10 Tempat Wisata Paling Bagus Di Banyuwangi Jawa Timur

Posted on

Meskipun letaknya yang berada di pinggiran Pulau Jawa, namun pesona Banyuwangi patut diperhitungkan. Pasalnya, kota ini menawarkan beragam hal-hal menarik yang sangat sayang jika dilewatkan, dari mulai tempat wisata, tradisi hingga kesenian. Bahkan tempat wisata di Banyuwangi terkenal indah-indah. Kalau kamu punya kesempatan untuk liburan, coba deh datengin tempat-tempat paling spektakuler di Banyuwangi berikut ini. Kamu bakal speechless dibuatnya.

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Ini nih salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang mendunia. Banyak turis penasaran dengan Kawah Ijen dan memutuskan untuk datang ke Banyuwangi. Wajar aja sih, karena gunung berapi yang berada di
ketinggian 2.443 mdpl ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Selain pesona panorama alam yang indah, wisata ini juga memiliki fenomena blue fire yang spektakuler. Hanya di sini kamu bisa menyaksikan pemandangan blue fire, tepatnya di atas puncak Kawah Ijen.

Pingin lihat blue fire yang fenomenal dan unik? Datangi saja Kawah Ijen sekitar pukul 1 dini hari. Percayalah, begitu kamu melihat pemandangannya, kamu bakal terhipnotis saking megahnya pemandangan tersebut. Akan terasa lengkap jika telah menyaksikan blue fire, kamu tidak menyia-nyiakan diri untuk menyaksikan matahari terbit yang terlihat begitu indah dari spot ini. Kamu juga bisa lho melihat dan mengamati para penambang belerang tradisional yang bekerja dengan peralatan sederhana di sini. Pokoknya bakal bikin liburan kamu penuh kesan, makna dan kenangan yang indah.

2. Taman Nasional Baluran

Selain pantai, paling seneng itu kalau bisa refreshing ke tempat-tempat alam. Apalagi kalau alam tersebut dihuni oleh hewan-hewan yang lucu dan hanya bisa ditemukan di hutan atau tempat-tempat tertentu. Selain bisa menyegarkan pikiran, juga bisa terhibur melihat tingkah polah hewan-hewan tersebut. Apalagi jika pemandangan sekitar yang indah seperti di Afrika Selatan misalnya. Tapi nggak usah terbang jauh-jauh ke Afrika, karena di Indonesia, tepatnya di Banyuwangi kamu bisa menemukan taman nasional yang saking miripnya dengan Afrika yang dijuluki dengan ‘Africa Van Java’.
Taman ini diberi nama Taman Nasional Baluran. Luasnya mencapai 25.000 hektar dengan pemandangan yang spektakuler, lengkap dengan beragam hewan liarnya. Di sini kamu bisa melihat 155 species burung dan 26 jenis satwa liar. Mau merasakan sensasi panasnya padang savana? Bisa kok. Bahkan padang savana yang berwarna kekuningan di sini menjadi background foto yang unik dan menarik, lho.

3. Pulau Merah

Pulau Merah termasuk salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang unik. Meskipun belum tergolong wisata kelas internasional, namun pulai ini punya kekhasan tersendiri yang bisa bikin kamu takjub. Nama Pulau Merah sendiri disematkan karena pulau ini memiliki tanah berwarna merah. Tidak hanya itu, daya tarik pulau ini juga bertambah dengan adanya sebuah bukit kecil yang letaknya berdekatan dengan pantai.
Uniknya lagi, pantai di sini memiliki pasir berwarna putih, lho. Pemandangan bibir pantai merah putih deh jadinya. Sayangnya untuk bisa menikmati pesona Pulau Merah ini, kamu kudu datang pas air sedang surut saja. Pasalnya, kalau air laut sedang pasang, pulau ini akan tertutup dengan air laut. Catet baik-baiknya, datang pas air laut surut. Oke!

4. Jawatan Benculuk

Lord of The Rings merupakan salah satu film Hollywood yang banyak menyajikan pemandangan alam yang spektakuler. Tidak jarang yang melihat film tersebut dan ingin mengunjungi salah satu spot untuk shooting film tersebut. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di Indonesia, tepatnya di Banyuwangi terdapat tempat wisata yang unik seperti di lokasi shooting salah satu scene di Lord of the rings. Namanya Jawatan Benculuk. Spotnya kece banget dan pas buat refreshing dan foto-foto.
Keberadaan puluhan pohon trembesi yang umuranya sudah tua, menjulang tinggi dan rindang menciptakan pemandangan alam yang eksotis sekaligus spektakuler. Kamu bisa datang ke sini pada pagi, siang hingga sore hari. Namun jika ingin hunting foto bagus, datanglah pada waktu sore hari. Terutama pada saat sinar matahari menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan, epic, magis dan wow sekali! Eh, kamu bisa lho melakukan aktivitas liburan seru di sini selain berfoto dan bersantai. Misalnya memancang dan arum jeram. Seru dan komplit, deh.

5. Waduk Bajulmati

Mau ke Raja Ampat tapi kantong tipis? Tenang, kamu bisa ke Waduk Bajulmati kok buat mengobati rasa penasaranmu akan pesona Raja Ampat. Tidak kalah keren dengan Raja Ampat. Di sini kamu akan disuguhi sebuah waduk yang dihiasi dengan gundukan-gundukan menyerupai pulau-pulau kecil dalam berbagai ukuran, seperti yang ada di Raja Ampat. Tidak hanya itu, kalau Raja Ampat, Papua punya spot foto keren di Wayag, di Waduk Bajulati juga punya, lho.
Cukup foto aja di area waduk setelah gazebo, maka hasil jepretan kamu tidak kalah unik dan cantik seperti background di Wayag, Raja Ampat. Ya, paling tidak mengobati rasa penasaran kamu pergi ke Raja Ampat, karena terhalang ya dana, ya dana. Selain di spot tersebut, kamu juga bisa foto di mana saja di sekitar waduk, karena waduk ini memang instagrammable banget. Kamu juga bisa menikmati fasilitas dan sarana seru, seperti outbound, main speed boat, ATV dan lainnya.

6. Gunung Raung

Jangan ngaku pendaki gunung sejati kalau kamu nggak berani mendaki ke Gunung Raung. Gunung ini menjadi salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang paling terkenal, khususnya bagi para pendaki, baik dari Indonesia maupun mancanegara. Spot ini juga sangat cocok jadi destinasi wisata buat kamu yang bosen dengan aktivitas liburan yang biasa-biasa dan gitu-gitu aja.

Selain aktivitas mendaki yang seru, kamu bisa menikmati sajian alam berupa kawah yang unik berbentuk elips dengan kedalaman 500 meter. Kawah unik ini merupakan salah satu kaldera kering terbesar kedua di Indonesia. Kamu bisa milih salah satu dari empat titik puncak, seperti Puncak 17, Puncak Sejati, Puncak Bendera dan Puncak Tusuk Gigi. Semuanya menampilkan pemandangan alam yang spektakuler.

Baca Juga : Lezatnya 10 Makanan Khas Banyuwangi

7. Pantai Plengkung (G-Land)

Banyuwangi terletak di ujung timur Pulau Jawa. Jadi kota ini memiliki garis pantai. Pantai Plengkung atau yang juga dikenal dengan sebutan G-Land termasuk salah satu tempat wisata pantai di Banyuwangi yang popularitasnya mendunia. Selain pesona cantik dari pasir putih yang tersaji di bibir pantai, wisata yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo ini juga memiliki ombak yang sangat mendukung untuk kegiatan surfing.

Jadi tak heran jika pantai ini menjadi salah satu dari 7 ombak terbesar di dunia dan menjadi salah satu spot surfing terbaik di Asia tenggara. Kamu yang suka liburan ke pantai dan surfing, rasanya nyesel kalau seumur hidup belum pernah ke sini. Selain surfing, kamu bisa melihat sunset yang spektakuler dan melakukan aktivitas seru lainnya, seperti memancing, snorkling, maupun menyusuri hutan kawasan taman nasional.

8. Pantai Watu Dodol

9. Teluk Biru

10. Teluk Hijau

Tempat wisata di Banyuwangi emang keren-keren. Di kota yang letaknya paling ujung timur Pulau Jawa ini kamu bakal disuguhi dengan panorama alam yang spektakuler, dari mulai pantai, gunung, danau dan taman nasional. Nggak rugi deh kalau ngabisin waktu liburan buat ngubek-ubek spot wisata keren di sini. Yakin nggak kepingin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *