Ketahui Tata Cara Dan Manfaat Sholat Hajat Agar Keinginanmu Terkabul

Sebagai seorang manusia kita pastinya mempunyai keinginan atau target yang akan dicapai. Salah satu cara untuk mencapai mimpi kita selain dengan usaha adalah ikhtiar kepada Allah SWT. Jika kita terus berdoa dengan rajin, maka Allah pasti mengabulkan keinginan kita. Tentunya selama keinginan tersebut bukan keinginan buruk yang menyimpang dari ajaran agama Islam.

Di samping berdoa, kita juga perlu rajin melaksanakan ibadah, terutama Sholat Hajat. Ibadah ini memang diperuntukkan bagi kita yang punya keinginan tertentu dan mengharap keridhoan dari Allah. Sholat Hajat sendiri termasuk sholat yang bersifat sunnah. Jika usaha dan ikhtiar kita lakukan secara kontinyu tanpa henti, maka kamu pasti akan mendapatkan jawaban yang setimpal dari Allah. Karena kekuasaan Allah tak perlu diragukan lagi. Tugas kita adalah meyakinkan Allah bahwa kita bersungguh-sungguh terhadap keinginan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita perhatikan bagaimana tata cara dan manfaat sholat hajat bagi kehidupanmu yang lebih baik.

Sholat Hajat

Tata Cara Sholat Hajat

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tata cara yang benar dalam sholat hajat, ada baiknya kamu ketahui dulu tentang dasar-dasarnya. Sholat hajat ini merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan paling sedikit sejumlah 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Sementara waktu pengerjaannya bebas, tidak terikat waktu tertentu seperti sholat wajib. Kamu bisa mengerjakannya di siang maupun malam hari.

Tapi, akan lebih afdol jika dikerjakan pada waktu malam hari, terutama sepertiga malam, yang biasa disebut dengan sa’aul ijabah. Di mana waktu tersebut merupakan waktu yang sangat tepat untuk berdoa kepada Allah, karena kemungkinan besar doa-doamu akan diijabah.

Nah, sekarang saatnya membahas tentang tata cara sholat hajat yang benar. Seperti ibadah lainnya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah niat. Tanpa niat, ibadah akan terasa hampa. Berikut langkah-langkahnya :

Menunaikan Niat

Bacaan niat untuk sholat hajat adalah :

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aala. Artinya adalah seperti ini, “Aku berniat untuk menunaikan sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Gerakan sholat sama dengan gerakan yang biasanya. Setelah membaca niat, kamu dianjurkan membaca do’a iftitah.
Setelah membaca iftitah, bacalah surat Al Fatihah.
Setelah selesai membaca Al Fatihah, bacalah salah satu surat yang ada di Al Qur’an. Lebih baik jika membaca surat pendek Al Kafirun sebanyak 10 kali dan rakaat keduanya dengan membaca surat pendek Al Ikhlas sebanyak 11 kali.
Lanjutkan dengan gerakan Ruku’ dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali.
Berikutnya adalah gerakan I’tidal dengan bacaannya.
Sujud dan membaca bacaan tasbih sebanyak tiga kali.
Gerakan duduk diantara dua sujud beserta bacaannya.
Sujud lagi dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali.
Jika rakaat pertama selesai, lanjutkan rakaat kedua dengan bacaan dan gerakan yang sama. Kemudian terakhir diikuti dengan bacaan tasyahud akhir setelah sujud dan diakhiri dengan membaca salam sebanyak dua kali.

Setelah sholat selesai, kamu bisa melakukan gerakan sujud satu kali dibarengi dengan doa :

Tsubhaanallahi walhamdulillahi walaailahaillallah wallahuakbar sebanyak 10 kali
Allahumma sholli’alaa syayyidinaa muhammadin wa’alaa ali syayyidina muhammad sebanyak 10 kali.
Robbanaa ainaa fiddunyaa hasanah wafil aakhiroti hasanah wakinaa ‘adzabannaar sebanyak 10 kali

Selanjutnya adalah dengan berdoa membaca istighfar sebanyak 100 kali. Kamu bisa menggunakan kalimat istighfar biasa atau Astagfirullaha rabbi minkulli dzanbin wa atuubu ilaiih, yang artinya, “Aku memohon ampunan kepada Tuhanku, dari segala dosa, dan aku bertaubat kepada-Mu”.

Selepas membaca istighfar, bacalah sholawat nabi sebanyak 100 kali, yang berbunyi Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatarridhaa wardha ‘an ashaabihir ridharridhaa, yang artinya, “Ya Allah, berilah karunia kesejahteraan atas junjungan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai, dan diridhailah daripada para sahabat sekalian”.

Terakhir adalah dengan membaca bacaan sholat hajat, yakni yang berbunyi :

Laailaha illallahul haliimul kariimu subhaanallahi rabbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin. As’aluka muujibaari rahmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata minkulli birri wassalaamata minkulli itsmin laa tada’lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.

Artinya : Tiada lagi Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut lagi Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan yang memelihara surga nan Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan dari-Mu dan mendapatkan keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Manfaat Sholat Hajat

Adapun manfaat melaksanakan Sholat Hajat dengan rajin adalah :

Mampu Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Manfaat pertama yang didapatkan dengan melaksanakan Sholat Hajat adalah membuat diri semakin dekat dengan Sang Pencipta. Tapi tak hanya Sholat Hajat saja, semua kegiatan yang didasari dengan ibadah merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi, kamu akan merasa imanmu bertambah jika semakin dekat dengan-Nya.

Merupakan Jalan Untuk Terkabulnya Doa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Sholat Hajat adalah bentuk ibadah yang dilakukan ketika kita mempunyai hajat tertentu. Maka jelaslah manfaat sholat hajat ini supaya hajat atau keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Jiwa Dapat Terhindar Dari Bahaya

Sholat Hajat juga bermanfaat untuk menghindarkan kamu dari segala marabahaya yang mengancam. Semua jenis ibadah sifatnya baik, termasuk sholat hajat ini, sehingga mampu mencegah kita dari segala jenis bahaya.

Terhindar Dari Kesulitan

Manfaat selanjutnya selain dapat menghindarkan jiwa dari marabahaya adalah Sholat Hajat bisa juga menghindarkan kita dari segala kesulitan. Dengan melakukan ibadah yang kontinyu dan selalu berdoa kepada Allah SWT, maka insyaAllah kamu pun akan diberi kemudahan urusan oleh-Nya.

Sebagai Sarana Untuk Beribadah

Selanjutnya, manfaat Sholat Hajat adalah sebagai sarana ibadah kita. Sholat adalah salah satu jenis ibadah yang paling mulia, sehingga otomatis sholat hajat juga merupakan ibadah mulia yang dilakukan semata-semata karena Alah SWT.

Diberikan Petunjuk dan Kemudahan

Ketika melaksanakan ibadah Sholat Hajat, maka hubunganmu dengan Allah akan semakin dekat. Hubungan yang semakin dekat ini bisa kamu pergunakan untuk berdoa sebanyak-banyaknya untuk memohon petunjuk tentang semua urusan yang sedang kamu lakukan. Maka, dengan ridho dari-Nya, kamu akan diberi petunjuk yang jelas oleh-Nya.

Mendapatkan Kasih Sayang Dari Allah SWT

Allah menyukai hamba-hamba yang senantiasa beribadah dan berusaha mendekatkan diri pada-Nya. Dengan melakukan sholat hajat adalah salah satu bentuk pendekatan dirimu kepada-Nya. Kamu pun akan mendapatkan kasih sayang berlimpah dari-Nya.

Hati Menjadi Lebih Tenang

Saat kamu memiliki sebuah keinginan yang kuat tapi tidak dibarengi dengan melakukan ibadah sholat hajat, maka hatimu pun tidak akan tenang. Kamu akan terus terpikirkan bagaimana caranya untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut. Namun setelah melakukan sholat hajat dan berdoa, maka kamu akan mendapatkan ketenangan batin. Kamu tidak akan terpikirkan hal-hal yang rumit karena percaya Allah akan memberikan yang terbaik.

Mendapatkan Jaminan Surga

Selain doa yang terkabul, melakukan sholat hajat bisa membuatmu mendapatkan jaminan surga. Hal ini membuktikan bahwa kamu sedang menjalankan perintah Allah. Orang-orang yang menjalankan perintah Allah akan mendapatkan jaminan berupa surga.

Meningkatkan Keyakinan Diri Pada Allah

Dengan melakukan sholat hajat, maka berarti kamu berserah diri kepada Allah dan mempercayakan semua urusanmu pada-Nya. Ini membuatmu semakin yakin pada Allah bahwa Sang Pencipta pasti akan mengabulkan doamu.

Itu dia tata cara dan manfaat sholat hajat yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin melaksanakan sholat ini, jangan lupa untuk mengamalkan tata caranya dengan benar ya. Selain itu, agar doa segera dikabulkan Allah, maka perbanyak Sholat Tahajud pada saat malam hari. Semoga bermanfaat.