12 Manfaat Teh Daun Kelor : Efek Samping Dan Cara Penyajiannya

Kamu pasti tahu peribahasa tentang dunia tak selebar daun kelor bukan? Kamu sering menjumpai peribahasa tersebut di bangku sekolah. Peribahasa ini seringkali disampaikan saat kita kebetulan bertemu dengan orang yang tidak disangka-sangka di sebuah tempat. Peribahasa tersebut memiliki arti bahwa meski bumi ini luas, tapi kita masih tetap bisa berjumpa dengan orang tertentu meskipun berbeda tempat.

Bicara tentang daun kelor, daun ini memang memiliki ukuran yang mungil dibandingkan dengan daun lainnya. Tapi tahukah kamu bahwa daun kelor memiliki berbagai khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan menyembuhkan penyakit? Meskipun ukurannya kecil, daun ini sudah dikenal luas keampuhannya. Salah satu cara mengolah daun kelor supaya manfaatnya maksimal untuk tubuh adalah dengan membuatnya menjadi teh. Seduh teh daun kelor secara rutin, maka kamu akan merasakan langsung khasiatnya.

Daun Kelor

Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Daun kelor memiliki kandungan yang kaya akan mineral, vitamin dan juga asam amino. Sebagian besar vitamin di daunnya itu adalah vitamin, A, C, dan E serta dilengkapi kandungan lainnya berupa protein, kalsium dan kalium. Sedangkan manfaat menyeduh teh daun kelor secara rutin adalah :

1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Radikal bebas adalah sebuah molekul yang bisa membuatmu terserang kerusakan sel, pembengkakan dan stres oksidatif. Sedangkan kandungan yang bisa melawannya adalah antioksidan. Daun kelor ini mengandung antioksidan tinggi yang bernama polifenol, flavonoid dan asam askorbat.

Ekstrak daun kelor memang mempunyai konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian lainnya. Sehingga antioksidan tersebut sangat berguna untuk memerangi radikal bebas. Kandungan tersebut mampu menghambat kerusakan pada sel dalam tubuh dan menjaganya supaya tetap berfungsi dengan baik.

2. Mengurangi Gejala Penyakit Diabetes

Manfaat selanjutnya yang dapat kamu terima ketika meminum teh daun kelor adalah mengurangi gejala penyakit diabetes. Bubuk dari daun kelor ini ternyata sangat manjur untuk mengurangi kadar glukosa dalam darah, serta mampu mengatur stres oksidatif pada penderita diabetes. Hal ini artinya daun kelor bisa menurunkan kadar gula dan kolesterol dalam darah, sehingga gejala penyakit diabetes ini dapat diatasi.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Berkat kandungan antioksidan dan neuroenhancer yang tinggi, daun kelor ini bisa meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan otak. Kandungannya pun sudah diuji dalam pengobatan penyakit Alzheimer dan terbukti hasilnya bagus.

Di sisi lain, kandungan vitamin C dan E yang juga tinggi ini bisa mengatasi oksidasi yang menyebabkan penurunan fungsi neuron dan membantu memperbaiki fungsi pada otak. Selain itu, daunnya juga berguna dalam menormalkan kadar dopamin, serotonin, dan noradrenalin neurotransmitter pada otak, yang berperan dalam mengatur daya ingat, fungsi organ tubuh, mood dan respon terhadap suasana hati.

4. Mampu Melawan Infeksi

Daun kelor mempunyai kandungan lain yang bersifat antimikroba dan antibakteri yang bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi. Kandungannya itu sangat efektif untuk memerangi jenis jamur yang menjadi penyebab infeksi kulit dan bakteri yang bisa menyerang darah, saluran kencing dan sistem pencernaan pada manusia.

5. Membantu Mengurangi Peradangan

Fungsi lainnya dalam mengonsumsi daun kelor adalah untuk mengurangi peradangan. Peradangan itu adalah yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya penyakit berat seperti pernafasan, penyakit pada jantung, diabetes, obesitas dan atritis. Kandungan dalam daun kelor ini bekerja mengurangi peradangan dengan meminimalisir peradangan dalam tubuh.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat keenam dari daun kelor ini adalah kemampuannya dalam memelihara kesehatan jantung. Cara kerjanya yaitu mengendalikan kadar lipid dalam darah, menurunkan kolesterol dan menghambat pembentukan plak pada arteri yang membuat aliran darah ke jantung menjadi tidak lancar.

7. Melindungi Fungsi Hati

Manfaat lainnya adalah melindungi fungsi hati pada manusia. Hati memiliki peranan yang penting pada tubuh kita, yaitu sebagai organ yang melakukan detoksifikasi darah, metabolisme fruktosa, memproduksi empedu, metabolisme lemak, mengolah berbagai nutrisi dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi teh daun kelor secara rutin, maka organ hatimu akan terlindung dari segala kerusakan, racun dan oksidasi. Selain itu, ekstrak daun kelor juga berfungsi dalam mengembalikan enzim ke tingkat normal. Karena jika enzim ada pada skala yang tidak normal, maka bisa mengganggu kemampuannya dalam menyaring darah.

8. Membantu Penyembuhan Luka

Daun kelor bisa menyembuhkan luka dari luar maupun dari dalam. Dengan mengonsumsi tehnya, maka luka yang ada pada tubuhmu akan cepat sembuh. Tapi jika kamu ingin mengobatinya dari luar, maka kamu bisa mengoleskan daunnya pada bagian tubuh yang terluka.

9. Mengurangi Resiko Anemia

Penyakit kekurangan sel darah merah disebut dengan anemia. Orang yang menderita penyakit ini badannya akan terasa lemas dan membuat aktivitasnya terganggu. Salah satu cara mengatasi penyakit tersebut adalah dengan mengonsumsi teh daun kelor. Daun tersebut mengandung unsur zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu menyembuhkan penyakit anemia.

10. Mengobati Gangguan Mata

Kamu punya penyakit mata minus, plus, atau silinder? Jangan khawatir. Atasi saja dengan meminum teh daun kelor. Dengan kandungan vitamin A nya yang ternyata lebih besar dari wortel, mata kesehatan matamu pun akan terjaga dan masalah mata minus, plus, maupun silinder bisa teratasi.

11. Menurunkan Berat Badan

Salah satu masalah yang selalu menyerang wanita adalah berat badan. Banyak wanita yang merasa tidak percaya diri dengan bentuk badannya. Oleh karena itu, mereka mati-matian berdiet dan mencari cara supaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Akan tetapi, semua hal tentunya butuh proses. Kamu tak bisa langsung memiliki berat badan yang ideal. Salah satu cara yang bisa membantumu menurunkan berat badan adalah dengan meminum teh daun kelor. Daun kelor berperan dalam melancarkan sistem pencernaan dan membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Konsumsilah teh daun kelor ini secara teratur dibarengi dengan olahraga. Lama-kelamaan berat badanmu akan turun dan kamu mendapatkan tubuh yang ideal.

12. Terapi Pengobatan Reumatik

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan dengan meminum teh daun kelor adalah membantu mengobati penyakit reumatik. Penyakit ini memang identik dialami oleh orang yang usianya sudah lanjut. Jika kebetulan ibu, ayah, atau kakakmu mempunyai penyakit ini, maka sarankanlah untuk meminum teh daun kelor untuk mengurangi risikonya.

Cara Penyajian Teh Daun Kelor

Setelah pembahasan mengenai berbagai manfaat teh daun kelor, ada baiknya kamu mengetahui cara penyajiannya yang baik dan benar. Berikut cara-caranya :

  1. Pastikan bahwa kamu sudah mengeringkan daun kelor dengan cara dijemur di bawah sinar matahari. Jika sinar matahari sedang terik, maka kamu tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjemurnya.
  2. Setelah dijemur, kamu bisa hancurkan daun kelor kering sampai menjadi bubuk. Siapkan wadah untuk menampung bubuk daun kelor ini.
  3. Siapkan air panas ke dalam satu gelas lalu ambil sebanyak satu sendok teh bubuk daun kelor. Seduh dalam gelas tersebut.
  4. Jika kamu tidak ingin meminum teh dalam kondisi berampas, ambil saringan untuk menyaring ampas-ampasnya.
  5. Bila rasanya terlalu sepat, kamu bisa menambahkan madu ke dalamnya. Hindari memakai gula pasir karena bisa merusak kandungan dalam teh daun kelor tersebut.
  6. Teh sudah siap disajikan. Akan lebih baik jika diminum setiap hari.

Demikian 12 manfaat teh daun kelor yang bisa kamu dapatkan. Tak menyangka bukan dengan ukuran kecil itu ternyata membawa banyak khasiat untuk tubuh. Semoga pembahasan ini bermanfaat ya.