10 Sungai Terpanjang Di Dunia Ini Punya Potensi Luar Biasa. Apa Saja ?

Posted on

Sungai merupakan salah satu sumber alam yang memiliki peranan sangat penting bagi manusia dan makhluk lain di sekitarnya. Sungai memiliki banyak manfaat bagi makhluk di sekelilingnya seperti contohnya sebagai tempat terbentuknya suatu ekosistem, menampung air hujan, dan sebagai sumber makanan bagi manusia dan makhluk lain.

Sungai memiliki banyak hal unik dan menarik, yang salah satunya ialah setiap sungai memiliki panjang dan kedalaman yang berbeda-beda. Percayakah kamu kalau di dunia ini, ada sederet sungai yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia? Lalu, apa saja nama sungai yang masuk dalam nominasi sungai terpanjang di dunia?

Bagi kamu yang menyukai tantangan dan petualangan alam, maka beberapa sungai terpanjang ini bisa kamu jelajahi untuk mencari kesenangan dan menambah ilmu wawasanmu.

1. Sungai Nil – Afrika Timur

Sungai Nil - Shutterstock
Sungai Nil – Shutterstock

Sungai Nil merupakan sungai terpanjang yang berhasil mengalahkan Sembilan sungai yang dinobatkan sebagai sungai paling panjang di dunia. Sungai ini ialah sungai yang terletak di Afrika Timur dan memiliki panjang kurang lebih 6.650 km. Sedangkan untuk saluran pembuangan airnya seluas 3.254.555 km2. Sungai Nil ini menjadi sumber air terpanjang bagi warga Afrika Timur. Airnya mengalir melalui Gurun Sahara dan bermuara di Laut Mediterania.

Menjelajahi Sungai Nil merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan. Di sini kamu bisa mengetahui secara langsung tentang panjang dari Sungai Nil itu sendiri. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang dengan berbagai macam keunikan. Tahukah kamu bahwa di Afrika sendiri, ada 11 negara yang memiliki ketergantungan pada Sungai Nil. Kesebelas negara tersebut ialah Mesir, Sudan, Sudan Selatan, Ethiopia, Eritrea, Kenya, Kongo, Burundi, Tanzania, Uganda, dan Rwanda. Sedangkan negara yang sangat bergantung pada Sungai Nil ini ialah Mesir dan Sudan. Di negara tersebut, Sungai Nil dijadikan sebagai sumber alam yang sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakatnya.

2. Sungai Yangtze – Cina

Negara Cina memang terkenal memiliki banyak sungai yang memiliki panjang luar biasa. Salah satunya yang terpanjang ialah Sungai Yangtze. Sungai ini masuk dalam kategori sungai terpanjang di dunia di urutan kedua. Sungai Yangtze ini menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia yang memiliki panjang hingga mencapai 6.814 km.

Sungai Yangtze merupakan salah satu ikon yang menjadi daya tarik bagi para pelancong dalam negeri maupun mancanegara. Yang menjadi salah satu alasan banyak pelancong yang tertarik untuk menjelajahi sungai ini karena Sungai Yangtze memiliki hulu di Tanggula dan di Cina yang letaknya ada di Cina sebelah barat, Provinsi Qinghai. Sungai Yangtze ini pun memiliki manfaat seperti halnya sungai Nil yang sebagaimana digunakan sebagai sumber kehidupan bagi beberapa negara. Ada 11 negara yang memanfaatkan Sungai Yangtze sebagai sumber kehidupan contohnya seperti Shanghai, Yunnan, Hunan, Tibet, Jiangsu, Sichuan, Hubei, Sianghai, Chingqing, Anhui.

Baca Juga : Kolam Renang Terbesar Di Dunia

3. Sungai Amazon – Amerika Selatan

Siapa yang tidak kenal lagi dengan sungai yang sangat fenomenal yaitu Amazon? Sungai Amazon merupakan sungai yang terkenal dengan panjangnya yang luar biasa. Selain itu, sungai ini pun sangat terkenal dengan kengeriannya karena banyak ekosistem hewan buas yang hidup dalam sungai tersebut. Oleh sebab itu, Sungai Amazon lebih dikenal dengan sungai yang sangat panjang dan sangat berbahaya.

Sudahkah kamu tahu, Sungai Amazon memiliki panjang sungai yang sangat fantastis ukurannya yaitu mencapai hingga 6.400 km. Dengan panjang sungai yang membentang, Amazon ini sangat terkenal dengan ekosistem hewan yang tinggi di sungainya seperti piranha, anaconda, dan masih banyak binatang-binatang air buas yang tinggal di dalam sungai tersebut. Sungai Amazon ini sangat cocok dijelajahi bagi kamu yang memang menyukai penelitian dan tantangan hebat! Dan bersiaplah untuk beruji nyali saat menjelajahi sungai fenomenal ini!

4. Sungai Mississippi – Amerika Utara

Benua Amerika memang terkenal memiliki sederet sungai yang memiliki luas dan panjang yang sangat luar bisa. Selain Sungai Amazon, ada pula Sungai Mississippi yang masuk nominasi sungai terpanjang di dunia. Sungai Mississipi merupakan sungai terpanjang dengan urutan keempat yang berhasil menduduki sungai terpanjang. Sungai ini memiliki panjang hingga mencapai 6.275 km dan terletak di Amerika Utara.

Sungai Mississippi memiliki arus air yang cukup luas, sungai ini hampir mengaliri seluruh Amerika Serikat. Selain itu, Mississippi pun memiliki hulu sungai yaitu di Danau Itasca di Meksiko dan berakhir di Teluk Meksiko. Di samping itu, sungai ini pun melewati beberapa negara di bagian Amerika Serikat yang jumlahnya mencapai 31 negara. Sungai Mississippi sangat terkenal dengan arusnya yang sangat deras maka tidak heran jika sungai ini sering masuk dalam berita televisi di Amerika.

5. Sungai  Yenisei – Cina

Huang He merupakan salah satu sungai panjang yang keberadaannya sangat terkenal di negara ini. Namun, tahukah kamu bahwa ada nama sungai lain di Cina yang memiliki panjang lebih besar yaitu Sungai Yenisei. Sungai Yenisei merupakan sungai terpanjang yang berhasil menduduki peringkat kelima di dunia. Sungai ini diperkirakan memiliki panjang hingga mencapai 5.539 km. Sedangkan untuk saluran pembuangan air dari sungai ini luasnya mencapai 2.580.000 km2.

Sungai Yenisei dikenal sebagai sungai yang masuk dalam bagian Sungai Yellow. Sungai Yellow ini sendiri dinamakan sedemikian rupa karena memiliki warna air yang agak kekuningan. Hal tersebut disebabkan karena adanya endapan lumpur yang subur. Aliran sungai ini sering digunakan sebagai pendukung utama dalam produksi kapas dan gandum di daerah sekitar sungai. Sangat menarik bukan? Yakin tidak ingin berkunjung ke sungai ini?

6. Sungai Ob – Asia

Setelah sungai Yenisei, di urutan keenam ada sungai terpanjang di dunia yang bernama Sungai Ob. Sungai Ob ini terletak di Benua Asia. Diperkirakan sungai ini memiliki panjang hingga mencapai 5.410 km. Sedangkan untuk arus air pembuangannya, luasnya hingga mencapai 2.990.000 km2. Sungai Ob dikenal sebagai sungai yang memiliki bagian dari Sungai Siberian dan air dari sungai ini mengalirkan air hingga ke muara Laut Arctic. Aliran air dari Sungai Ob ini melewati beberapa negara bagian di Asia contohnya seperti Mongolia, Cina, Kanzakhastan, Rusia, dan masih banyak lainnya.

7. Sungai Parana – Amerika Serikat

Amerika Serikat berhasil menduduki posisi ketujuh yang memiliki sungai terpanjang di dunia. Selain beberapa sungai yang telah disebutkan sebelumnya, berikutnya ada sungai Parana yang berhasil masuk nominasi urutan ke tujuh untuk sungai terpanjang. Sungai Parana memiliki panjang hingga mencapai 4.880 km, sedangkan untuk arus air pembuangannya ialah 2.582.672 km2. Nama dari Sungai Parana ini berasal dari bahasa Tupi yang memiliki air seperti laut.

Tahukah kamu bahwa Sungai Parana ini berhasil mengaliri sejumlah negara bagian di Amerika Serikat contohnya seperti Brazil, Argentina, dan Paraguay. Air yang mengalir ini nantinya akan bermuara tepat di Samudra Antlaktik.

Sungai memanglah sumber alam yang selalu bisa menarik perhatian banyak orang. Banyak hal yang menantang dan menarik dengan menjelajahi sungai-sungai unik seperti halnya ke tujuh sungai di atas. Apakah kamu merasa tertantang untuk datang dan menjelajahi secara langsung sungai-sungai luar biasa di atas? Siapkan agendamu untuk mengatur kapan waktu tepatnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *