10 Nama Tarian Adat Warisan Budaya Nusantara

Berbicara tentang kekayaan yang dimiliki oleh negara kita tercinta Indonesia memang tidak ada habisnya. Dari mulai keanekaragaman kekayaan hayati hingga budaya Indonesia paling juara. Salah satu yang paling tersohor, karena sering dipentaskan serta dipertontonkan dalam ajang bergengsi adalah tarian. Yap, Indonesia memang punya banyak jenis tari yang berasal dari daerah yang tersebar dari ujung barat Sabang hingga ujung timur Merauke. Mau tahu tarian adat nusantara mana saja yang paling popular? Kulik informasinya di bawah ini.

Tarian menjadi salah satu hiburan yang paling digemari di Indonesia, bahkan dunia. Indonesia sendiri memiliki banyak jenis tarian. Bahkan setiap daerah selain memiliki suku dan bahasa masing-masing, setiap daerah juga memiliki tarian adat tradisional. Dari banyaknya tarian adat nusantara yang ada, inilah 10 tarian adat paling popular di Indonesia.

1. Tari Saman Dari Aceh

Tari Saman
Tari Saman adalah salah satu tarian adat Indonesia yang paling terkenal hingga kancah internasional. Hal ini sangat beralasan, karena tarian ini memang unik dan spektakuler dengan dibawakan oleh sekelompok penari yang jumlahnya ganjil. Bukan itu saja yang bikin tarian ini melenggang hingga ke mancanegara, tapi juga bunyi tarian yang dihasilkan dari penggunaan tangan penari secara bersamaan.
Jika biasanya sebuah tarian mengedepankan gerakan tubuh memutar dan berlenggak lenggok dalam keadaan berdiri, tari saman dibawakan dalam keadaan duduk. Bahkan sekelompok penari tersebut memiliki tugas masing-masing yang dibagi, seperti menyanyikan lagu, mengaum dan lainnya. Kekompakan dan keunikan penari membuat tari saman begitu spektakuler dan mampu membius setiap mata yang menyaksikan.

2. Tari Kecak dari Bali

Kamu pasti sangat familiar dengan tari kecak yang merupakan tarian adat daerah Bali. Bagi kamu yang pernah ke Bali juga pasti pernah menyempatkan diri melihat pertunjukan tarian yang terkenal unik ini. Bagaimana tidak unik, gerakan tarian ini memang terinspirasi dari drama cerita Ramayana yang sangat melegenda bagi penganut ajaran Hindu. Tarian ini biasanya dipentaskan pada saat upacara keagamaan. Namun di Bali, kamu juga bisa menyaksikan tarian yang disebut juga dengan tari Sang Hyang ini di berbagai tempat yang memang sengaja dipertontonkan untuk menghibur wisatawan yang berlibur ke Bali.

3. Tari Pendet dari Bali

Memang pantas sih jika Bali disebut sebagai salah satu surga wisata dunia paling terkenal. Di sini tidak hanya akan disuguhi oleh pemandangan alam dan aneka macam wisata seru, tapi juga pertunjukan seru, seperti tarian adat. Tidak hanya tari kecak saja yang terkenal di Bali. Pulau Dewata ini juga terkenal dengan tari Pendetnya. Jika tari kecak dilakukan oleh kaum pria, maka tari pendet dilakukan oleh wanita. Para wanita yang membawakan tarian pended ini akan mengenakan pakaian adat bali, lengkap dengan hiasan kepala dan sebuah mangkuk kecil yang isinya aneka macam bunga. Biasanya, tarian ini akan ditampilkan pada saat menyambut tamu sebagai ucapan selamat datang.

4. Tari Jaipong dari Jawa Barat

Sangat beralasan jika tari Jaipong asal Jawa Barat menjadi salah satu tarian adat terpopuler di nusantara, karena gerakannya yang dinamis sekaligus atraktif. Uniknya tarian ini berasal dari gabungan antara tari ketuk tilu, tari ronggeng dan pencak silat. Bayangkan saja gerakan pencak silat yang sarat dengan gerakan atraktif berpadu dengan gerakan tarian yang cenderung mengalun lembut, tentu menjadi tontonan yang menarik sekaligus menghibur. Tarian ini bisa dibawakan secara per orangan maupun secara kelompok. Biasanya tarian ini akan disuguhkan untuk memeriahkan festival budaya ataupun acara penyambutan tamu kehormatan.

