10 Tank Canggih Ini Salah Satunya Buatan Indonesia Lho ! Mau Tau ?

Apakah kamu pernah melihat Tank secara langsung? Tank adalah kendaran tempur dengan dilapisi baja dan digerakkan dengan roda berbentuk seperti rantai. Kendaraan Tank memiliki lapisan baja yang tebal dan kuat yang berguna sebagai pelindung dari serangan musuh. Kendaraan ini juga biasanya dilengkapi dengan senjata berupa meriam besar yang digunakan untuk melawan musuh. Sehingga dapat dikatakan bahwa Tank merupakan kendaraan militer yang dioperasikan khusus saat perang sebagai pertahanan sekaligus perlawanan terhadap musuh.

Sebagai kendaraan tempur darat yang sangat diandalkan, tentunya pembuatan Tank ini mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan membutuhkan persediaan sangat banyak dilihat dari komponen-komponennya. Negara-negara di dunia berlomba-lomba menciptakan Tank dengan kecanggihan masing-masing hingga menghabiskan dana yang begitu besar. Mereka tentunya ingin Tank tersebut menjadi salah satu pertahanan militer terbaik agar mampu mengalahkan musuh secara telak.

Lalu, negara mana aja sih yang punya Tank tercanggih? Salah satunya ada dari Indonesia lho. Yuk langsung saja kita simak informasinya di bawah ini.

Bicara tentang Tank, kendaraan ini identik sebagai salah satu alat perang yang wajib ada pada setiap negara. Tank memiliki bodi yang besar, bahkan bisa dibuat sebagai alat penghancur dan juga tahan terhadap segala jenis gempuran. Kendaraan ini menjadi salah satu penentu kemenangan suatu negara dalam peperangan. Ada beberapa jenis Tank canggih di dunia yang pernah diciptakan. Inilah daftar Tank canggih tersebut :

1. M1A2 Abrams

Tank Abrams II
Tank M1A2 Abrams

Jenis Tank canggih pertama yang pernah tercatat adalah milik Amerika Serikat, yakni M1A2 Abrams. Tank ini merupakan turunan ketiga dari Tank perang utama produksi negeri Paman Sam tersebut. Nama Tank ini diambil dari seorang Kepala Staf dan Komandan Angkatan Perang Amerika Serikat bernama Jenderal Creighton Abrams. M1A2 merupakan versi upgrade dari M1 Abrams dan sudah diproduksi sejak tahun 1986.

Tank ini punya perlengkapan senjata yang hebat, dilapisi baja tebal dengan mobilitas yang tinggi. Amerika Serikat memperbaharui sebanyak 600 Tank M1 menjadi M1A2 pada tahun 1996 dan 2001. Pembaharuan yang dilakukan terlihat dari segi fisiknya yaitu desain ulang Commander’s Weapon Station dan Commander’s Termal Viewer di sisi kiri bagian luar badan. Komponen baja pada bagian badannya juga dilapisi dengan uranium yang mampu melindungi dari serangan rudal.

2. Challenger 2

Tank Challenger2
Tank Challenger 2

Selanjutnya adalah Tank buatan Inggris, yakni Challenger 2. Tank jenis ini merupakan versi terbaru dari tipe pertamanya, Challenger 1. Tank ini dapat diisi 4 orang awak yang terdiri dari Komandan, penembak, pengisi peluru dan pengemudinya. Panjang badan sekitar 8,3 meter dengan lebar 3,5 meter dan tinggi 3,04 meter. Beratnya sendiri mencapai 62,5 ton. Senjata utama pada Tank ini berupa Meriam dan dilengkapi 2 jenis senapan mesin.

Challenger 2 digunakan sebagai pengganti dari Challenger 1 dan masih dipakai oleh tentara Kerajaan Inggris sampai sekarang. Saat terjadi Perang Teluk tahun 2003 lalu, Tank ini tidak mengalami kekalahan setelah dapat tembakan dari musuh. Dalam satu penyerangan, Tank ini pun bisa bertahan dari belasan kali tembakan senjata pelontar granat dan sebuah peluru kendali anti tank milik musuh.

3. Tank Type 99

Type 99 adalah kendaraan tempur berupa Tank milik China. Type 99 ini adalah upgrade dari versi sebelumnya, Type 96. Tank ini dilengkapi dengan Armor bertipe ERA dengan bentuk yang lebih runcing. Armor berguna untuk meningkatkan perlindungan terhadap serangan langsung musuh maupun serangan yang berasal dari peluncur roket. Kelengkapan lainnya dari Type 99 ini adalah adanya pelindung biologis, kimia nuklir, serta pemadam kebakaran otomatis.

Tank ini memiliki laser dengan kekuatan tinggi yang dapat difungsikan sebagai perusak pemandu inframerah misil. Meriam yang menjadi senjata utama dilengkapi dengan pengisi peluru otomatis dengan jumlah tembakannya sampai dengan 8 peluru tiap menitnya. Sedangkan untuk senjata sekundernya adalah senapan mesin kaliber dengan jenis 7.62 mm.

4. Tank T-90

Di posisi keempat ada Tank T-90 yang merupakan produksi dari Rusia. Tank tempur ini merupakan versi upgrade dari T-72 yang juga dioperasika di India. T-90 mempunyai berat sekitar 46,5 ton dengan panjang badan 9.53 meter, lebar 3,78 meter, dan tinggi 2,22 meter. Untuk awak Tank sendiri hanya bisa diisi 3 orang.

Tank ini dilengkapi dengan senjata dan 1G46 gunner sight dari tipe T-80U, mesin yang baru serta pendeteksi panas. Lalu untuk peralatan pelindungnya ada pelindung ledak reaktif, laser warning receiver, pembangkit gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk menghancurkan ranjau elektromagnetik dan Shtrosasistem sebagai pengacau rudal anti tank kendali infrared.

5. Leopard 2

Tank Leopard 2 merupakan kendaraan tempur utama yang berasal dari Jerman. Berat dari Tank ini 63,3 ton dengan panjang 9,97 meter, lebar 3,75 meter, tinggi 3 meter disertai awak sebanyak 4 orang. Leopard 2 dilengkapi dengan perisai berupa komposit generasi 3 dengan lapisan baja yang diperkeras, tungsten, serta plastik filler dengan komponen keramik. Untuk senjata utamanya masih meriam yang berjenis Rheinmetall kaliber 120 mm berisi 42 peluru. Senjata pelengkapnya ada 2 dari 7,62 mm MG3A1 berisi 4.750 peluru.

Tank ini punya 2 varian terkenal yaitu Leopard 2A4, yang mana terdapat kubah meriam berbentuk kotak vertikal. Varian keduanya adalah Leopard 2A5 yang mana kubah meriamnya dilengkapi dengan perisai baja dengan bentuk lancip. Dalam setiap variannya ada pengaturan tembak digital yang dilengkapi dengan pemandu laser, senapan mesin koaksial, serta alat bantu penglihatan malam hari. Tank ini punya keunggulan dalam menembak sasaran bergerak walaupun Tank juga dalam keadaan bergerak.

6. K2 Black Panther

K2 Black Panther merupakan Tank militer milik Korea Selatan yang dikatakan paling mahal di dunia. Tank tersebut dibanderol harga sampai 8,5 juta dollar dengan senjata utama smoothbore meriam kaliber 120 mm dengan 40 tembakan peluru. Sedangkan untuk senjata keduanya adalah senapan mesin berat k6 dengan jenis kaliber 12,7 mm dan dapat diisi sampai 3200 peluru serta senapan mesin koaksial jenis kaliber 7,62 mm dengan 12.000 peluru.

K2 Black Panther juga memiliki kelengkapan yang tak kalah canggih, yaitu kontrol penembakan yang tersambung dengan radar frekuensi tinggi, ada juga pengintai laser tradisional dan sensor berupa crosswind. Sistem di dalamnya itu bisa beroperasi dalam mode lack-on, jadi dapat langsung mengenali dan melacak target secara spesifik sampai dengan jarak 9,8 km.

7. Leclerc

Di urutan ke 7 ini ada Tank tempur dari Prancis, yaitu Leclerc. Tank ini dioperasikan oleh Angkatan Darat dari Prancis dan digunakan juga oleh negara lain seperti Uni Emirat Arab. Leclerc dilengkapi dengan sebuah sistem pertempuran berupa FINDERS (fast information, navigation, decision and reporting system). Sistem ini menampilkan peta yang berwarna guna menunjukkan dimana posisi tank, musuh, target, serta bisa digunakan untuk perencanaan rute dan misi.

Tank Leclerc dilengkapi dengan senjata utama jenis meriam kaliber 52-120 mm smoothbore selongsong termal. Selain itu, tank ini juga dilengkapi dengan sistem loading yang membuat tank tetap bisa menembak walaupun masih bergerak. Untuk senjata sekundernya adalah senapan mesin 12,7 koaksial dan ada senjata anti pesawat 7,62 mm.

8. Tank Anoa

Tank satu ini adalah kendaraan militer berlapis baja buatan Indonesia. Kendaraan ini memang lebih dipergunakan untuk mengangkut personel dengan awak 3 orang ditambah dengan 10 penumpang. Berat dari Tank Anoa sampai dengan 14 ton, panjang badan 6 meter, lebar 2,5 meter, tinggi hingga 2,9 meter. Senjata utamanya adalah senapan mesin 12,7 mm, senapan mesin 7,62 mm dan granat jenis CIS 40 AGL. Ada juga senjata pelengkap berupa 2×3 66 mm peluncur granat asap.

Perlindungan dalam badan Anoa ini memiliki lapisan baja dan rangka tingkat STANAG 3 yang artinya bisa menahan tembakan peluru kinetis Armor Piercing setara standar NATO dari jarak 30 meter. Di samping itu juga bisa menahan ledakan ranjau dengan berat hingga 8 kg. Untuk pertahan dirinya sendiri Anoa dilengkapi dengan adanya pelontar tabir asam jenis 2×3 66 mm. Di masa datang juga masih akan dilengkapi meriam dan senapan mesin.

Demikian ulasan mengenai 10 Tank tercanggih yang ada di dunia. Demi pertahanan negara yang kuat tentu saja harus membangun peralatan militer canggih. Indonesia pun bangga dengan karyanya sebagai salah satu peralatan militer tercanggih di dunia. Semoga Indonesia terus bisa menciptakan karya baru demi pertahanan dalam negeri