10 Desain Taman Rumah Minimalis Yang Asri Dan Nyaman

Posted on

Desain Taman Minimalis ~ Semua pasti setuju jika kehadiran taman di sekeliling rumah bisa bikin suasana jadi lebih baik. Tidak hanya dapat mempercantik tampilan rumah, tapi juga udara jadi terasa lebih segar dan sehat. Apalagi jika taman rumah tersebut didesain dengan ciamik, seperti taman rumah minimalis berikut ini.

Mau diaplikasikan di atas tanah yang kecil atau besar, bisa-bisa saja. Mau dibuat di depan, di samping ataupun di belakang rumah, boleh-boleh saja. Kamu bisa menyesuaikan dengan lahan bagian mana yang cocok dan tersedia untuk dibuat taman. Namun jika tujuan pembuatan taman adalah untuk mempercantik rumah, terutama biar bikin tamu terkesan, tentu taman perlu dibuat di bagian depan rumah.

Siapa bilang bikin taman mesti butuh lahan yang luas dan cuma bisa diterapkan untuk rumah yang besar juga? Justru saat ini taman bergaya minimalis sangat populer, seiring dengan populernya gaya rumah minimalis itu sendiri. Buat kamu yang sedang bingung mencari inspirasi buat bikin taman yang cantik dan ciamik untuk diaplikasikan di rumah minimalis kamu, cek ide dan desain taman berikut ini. Mudah dicontek dan hasilnya as you can see, cantik pasti!. Berikut ini ada beberapa cara bikin taman minimalis agar tampak nyaman.

Bikin taman tidak susah kok. Asalkan kamu tahu tips dan cara bikinnya. Daripada mengeluarkan bujet untuk bayar tukang taman, mending bujet tersebut untuk mempercantik taman dengan beli tanaman dan perawatan. Kalau mau punya taman cantik di rumah minimalis, terapkan saja tips dan cara berikut ini;

Mempertimbangkan ukuran luas lahan itu penting

Taman Dengan Kolam Ikan

Faktanya membuat taman butuh lahan. Sekalipun rumah minimalis kamu berukuran sempit, tetap saja jika ingin menambahkan taman perlu memikirkan lahan. Meskipun lahan yang kamu miliki tidak banyak, kamu tetap bisa memiliki taman yang cantik. Letakkan saja beberapa tanaman kecil di lahan yang akan dijadikan taman.

Tanaman kecil tersebut usahakan jangan banyak, karena selain membutuhkan space yang lebih juga justru bisa merusak pemandangan. Jenis tanaman bisa apa saja dan tidak harus tanaman bunga atau pepohonan bonsai. Kamu juga bisa mengaplikasikan kebun hidroponik di atas pipa yang tersusun rapi. Tambahkan cat, sehingga bakal bikin tampilan taman jadi lebih cantik dan menarik. Selain tampilannya yang unik, kreatif dan cantik, taman minimalis semacam ini juga sangat bermanfaat sebagai bahan konsumsi sehat untuk keluarga.

Sebaliknya, jika kamu beruntung punya lahan berukuran yang luas, maka kamu memiliki banyak pilihan jenis tanaman yang lebih bervariasi. Selain itu, kamu juga bisa lebih bisa berkreasi dalam melakukan penataan tanaman tersebut. Nilai plus lagi, kamu bisa menempatkan ornament taman yang bisa bikin taman makin stand out, seperti air mancur, kolam ikan, patung, atau lampu taman.

Bahkan kamu juga mengombinasi taman dengan taman bermain untuk anak-anak dan tempat berkumpul dengan keluarga. Jika punya lahan luas dan dana lebih, coba deh tambahkan kursi santai dan meja di area taman, pasti bisa bikin taman makin nyaman dan menarik. Bisa juga dijadikan sebagai ruang tamu atau ruang makan outdoor. Yang pasti tamu bakal betah dan pengen nyoba bikin juga.

Memperhatikan tata letak tanaman biar pas

Ternyata penataan tanaman juga bisa mempengaruhi keindahan dan kerapian taman, lho. Memang beralasan sih. Apalagi jika lahan taman yang kamu persiapkan tersebut tergolong sempit, kamu perlu memperhatikan tata letak tanaman biar pas dan hasilnya tidak mengecewakan. Bahkan jika kamu meletakkan tanaman seenaknya sendiri justru bisa bikin tampilan taman jadi aneh, kurang menarik dan sumpek. Tentulah kamu tak ingin hasil taman kamu buruk seperti itu kan?

Memperhatikan tata letak taman

Selain memperhatikan tata letak tanaman, tata letak taman juga penting. Taman memang bisa dibuat di mana saja selagi ada lahan yang kosong, baik di depan rumah, samping atau belakang rumah. Kamu juga bisa bikin taman mungkin nan cantik di balkon atau di atap rumah. Taman macam ini sangat cocok untuk kamu yang hidup di perkotaan yang padat dan tidak punya lahan kosong di lantai dasar. Tidak boleh underestimate, bahkan taman di atap sedang booming, lho. Jadi kamu bisa mengaplikasikannya dan bakal bikin rumah kamu nampak canggih dan unik.

Umumnya taman memang diletakkan di luar rumah. Namun bukan berarti tidak bisa diletakkan di dalam rumah. Taman dalam rumah atau indoor garden sangat pas diterapkan untuk rumah minimalis. Selain bakal bikin interior rumah jadi unik dan cantik, udara pun jadi lebih segar dan sehat.

Memilih tema taman yang sesuai dengan tema atau desain rumah

Desain atau tema taman ada beberapa pilihan. Sebelum memilih, kamu perlu melihat kondisi lahan yang kamu miliki. Terutama ukuran lahan. Kenapa? Karena tema taman akan sangat berpengaruh terhadap kecocokan ukuran lahan yang kamu miliki. Misalnya, tema taman minimalis akan sangat cocok untuk lahan yang sempit. Kamu bisa mengaplikasikan tanaman gantung yang diletakkan di pipa-pipa kecil yang cantik.

Selain kondisi lahan, tem ataman juga perlu disesuaikan dengan tema atau desain rumah. Untuk ukuran lahan yang terbatas, kamu bisa bikin taman dengan tema minimalis modern. Artinya taman tersebut isinya simple, tidak banyak tanaman besar dan biasanya dihiasi dengan rumput hijau yang bakal bikin taman nampak indah.

Selain tema minimalis, kamu juga bisa mengaplikasikan tema taman modern, klasik, tropis ataupun tradisional. Pada dasarnya perbedaan jenis tema taman ini terletak pada jenis pemilihan tanaman dan bagaimana tata letaknya. Kamu bisa menerapkannya di lahan sempit, lapang ataupun sedang. Namun perlu mempertimbangkan tema rumah juga.

Jenis tanaman perlu disesuaikan lahan

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa memperindah taman kamu. Tapi kamu tidak boleh sembarangan memilih, kemudian meletakkannya begitu saja di taman yang sedang kamu bikin. Tanaman yang bagus dan memiliki keunikan atau manfaat itu memang penting. Tapi kamu perlu mencocokkannya dengan ukuran lahan yang ada. Jangan membeli tanaman yang terlalu banyak, apalagi tanaman yang berukuran jumbo jika hendak diletakkan di taman dengan lahan sempit dan minimalis.

Sebelum pergi ke toko tanaman, bikin daftar tanaman yang pas untuk tema taman yang kamu desain. Kamu juga bisa memasukkan tanaman yang sehat dan bermanfaat. Karena selain dapat membuat taman menjadi hijau, sejuk dan segar, kamu bisa memanfaatkannya sebagaimana khasiatnya. Misal tanaman sayuran atau herbal untuk obat-obatan. Bahkan taman dengan jenis herbal dan sayuran sedang tren, lho. Tentu saja kamu juga perlu mengkombinasinya dengan tanaman bunga dan tanaman hias lain biar tampilan lebih menarik.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis Tampak Depan

Saluran air taman atau drainase itu juga penting

Banyak orang yang sering melupakan drainase. Padahal drainase atau saluran air taman ini justru memegang peranan penting. Kebanyakan orang akan menutup semua lahan dengan paving atau sejenisnya. Padahal jika saluran air digarap dengan baik, maka taman pun akan menjadi tumbuh dengan baik, subur dan hasilnya bagus. Terutama pada saat musim hujan, drainase ini akan mencegah taman menjadi banjir.

Rumah minimalis memang identik dengan rumah mungkin yang berdiri di lahan yang kecil. Tapi tidak selalu seperti itu kok. Ada rumah berukuran besar namun desainnya memang sengaja mengaplikasikan tema minimalis. Tapi yang penting, rumah minimalis, taman pun perlu disesuaikan dengan tema rumah tersebut. Inspirasi taman rumah minimalis di atas selain mudah diterapkan dan dicontek, juga bakal bikin rumah kamu jadi segar, sehat dan menarik. Jadi betah di rumah, karena memandanginya terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *