10 Tempat Wisata Di Pasuruan Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Tempat Wisata Di Pasuruan – Sudahkah kamu tahu, kalau Pasuruan merupakan salah satu kota terkenal di Provinsi Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi? Meskipun namanya tidak setenar tempat wisata di kota Malang, namun buktinya kamu juga bisa dapat pengalaman yang menyenangkan di Kota Pasuruan. Salah satu icon wisata yang sering diburu wisatawan di sini adalah Gunung Bromo.

Tahukah kamu kalau selain Gunung Bromo, masih banyak pula wisata alam menarik yang bisa kamu kunjungi di Kota Pasuruan ini. Pengen tahu apa saja wisata menarik dan unik yang bisa kamu explore saat liburan telah tiba? Inilah beberapa rekomendasi spesial untuk wisata keren dan menarik di Kota Pasuruan! Sederet Tempat Wisata di Pasuruan Yang Menarik Untuk di Kunjungi Saat Liburan Telah Tiba

1. Agro Wisata Bhakti Alam

Wisata Bhakti Alam

Agro Wisata Bhakti Alam mungkin merupakan salah satu objek wisata yang belum banyak dikenal oleh kebanyakan orang. Namun, asal kamu tahu bahwa tempat wisata yang terletak di Kota Pasuruan, Jawa Timur ini sudah berdiri dan beroperasi sejak tahun 1998. Objek wisata Bhakti Alam ini sangat bagus dan menyenangkan, ditambah lagi dengan tempatnya yang sangat ramah lingkungan dan sangat cocok untuk liburan anak-anak. Lokasinya yang cukup mudah ditemukan dan strategis dapat menjadi alasan untuk kamu datang ke tempat ini.

Apa yang membuat ini menjadi pilihan yang tepat saat liburan telah tiba? Di agro wisata Bhakti Alam ini banyak tersedia wahana-wahana menarik yang tersedia untuk anak-anak, seperti contohnya wahana kereta mini. Di samping itu, di tempat wisata ini pun kamu bisa menikmati senengnya berkebun di area tanaman buah melon, buah belimbing, dan buah nangka. Menariknya lagi, di tempat ini setiap pengunjung dapat mencicipi buah yang telah dikupas secara gratis.

Tidak ketinggalan dengan area Milk Kingdom yang menjadi salah satu icon wahana yang sering diincar oleh anak-anak kecil. Di Milk Kingdom ini, anak-anak diperbolehkan untuk membeli beberapa jenis minuman sehat yang terbuat dari susu, contohnya seperti yogurt, ice cream, susu yogurt, dan masih banyak lainnya. Sangat menarik untuk dikunjungi bukan?

2. The Pines Taman Dayu

Kamu berniat untuk mengajak liburan sekeluarga ke tempat wisata yang berada di Pasuruan? The Pines Taman Dayu bisa menjadi pilihan yang tepat. Di tempat wisata ini kamu bisa mengunjungi sebuah wisata hutan pinus yang sangat indah dan sejuk. Hutan pines ini pun bisa kamu gunakan sebagai tempat untuk berkemping bersama teman atau keluargamu saat liburan untuk membuat pengalaman tak terlupakan.

Untuk melakukan camping di The Pines Taman Dayu, konsep yang ditawarkan cukup unik dan modern, dimana kamu tidak perlu membawa perlengkapan untuk camping. Di sini kamu bisa dengan mudah menyewa perlengkapan camping yang disediakan oleh pihak pengelola. Menariknya lagi, di sini pun kamu akan mendapatkan paket makan dan coffee break. Untuk tarif penyewaan perlengkapan tenda dan makan, kamu harus hanya perlu mengeluarkan budget sebesar Rp.150.000,00. Sangat terjangkau bukan?

Di samping menyediakan perlengkapan camping (tenda), di The Pines Taman Dayu ini pun menyediakan sebuah tempat penginapan yang sangat unik, contohnya yang berbentuk seperti rumah pohon, rumah kayu, ataupun tenda. Selain itu, terdapat pula sebuah fasilitas pendapa yang disebut dengan “Bale Segawe”. Pendopo ini digunakan sebagai tempat mengobrol dan santai bersama teman ataupun keluarga. Ada pula beberapa permainan menantang yang bisa kamu coba seperti flying fox, paint ball, dan masih banyak lainnya.

3. Air Terjun Kakek Bodo

Pernahkah kamu mendengar tempat wisata yang bernama Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan Jawa Timur. Wana wisata Air Terjun Kakek Bodo ini merupakan salah satu wisata air terjun yang sangat terkenal di Kota Pasuruan, atau lebih tepatnya di daerah tretes. Asal mula nama Air Terjun Kakek Bodo ini berasal dari kisah nyata dari seorang kakek yang disebuh dengan kakek bodoh atau bodo.

Menurut cerita dari warga sekitar, dulunya sang kakek tersebut ini merupakan seorang pembantu dari sebuah keluarga Belanda yang rela meninggalkan keluarganya untuk bertapa di air terjun tersebut. Dengan keputusan tersebut, keluarga Belanda tersebut menyebut sang kakek sebagai “Kakek Bodo” atau kakek bodo. Namun, seperti yang diketahui bahwa berkat ia melakukan bertapa, kakek tersebut akhirnya mendapatkan ilmu atau kekuatan ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit penduduk sekitar.

Sangat menarik bukan, asal mula dari air terjun bernama “Kakek Bodo” ini? Untuk lebih mengenal lebih jauh tentang keindahan dan cerita unik dari air terjun ini ayo segera kunjungi Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di Jalan Taman Wisata No.541, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

4. Taman Safari Indonesia 2

Wisata alam di Pasuruan berikutnya yang wajib kamu kunjungi berikutnya ialah Wisata Alam Taman Safari Indonesia 2. Taman ini merupakan sebuah wisata yang bernuansa lingkungan yang terdapat berbagai macam habitat satwa dari alam bebas. Yang menjadi keunikan di taman ini, setiap pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan satwa di taman dan dapat secara langsung memberikan makanan.

Untuk mengelilingi taman safari ini, pengunjung dapat menggunakan mobil pribadi atau bus yang telah disediakan oleh pengelola Taman Safari Prigen ini. Yang sangat menarik di tempat ini, Taman Safari Indonesia 2 merupakan taman terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Luas dari taman ini ialah sekitar 350 hektar. Jika kamu ingin datang ke tempat ini maka lokasinya berada di Desa Jatiarjo No 1, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

5. Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo

Bromo merupakan salah satu gunung yang sering dijadikan sebagai destinasi favorite bagi wisatawan domestik maupun manca negara. Salah satu wisata alam yang menjadi terfavorit ialah Bukit Penanjakan 1 Gunung Bromo. Bukit Penanjakan ini memang sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan telah tiba.

Yang sangat menarik di wisata alam ini ialah lokasinya yang sangat strategis dengan wisata-wisata alam lainnya seperti Puncak Gunung penanjakan, Lautan Pasir Gunung Bromo, Padang Rumput Savana, Pasir Berbisik, Pura Poten, dan Kawah Bromo. Pasti kamu tidak akan bosan untuk datang ke tempat ini.

6. Kebun Raya Purwodadi

Bagi kamu yang suka wisata dengan nuansa alam indah dan udara yang sejuk, maka Kebun Raya Purwodadi ini bisa menjadi opsi terbaik. Di Kebun Raya ini, banyak sekali terdapat spot-spot yang menarik dan indah. Untuk kamu yang suka hunting foto, wisata ini sangat cocok kamu explore.

Pada mulanya, Kebun Raya Purwodadi ini hanyalah sebuah tempat penelitian. Namun, pada tahun 1954 taman ini mulai digunakan sebagai tempat untuk refreshing. Dengan udara yang sangat sejuk sangat mendukung suasana alam sekitar. Yang menjadi salah satu icon di Kebun Raya ini ialah keindahan taman bunganya yang sangat indah. Di samping itu, banyak pula fasilitas menarik dan mewadahi yang disediakan oleh pihak pengelola. Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati antara lain kolam air, taman Bougenville, sepeda air, dan masih banyak lainnya.

7. Candi Jawi

Sudah pernah mendengar Candi Jawi? Candi Jawi merupakan salah satu objek wisata di Pasuruan yang mana merupakan peninggalan bersejarah pada zaman dahulu. Bangunan candi yang memiliki arsitektur megah ini berada di kawasan Desa Candiwates, Pasuruan. Yang sangat unik, Candi Jawi ini memiliki bentuk ramping dan menjulang tinggi dan sangat jauh berbeda dari bentuk candi-candi pada umumnya. Kamu dapat melihat keunikan sebuah cerita yang tertuang dalam setiap ukiran Candi Jawi tersebut. Bagi kamu yang suka wisata yang kental dengan budaya dan corak peninggalan bersejarah maka Candi Jawi ini ialah pilihan yang sangat tepat. Untuk berkunjung ke tempat ini lokasinya ada di Jalan Raya Bogem, Prigen, Jawa Timur.

8. Saygon Waterpark

Tempat wisata Saygon waterpark tak boleh anda lewatkan karena menawarkan konsep wisata keluarga sekaligus edukasi yang sangat cocok untuk putra-putri anda. Terdapat replikasi pesawat Boeing 747 di dalam areal taman wisata Saygon Waterpark yang tentunya dapat dinaiki setelah puas bermain wahana air di kolam yang berukuran luas tersebut.

Maka itulah beberapa wisata unik dan menarik yang ada di Pasuruan yang bisa kamu explore saat waktu libur telah tiba. Selamat menikmati liburan di Kota Pasuruan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *