15 Tempat Wisata Paling Bagus Di Kediri Jawa Timur

Kamu suka traveling? Sudah sampai manakah perjalanan traveling kamu di Indonesia? Jika kamu ingin mencari suasana wisata yang tidak membosankan, kamu bisa mampir ke Kota Kediri. Kediri adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki sejarah yang cukup menarik di masa lalu.

Dulunya, Kediri merupakan sebuah tempat yang terkenal dengan Kerajaan Kediri. Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang cerita Kerajaan Kediri di pelajaran sekolah kan? Kini, kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang ini menjadi sebuah kota yang cukup ramai.

Terdapat banyak sekali tempat wisata di Kediri yang bisa menjadi tempat untuk bersandar di tengah hiruk pikuknya pekerjaan. Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Kediri adalah Gunung Kelud. Tempat terfavorit di Kediri ini mengundang para wisatawan dari seluruh pelosok nusantara.

Selain itu, masih banyak lagi tempat yang eksotik yang bisa kamu kunjungi di Kediri. Ada tempat wisata alam, tempat wisata sejarah, tempat rekreasi keluarga, bahkan kulinernya pun tidak ketinggalan dari daerah lain. Mau tahu lebih lengkap? Yuk lihat tempat wisata di Kediri apa saja yang paling menarik untuk dikunjungi!

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud

Seperti yang sudah disebutkan tadi, Gunung Kelud menjadi obyek wisata yang paling diminati di Kota Kediri. Kamu tidak boleh melewatkannya ketika merencanakan liburan di kota ini. Gunung Kelud adalah salah satu Gunung yang terbilang masih aktif. Letusan terakhir yang dilakukannya adalah pada tahun 2014 yang lalu. Pemandangan di Gunung Kelud sangat mempesona dan menyejukkan mata. Tak heran jika tempat wisata yang satu ini selalu ramai akan wisatawan. Keindahan gunung Kelud pun ternyata tidak sulit untuk di jangkau. Kamu bisa melewati jalan beraspal dan mulus tidak seperti trekking ketika mendaki gunung lainnya.

2. Simpang Lima Gumul

Wisata seru Simpang Lima Gumul menjadi obyek wisata yang cukup ramai. Di sini, dibangun sebuah monument simpang lima yang mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Kota Paris. Bangunan yang telah diresmikan pada tahun 2008 ini menjadi tempat nongkrong yang asik di sore hari. Banyak anak muda yang menghabiskan waktu untuk mengambil gambar menarik. Monumen yang berdiri kokoh dipadukan dengan warna senja memang terlihat sangat cantik ketika dipotret. Nah, monument Simpang Lima Gumul ini nyatanya memang merupakan titik pertemuan untuk menuju 5 daerah di Kediri yaitu Pagu, Pare, Plosoklaten, Pesantren, dan Gampengrejo. Kalau kamu mendambakan foto sunset yang mempesona di Kediri, kamu bisa segera mengunjungi Simpang Lima Gumul ini.

3. Goa Selomangleng

Kalau kamu merupakan seorang pecinta alam, kamu bisa mencoba mengunjungi goa dengan legenda yang sangat melekat dengan masyarakat Kediri ini. Goa yang bernama Selomangleng ini merupakan salah satu Goa yang dipercaya menjadi tempat pengasingan Dewi Kilisuci, putri dari Raja Airlangga. Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di dalam Goa. Beberapa hal menarik yang bisa kamu temukan di dalam Goa yang tidak terlalu luasini adalah relief yang diukir dengan begitu cantik. Nuansa mistis dan gelap sangat bisa dirasakan di goa ini. Apalagi kamu memang benar-benar bisa merasakan aroma Dupa yang membuat kamu menjadi semakin merinding. Tidak jauh dari tempat wisata ini, kamu bisa mengunjungi tempat wisata lain yang menarik yaitu Gunung Klothok dan Gunung Maskumambang.

4. Kampung Inggris

Tidak lengkap rasanya ke Kediri tanpa berkunjung ke Kampung Inggris yang berada di Pare. Pare disebut-sebut sebagai Kampung Inggris karena kamu akan menemukan lebih dari 100 lembaga Kursus Inggris yang berdiri. Di Pare, kamu bisa menemukan dan berkumpul dengan banyak pelajar atau orang-orang yang berkeinginan untuk belajar Bahasa Inggris dengan fasih dan benar. Para peserta berasal dari berbagai wilayah di Indonesia yang sengaja ingin mengasah ilmu Bahasa Inggris. Selain dapat ilmu, kamu akan mendapatkan bayak teman baru dii Kampung Inggris. Kebayang bagaimana asyiknya bukan?

Baca Juga : 10 Kuliner Lezat Khas Kediri, Yuk Dicoba

5. Air Terjun Dolo

Selain ada goa yang cukup mistis, Kediri juga menyimpan tempat wisata air terjun yang tidak kalah serunya. Air terjun yang bernama Dolo ini memikat hati para wisatawan karena kecantikan yang dimilikinya. Pemandangan di air terjun ini sangat indah. Siapa saja pasti akan betah untuk berlama-lama di sini. Pemandangan alam yang asri dipadukan dengan suasana yang rindang dari pepohonan hijau di air terjun Dolo membuat kamu betah berlama-lama di sini. Hawa yang sejuk tersebut berpadu dengan air yang dingin yang dapat menyejukkan hati. Air terjun dengan ketinggian 125 meter ini memang tidak terlalu tingi. Namun, tempatnya benar-benar instagrammable. Tidak hanya bisa mandi saja, namun kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas menarik di tempat ini. Contohnya saja track jogging, camping, mushola, play ground,dan masih banyak lagi.

6. Candi Surawana

Seperti yang sudah dikatakan tadi, Kediri menjadi kota yang penuh dengan sejarah. Kamu bisa mengunjungi situs bersejarah Candi Surawana yang terdapat di Kecamatan Pare, Kediri. Candi ini merupakan Candi kecil dengan corak Hindu. Candi yang diperkirakan dibangun pada abad 14 ini merupakan candi yang dibangun untuk memuliakan Raja Bhre Wengker yang berasal dari Kerajaan Wengker. Candi ini memang tidak terlalu besar. Ukurannya pun hanya sekitar 8×8 meter saja. Namun, tetap saja candi ini menarik hati para wisatawan yang bertandang ke Kota Kediri.

7. Gereja Puh Sarang

Salah satu obyek wisata dengan tema religi adalah Gereja Puh Sarang. Gereja ini terletak di Kecamatan Semen Kediri, tepatnya berada di Desa Puhsarang. Gereja tua ini dibuat oleh seorang insinyur yang bernama Heendricus Maclaine pada tahun 1931. Arsitektur yang melekat pada gereja ini merupakan perpaduan antara Majapahit dan Eropa. Keren kan? Tempat beribadah umat Kristen ini menjadi salah satu kekayaan budaya di Kediri. Struktur dari gereja Puh Sarang yang unik melibatkan patung-patung skala dari Yesus. Jika dilihat dari kejauhan, gereja ini sangat mirip dengan Kapal gunung. Ceritanya, hal tersebut menggambarkan penyelamatan Nabi Nuh serta penumpangnya .

8. Konto River Rafting

Untuk kamu yang memiliki hobi ekstrem arung jeram, kamu bisa mencoba untuk menguji adrenalinmu di tempat ini. Arung jeram dilakukan di Sungai Konto yang berada di Desa Kediri Siman. Kamu bisa menjangkau tempat ini dalam jarak 40 km dari Simpang Lima Gumul. Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain di Kota Kediri, Konto River Rafting memang terbilang baru. Namun jangan salah, peminat obyek wisata ini sangat tinggi lho. Jika kamu ingin mencoba menikmati arung jeram dengan panjang 13 km, kamu bisa segera mempersiapkan diri kamu ke tempat ini.

9. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari terletak di

10. Kediri Eco Park

11. Taman Sekartaji

12. Wisat Sumber Podang

13. Kampung Indian Kediri

14. Wisata Sumber Ubalan

15. Museum Fotografi Kediri

Bagaimana? Ternyata tempat wisata di Kediri itu sangat banyak ya. Segera rencanakan liburan di tempat ini bersama teman atau keluargamu.