5. Tari Gambyong dari Jawa Tengah

Kamu pasti tahu kan kalau stereotype masyarakat Jawa Tengah itu lemah lembut dan luwes? Terutama wanitanya yang umumnya bertingkah laku lembut dan penuh kesopanan. Nah, tari Gambyong yang tergolong sebagai salah satu tarian adat terpopuler di nusantara ini memang pas sekali untuk menggambarkan stereotipe tersebut. Para penari wanita yang membawakan tarian ini terlihat begitu luwes menggerakkan tubuh dengan begitu anggun, sehingga terlihat indah dan mempesona.

Baca Juga : Gambar Rumah Adat Seluruh Nusantara

6. Tari Tor-Tor dari Sumatera Utara

Tari Tor-Tor dibawakan dengan manis oleh penari yang beraut wajah penuh kegembiraan. Meskipun tarian ini memiliki gerakan lenggak lenggok yang boleh dibilang monoton, namun sangat menarik untuk diikuti. Seperangkat alat musik tradisional bernama gondang sabangunan membuat tarian ini tercipta begitu mempesona. Buktinya tari Tor-Tor ini menjadi salah satu tarian adat milik Indonesia yang diakui dunia. Tidak sedikit turis mancanegara yang secara khusus belajar tarian ini.

7. Tari Piring dari Minangkabau Sumatera Barat

Tari piring merupakan salah satu tarian adat Indonesia yang gaungnya telah terkenal hingga ke mancanegara. Wajar saja, karena tarian dari Minangkabau Sumatera Utara ini memang terkenal unik dan indah. Seperti namanya, tari Piring ini dibawakan dengan membawa piring porselen sebagai alat atau media utama dalam daya tariknya. Piring-piring yang berada di kedua tangan penari akan diayunkan mengikuti gerakan tarian secara cepat dan teratur. Uniknya, piring-piring tersebut tidak jatuh, sekalipun gerakan yang dibawakan berupa ayunan.

8. Tari Yapong dari DKI Jakarta

Tidak hanya terkenal dengan kepadatan penduduk dan kemacetannya, Jakarta ternyata juga punya prestasi, lho. Salah satunya kepemilian tari Yapong yang merupakan salah satu tarian adat Indonesia yang paling terkenal. Meskipun gerakan tarian ini bisa dibilang sederhana, namun sangat dinamis dan penuh makna. Tarian ini melambangkan suka cita dan pergaulan suku Betawi yang notabennya merupakan suku asli yang mendiami Jakarta. Kamu yang menyaksikan pentas tari ini akan terhibur, karena penari wanitanya akan menari dengan ekspresi gembira dengan gerakan kaki dan tangan yang penuh seni.

9. Tari Serimpi dari Jogjakarta

Rasanya tidak akan lengkap jika Jogjakarta dinobatkan sebagai kota budaya jika tidak memiliki tarian adat yang mempesona. Tari Serimpi merupakan salah satu bukti bahwa Jogjakarta memang pantas menyandang predikat sebagai kota budaya. Tarian klasik ini bersifat sangat sakral. Gerakan yang dibawakan oleh penari wanita terlihat sangat pelan, lemah lembut dan anggun, sebagaimana filosofi dari tarian tersebut sebagai gambaran dari kesopanan dan kelemahlembutan.

10. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur

Unik sekaligus menyihir. Itulah tari Reog Ponorogo yang fenomenal. Tarian ini diperagakan oleh sebagian besar kaum pria dengan dua sosok yang sangat penting, yaitu warok dan gemblak. Tarian Reog ini sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistis serta memiliki ilmu kebatinan yang kuat. Itulah salah satu daya tarik dari tarian ini yang menjadikan tari Reog menjadi salah satu tarian adat Indonesia terpopuler hingga ke luar negeri. Banyak turis mancanegara pun yang suka, merasa terhibur dan betah manakala menyaksikan tarian khas dari Ponorogo, Jawa Timur ini.

Pengetahuan tentang tarian adat menjadi salah satu wawasan yang patut untuk diketahui oleh generasi Bangsa Indonesia tanpa terkecuali. Jika kamu tidak bisa melakukan gerakan tari, paling tidak dengan mengenali macam-macam tarian adat terpopuler di nusantara menjadikan kamu cinta kepada bumi pertiwi. Syukur-syukur kalau kamu mau melestarikannya sebagai salah satu bukti cintamu pada negeri dan budaya. Karena jika tidak dilestarikan, bukan tidak mungkin kekayaan Indonesia khususnya tarian adat akan lenyap di telan bumi. Tragisnya lagi, gimana kalau pada akhirnya justru diakui oleh negara lain? Nah lho! Jangan sampai, deh.