Tata Cara Dan Manfaat Sholat Dhuha Untuk Rezeki Barokah

Posted on

Selain sholat tahajud, kamu tentu sudah familiar juga dengan sholat dhuha, kan? Sholat dhuha ini identik dengan upaya hamba Allah dalam mendapatkan rezeki. Memang begitulah adanya. Jadi buat kamu yang pengen rezekinya lancar jaya seperti jalan tol, jangan pernah lewatkan sholat satu ini. Bahkan kalau kamu tahu manfaat lengkap sholat dhuha ini, pastilah kamu akan merasa rugi jika tidak menjalankannya.

Faktanya banyak orang-orang sukses telah membuktikan kehebatan dari keutamaan menunaikan sholat sunnah ini. Kamu pernah melakukannya atau belum pernah sama sekali? Belum terlambat kok, kamu bisa memulainya hari ini dengan mempelajari tata cara dan mengetahui manfaatnya terlebih dahulu, agar lebih mantap dan khusyuk.

Tata Cara Sholat Dhuha

sholat Dhuha

Pada dasarnya, baik itu sholat wajib maupun sunnah sama saja gerakannya. Yang membedakan hanya niat, berapa jumlah gerakan dan doa-doa yang disematkan, terutama pada akhir sholat. Meskipun demikian, kamu patut mengetahui secara pasti tuntunan tata cara sholat yang baik dan benar, agar sholat kamu diterima. Berikut ini tata cara sholat dhuha yang sesuai dengan tuntunan islam yang benar;

  1. Niat diucapkan di dalam hati. Dapat dilakukan dengan bahasa Arab atau bahasa ibu. Yang penting hati mengerti bahwa niat untuk menunaikan sholat dhuha diniatkan karena Allah SWT.
  2. Takbiratul ikhram, kemudian melafadzkan doa iftitah.
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat Al Qur’an. Sholat dhuha akan lebih afdhol jika membaca surat Adh-Dhuha, surat Al-Lail, surat Asy-Syarh dan surat Asy-Syams.
  5. Ruku’ dengan bacaan tasbih sebanyak tiga kali.
  6. I’tidal sembari membaca bacaan I’tiidal
  7. Sujud sembari membaca bacaan sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Ulangi tata cara sholat dhuha pada urutan kelima sampai urutan kesembilan dengan tuma’ninah.
  12. Tahiyat akhir
  13. Salam sebanyak dua kali.

Tata cara sholat dhuha dari gerakan ruku’ hingga tahiyat akhir dilakukan dengan tuma’ninah atau khusyuk. Jika sholat dhuha dilakukan lebih dari dua rakat, maka tata cara sholatnya juga tetap sama dan jika sudah dua rakaat selesai, maka ucapkan salam sebanyak dua kali. Begitu seterusnya.

Manfaat Sholat Dhuha

Sholat Dhuha memang erat kaitannya dengan permintaan pemberian rezeki. Namun tidak hanya itu, sholat dhuha juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting dan hebat, yaitu;

Sholat dhuha sangat baik untuk kesehatan rohani

Ternyata manfaat utama dari sholat dhuha justru karena faktor kesehatan rohani. Dengan rajin dan khusyu’ menjalankan sholat ini, maka kamu akan merasakan jiwa yang lebih tenang. Apalagi rezeki yang kamu peroleh cukup, sehingga ketenangan akan semakin dalam. Jika hidup telah tenang, tentunya kamu bakal jauh dari yang namanya stress.

Nah, kalau diri bebas stress, tentulah akan terjauh dari penyakit-penyakit lainnya. Terutama penyakit rohani. Tidak percaya? Cobalah untuk mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat dhuha. Dari air yang mengalir, kemudian meresap ke permukaan kulit tersebut, kamu bakal langsung merasakan batin dan pikiran menjadi lebih tenang.

Sholat dhuha bermanfaat untuk kesehatan

Sangat beralasan jika sholat dhuha dapat membuat tubuh tetap sehat. Pasalnya, sholat ini dikerjakan dengan beberapa gerakan yang tidak hanya akan melenturkan tulang tapi juga menyehatkan tubuh. Sholat wajib 5 waktu saja dapat menyehatkan tubuh, apalagi sholat dhuha yang notaben-nya dikerjakan pada waktu pagi hari, dimana waktu tersebut merupakan waktu paling bagus untuk berolahraga.

Hal ini sangat wajar dan dapat dibuktikan, karena dalam sholat terdapat gerakan-gerakan yang dapat menjaga kesehatan, terutama tulang dan otot. Terutama pada gerakan persendian tangan, siku, lutut dan kaki. Jadi, tanpa kamu sadari, kamu bisa sekalian berolahraga, kan? Tapi tentu saja tidak sah sholatnya jika niatnya adalah untuk olahraga. Ini hanya bagian dari manfaat sholat dhuha saja.

Sholat dhuha sarana kelancaran rezeki dan kesuksesan

Tidak dapat dipungkiri lagi jika kesuksesan seseorang pada umumnya dilihat dari rezeki yang ia miliki, terutama rezeki dalam bentuk materi tentunya. Tahukah kamu jika banyak orang yang telah membuktikan kehebatan manfaat sholat dhuha untuk mendapatkan rezeki yang melimpah dan kesuksesan di dunia? Kamu bisa membaca kesaksian mereka di banyak tempat, terutama di sosial media.

Meskipun demikian, bukan berarti hanya dengan melakukan sholat dhuha saja kemudian rezeki dan kesuksesan akan datang. Tidak! Kamu tetap perlu berusaha, bekerja keras dan ikhtiar. Kamu bekerja dengan berusaha, maka Tuhan akan bekerja juga untuk kamu melalui amalan sholat dhuha yang kamu kerjakan dengan khusyuk dan rutin. Inshaa Allah menjadi berkah yang nyata.

Sholat dhuha berpengaruh pada penampilan

Kamu pengen tampil cantik dan menarik? Siapapun pasti bohong jika menjawab dengan kata tidak. Tidak perlu mahal-mahal buat beli produk perawatan kecantikan. Cukup sholat dhuha yang rutin dan khusyuk, maka diri dan wajah akan terpancar cerah, bercahaya dan berseri-seri.

Wajah yang cerah, bercahaya dan berseri ini didapat dari basuhan air wudhu yang notaben-nya pasti juga turut menjaga kebersihan muka dan bagian-bagian yang dibasuh lainnya, seperti kedua tangan dan kaki. Tidak hanya itu, dengan wudhu, maka kulit akan kencang, tidak mudah kendur dan awet muda tentunya.

Kalau ada cara mempercantik diri yang gratis, kenapa mesti ngeluarin duit yang banyak? Tapi tetap, sholat dhuha dilakukan dengan khusyuk dan ikhlas. Tidak semata karena ingin tampil cantik. Karena cantik dengan kulit bercahaya pasti akan didapat secara otomatis dari efek baik wudhu.

Selain tata cara dan manfaat, mengetahui kapan waktu yang terbaik untuk menjalankan sholat dhuha juga perlu kamu ketahui, agar sholat yang kamu jalankan diterima oleh Allah SWT dan manfaatnya pun bisa kamu rasakan.

Menurut HR. Muslim, waktu terbaik untuk menjalankan sholat dhuha adalah ketika anak unta mulai kepanasan. Yaitu dimulai dari setelah matahari terbit dan meninggi hingga setinggi tombak atau kira-kira 15 menit setelah matahari terbit. Sementara akhir waktu sholat dhuha adalah saat matahari akan tergelincir ke arah barat.

Kira-kira waktu atau jam yang baik untuk menunaikan sholat sunnah dhuha adalah antara jam 06.00, 08.00 hingga jam 11.00 atau waktu mendekati dzuhur. Setelah menunaikan sholat sunnah dhuha, akan lebih baik jika kamu juga meneruskannya dengan mengamalkan ibadah lainnya, seperti melakukan dzikir.

Siapa orang yang tidak pengen punya rezeki lancar dan banyak, hidup sukses, sehat dan penampilan menarik. Rasanya akan terasa sempurna jika memiliki semua kriteria seperti itu. Kamu juga pasti tergiur dengan manfaat yang akan didapat dengan menunaikan sholat dhuha ini kan? Yang pasti tunaikan sholat sunnah ini diniatkan hanya karena Allah SWT. Sempurnakan juga dengan ibadah sunnah lainnya seperti halnya sholat tahajud pada sepertiga malam. Niscaya manfaat dan keutamaan dari sholat ini bisa kamu dapatkan. Amiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *