Tata Cara Dan Manfaat Sholat Tahajud Bagi Kehidupan Dunia Akhirat

Pastinya kita sudah sangat familiar kan dengan yang namanya sholat tahajud? Yap! Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah malam yang sangat baik untuk dijalankan. Bahkan sholat yang dikerjakan minimal dua rakaat ini disebut-sebut sebagai salah satu cara ajaib untuk mendapatkan pertolongan Allah SWT. Jadi wajar kalau sholat ini paling sering disarankan, terutama jika kita ingin meminta sesuatu, mencari ketenangan ataupun ingin lebih dekat dan cinta kepada Sang Pencipta kita, Allah SWT.

Dengan sholat tahajud yang khusyuk, apalagi rutin dikerjakan, pastilah akan ada manfaat besar yang lahirnya dari dalam hati. Paling tidak kita akan terasa sangat dekat dengan Allah SWT. Perasaan pun menjadi lebih tenang dan damai. Kamu pernah melakukan sholat malam ini? Sudah berapa kali? Sering atau belum sama sekali?

Sholat Tahajud

Manfaat Sholat Tahajud

Memang benar bahwa sholat yang dilakukan malam hari, apalagi syaratnya harus bangun tidur, membuat kita yang kurang memiliki iman dan kemauan yang keras merasa malas. Tapi coba deh baca manfaat sholat tahajud terlebih dahulu di bawah ini. Siapa tahu kamu tergiur dan tergugah hatinya untuk segera melaksanakannya mulai nanti malam. Apalagi jika sampai tergugah imannya untuk mantap rutin melakukannya. Subhanallah, niat yang keren sekali itu!

1. Segala macam doa akan dikabulkan

Sesuai dengan bunyi Al-Hadis, Allah akan turun ke langit di waktu sepertiga malam terakhir dan pasti akan mengabulkan doa hamba-hambaNya yang mengerjakan sholat tahajud sembari berdoa di akhir sholatnya. Jadi, kamu mau doa apa saja, pasti akan dikabulkan jika doanya setelah sholat tahajud. Kira-kira kamu punya doa apa untuk dipanjatkan nanti malam?

2. Derajat akan diangkat ke tempat yang terpuji

Derajat manusia di dunia mah tidak apa-apanya. Paling mentok jadi bangga. Tapi akan lain halnya dengan yang mengangkat derajatnya adalah Allah SWT. Pastilah bermakna sangat tinggi. Sesuai dengan janji Allah yang tertera pada Al-Qur’an Surat Al-Isra (17);(79) bahwa barang siapa yang bertahajud pada sepertiga malam, maka Tuhan akan mengangkat derajatmu ke tempat yang terpuji. Tapi inget, ya. Sholat tahajudnya harus ikhlas dan khusyuk tentunya. Biar amalannya diterima oleh Allah SWT.

3. Mendapatkan kemuliaan dunia akhirat

Hidup di dunia adalah untuk mencari bekal hidup kekal di akhirat. Itu fakta. Nah, salah satu manfaat sholat tahajud adalah kamu bisa mendapatkan kemuliaan di kedua alam tersebut. Tidak hanya alam dunia tapi juga alam akhirat. Hal ini sesuai dengan keterangan hadis Rasullullah SAW yang menerangkan bahwa siapapun yang sholat tahajud dengan khusyuk, benar, dan ikhlas, maka akan diberi 9 macam kemuliaan, yaitu 5 diantaranya kemuliaan di dunia dan 4 kemuliaan di akhirat. Yakin kamu nggak mau hidup mulia di dunia dan di akhirat? Banyak keuntungan bisa kamu rasakan jika hidup mulia. Rasa tenang, damai dan bahagia pasti.

4. Mendekatkan diri kepada Allah

Ada banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan mendekatkan diri kepada Allah. Beberapa diantaranya adalah mendatangkan rasa damai, tenang dan bahagia. Jika kita telah memiliki ketiga rasa tersebut, pastilah hidup akan teras ringan dan menyenangkan bukan? Itulah mengapa sholat tahajud sangat disarankan. Terutama bagi orang yang merindukan kebahagiaan dan ketenangan hidup.

5. Menyehatkan tubuh dan mengusir segala macam penyakit

Sholat tahajud juga dapat menyehatkan tubuh serta dapat mengusir segala macam penyakit. Sholat mala mini dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bukan omong kosong belaka, karena manfaat sholat tahajud ini telah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Lagi pula sudah banyak orang yang telah membuktikan kebenarannya. Bahkan ada yang membuktikan bahwa sholat tahajud bisa bikin otak semakin cemerlang dan wajah terlihat awet muda. Wah…siapa yang tidak pingin selalu tampil cantik luar dan dalam? Makanya, rutinkan sholat tahajud, yuk!

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud sudah boleh dilaksanakan sejak setelah waktu ‘isya hingga menjelang subuh. Selain itu, meskipun kamu menjalankan sholat sunnah dua rakaat, namun tidak bisa dinamakan sholat tahajud. Karena pada dasarnya sholat tahajud adalah sholat yang dikerjakan khusus pada malam hari. Bahkan tidak sembarangan waktu malam hari saja setelah isya hingga subuh. Kamu harus sudah tidur terlebih dahulu, baru sah menjalankan sholat tajahud. Ini wajib dijadikan dipahami, karena syarat melaksanakan sholat tahajud adalah tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya cuma sebentar sekali.

Waktu isya sampai subuh kan panjang tuh, terus kapan waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud? Banyak yang bertanya seperti ini. Pada dasarnya, waktu malam itu terbagi menjadi tiga bagian, yaitu

  • Awal malam (kira-kira sejak maghrib hingga jam 10-an malam)
  • Sepertiga kedua malam (kira-kira jam 10-an hingga jam 2-an malam)
  • Sepertiga terakhir malam (kira-kira jam 2-an malam hingga menjelang waktu shubuh. Nah, inilah waktu terbaik untuk mengejarkan sholat tahajud.

Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat tahajud dikerjakan minimal sebanyak dua rakaat dan maksimal 8 hingga 12 rakaat. Ada juga yang menyebut sholat tahajud tidak terbatas raka’atnya. Artinya kamu bisa mengerjakan rakaat sebanyak yang kamu mampu. Yang terpenting, seperti sholat sunnah lainnya, sholat tajahud dikerjakan dengan dua-dua rakaat. Setiap dua rakaat harus salam terlebih dahulu, baru kamu boleh melanjutkan kembali. Dan berikut ini tata cara sholat tahajud dari mulai niat hingga salam;

  1. Qashad niat. Adapun lafadh niat sholat tahajud bisa diucapkan di dalam hati menggunakan bahasa daerah masing-masing. Yang terpenting niat tersebut memiliki arti bahwa “Aku niat sholat sunnah tahajud dua raka’at, karena Allah ta’ala.”
  2. Takbiratul ihram (bacaan Allahu Akbar), kemudian diikuti dengan pengucapan doa iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat atau ayat Al Quran. Surat yang bacaannya panjang lebih disarankan, sebagaimana Rasullullah telah contohkan. Meskipun hukum membaca surat atau ayat adalah sunnah, namun sangat bagus jika kamu melakukannya.
  5. Ruku’
  6. I’tidal
  7. Sujud dua kali
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri kembali untuk menjalankan rakaat kedua
  11. Ulangi tata cara dari nomor 5 hingga nomor 7
  12. Tahiyat akhir
  13. Salam

Setelah salam, kamu bisa melafadzkan doa yang ingin kamu panjatkan kepada Allah SWT. Kemudian setelah itu, bisa ditutup sholat tahajud kamu dengan sholat witir. Semua tata cara sholat tersebut wajib dilakukan secara tuma’ninah.

Doa Sholat Tahajud

Gampang sekali kan tata cara sholat tahajudnya? Kamu yang biasa sholat wajib pasti langsung hafal. Apalagi jika tahu manfaat sholat tahajud yang luar biasa ini, pasti langsung berbisik pada diri sendiri bahwa “mulai nanti malam aku akan melakukannya”. Bayangkan Allah telah menjamin doa-doa hambaNya akan pasti terkabul jika rajin dan khusyuk melaksanakan sholat sunnah malam ini. Apalagi dengan manfaat-manfaat lainnya yang sangat tinggi nilainya. Tidak hanya untuk urusan dunia, tapi juga akhirat. Yakin nggak tertarik?

Ummu Nadia

Professional Blogger Concern Bidang Jurnalistik & Humaniora. Alumni Fakultas Sastra Universitas Airlangga Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *