tinggi pada sarang semut, sistem kekebalan tubuh pun akan turut meningkat sehingga tubuh tidak rentan dengan penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

Mengobati Diabetes
Penyakit diabetes atau meningkatkan kadar gula dalam darah yang tidak normal memang tidak bisa diabaikan begitu saja, karena jika sudah parah malah akan memicu muncul berbagai penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, untuk mengobati dan mencegahnya semakin parah, Anda bisa mengatasinya dengan sarang semut. Kandungan flavonoid pada sarang semut selain mampu berperan sebagai antioksidan dan anti virus juga mampu membantu menetralkan kembali kadar gula dalam darah.

Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat sarang semut juga sangat berpengaruh dalam menjaga kesehatan jantung. Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, jantung haruslah benar-benar dijaga kesehatannya agar bisa berfungsi secara normal. Untuk mencegah terjadinya penyakit jantung atau kardiovaskuler, sarang semut dengan kandungan mineralnya yang beragam seperti kalsium dan kalsium ternyata mampu berperan dalam menjaga kesehatan jantung.

Meredakan Alergi
Meningkatnya produksi zat histamin dalam tubuh merupakan salah satu penyebab munculnya alergi. Oleh karena itu, dengan kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan dan anti bakteri mampu meredakan alergi dengan cara menekan produksi histamin tersebut.

Mengatasi Gangguan Fungsi Ginjal
Manfaat sarang semut berikutnya yakni mampu mengatasi gangguan fungsi ginjal. Ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah dan lain-lain jika mengalami masalah kesehatan, akan menyebabkan terjadinya gangguan fungsi ginjal. Maka dari itu untuk menjaga kesehatan dan mengatasi gangguan fungsi ginjal, sarang semut dengan kandungan tokoferol, antioksidan, multi mineral, dan senyawa flavonoid mampu mengatasi berbagai gangguan fungsi ginjal serta prostat.

Mengobati Wasir
Wasir atau penyakit pencernaan yang terjadi pada daerah anus biasanya ditandai dengan pembengkakkan pada daerah anus dan keluarnya darah saat buang air besar. Dengan kandungan tokoferol dan senyawa flavonoid, sarang semut mampu menyembuhkan luka pada sekitar anus serta meringankan rasa sakit akibat wasit tersebut.

Mengobati Maag
Manfaat sarang semut lainnya yakni mampu mengatasi penyakit pencernaan, maag. Penyakit yang menyebabkan rasa nyeri pada lambung tersebut diakibatkan oleh meningkatnya produksi asam klorida. Penyakit maag yang tidak segera ditangani lama kelamaan akan menjadi maag akut yang berbahaya. Maka dari itu, bagi Anda yang menderita maag, Anda bisa mengobatinya dengan bantuan sarang semut yang mengandung zat anti virus dan anti bakteri pada senyawa flavonoid.

Meski keberadaan sarang semut sedikit susah dicari, namun mengingat manfaat sarang semut sangatlah beragam, maka sarang semut tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif obat herbal yang ampuh dan aman dikonsumsi.