12 Tempat Wisata Paling Indah Di Pacitan Jawa Timur

Pacitan adalah nama kota di Jawa Timur. Tempat ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Bahkan, kota ini mendapatkan julukan Kota Seribu Goa. Selain itu, Pacitan juga kaya akan wisata pantai. Apa saja tempat wisata di Pacitan yang recommended? Berikut ini daftarnya.

1. Pantai Klayar

Pantai Klayar ada di Pacitan, tepatnya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo yang letaknya sekitar 45 km dari pusat kota. Pantai ini sangat indah dan unik. Kamu bisa melihat adanya seruling laut di pantai ini. Yang dimaksud dengan seruling laut adalah karang besar yang memiliki celah. Ketika ada ombak yang datang, air akan memancar ke atas sehingga menimbulkan bunyi siulan.

2. Pantai Srau

Pantai Srau

Pantai Srau tak kalah cantik dengan Pantai Klayar yang sudah sangat populer. Lokasi pantai ini ada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku. Hal yang membuat pantai ini menakjubkan adalah ada 3 pantai dengan karakteristik berbeda yang bisa kamu nikmati. Di pantai pertama, ada pasir putih yang mempesona. Lalu, pantai kedua memiliki pasir yang teksturnya lebih kasar. Adanya batu karang di sekitar pantai membuat pemandangan makin memukau. Lalu, pantai terakhir tidak memiliki hamparan pasir. Di sini, kamu hanya akan melihat batu-batu berjejer. Banyak pengunjung yang duduk di atas batu tersebut untuk menikmati indahnya pemandangan pantai.

3. Pantai Watu Karung

Kamu hobi berselancar? Kunjungilah Pantai Watu Karung ini. Ombaknya yang sangat besar membuat aktivitas berselancar makin seru. Pantai ini berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan. Lokasinya agak jauh dari pusat kota sehingga sulit dijangkau. Akan tetapi, ketika sampai di pantai ini, Anda akan takjub dengan pemandangan airnya yang bersir serta pasir putih yang terhampar luas.

4. Pemandian Air Hangat Tirto Husodo

Ketika kamu merencanakan untuk berwisata keluarga, pemandian banyu anget ini bisa dipilih. Di sanak, kamu dan keluarga bisa mandi di ari panas sepuasnya. Lokasi tempat wisata ini sekitar 15 km dari pusat kota Pacitan, tepatnya di Karangrejo, Arjosari. Asal air panas ini dari perbukitan kapur. Kemudian, dialirkan ke kolam utama dan dicampur dengan air dingin supaya bisa dinikmati oleh pengunjung. Selain menikmati sensasi seru mandi di air hangat, kamu bisa melihat pemandangan asri dan indah di sekitar tempat pemandian ini.

5. Sungai Maron

Siapa bilang Green Canyon hanya ada di Amerika. Di Pacitan, kamu bisa menikmati pemandangan seperti Green Canyon luar negeri. Tepatnya ada di Desa Dersono, Pringkuku. Jika ditempuh dari Kota Pacitan, kamu akan memerlukan waktu sekitar 45 menit. Kamu bisa menyusuri sungai ini dengan naik perahu. Biasanya, para wisatawan ditemani oleh seorang guide. Pemandangannya luar biasa. Air sungai begitu jernih. Selain sebagai tempat wisata, sungai ini dimanfaatkan oleh penduduk untuk sumber air.

6. Pantai Pidakan

Pacitan memang surganya pantai. Ada hal unik yang bisa kamu temui di sini. Jika pada umumnya pantai memiliki hamparan pasir yang luas, berbeda dengan pantai Pidakan. Terdapat banyak kerikil berwarna putih di pantai ini. Tentu saja hal ini akan membuat Pantai Pidakan makin cantik dan mempesona. Siapa saja pasti betah berlama-lama di sini. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, datang saja ke alamat Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan.

7. Goa Song Terus

Suka dengan hal-hal mistis? Datang saja ke Goa Song Pacitan. Goa ini berada di Desa Mendolo Lor, Kecamatan Punung, Pacitan. Di sini, aura mistis sangat terasa karena ada kerangka manusia purba yang usianya lebih dari 10ribu tahun yang lalu. Banyak para arkeolog yang ke sini untuk melakukan penelitian terhadap sejarah manusia purba. Oleh warga sekitar, manusia purba yang ada di dalam goa tersebut adalah Mbah Sayem yang berusia sekitar 40 sampai 50 tahun.

Baca Juga : 15 tempat wisata unik di Kediri

8. Pantai Banyu Tibo

Dalam Bahasa Jawa, banyu tibo artinya air jatuh. Pantai ini dinamakan sebagai Pantai Banyu Tibo karena ada air terjun yang lokasinya di pinggir pantai. Ketika berkunjung ke pantai ini, kamu bisa menikmati segarnya air tawar dari air terjun. Bermain di air laut akan membuat badan lengket, tapi tak masalah. Setelahnya, kamu bisa membasuh tubuh dengan air terjun. Bagi yang tidak ingin berbasah-basahan main air, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar pantai yang memukau.

9. Pantai Kasap

Pacitan memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Kasap. Pantai ini sunggu menakjubkan. Banyak orang yang menyebut bahwa pemandangan di sekitar pantai mirip dengan Raja Ampat. Wow! Kamu akan menemukan keindahan gugusan pulau yang indah. Sekilas, benar-benar mirip di Papua. Pantai Kasap memiliki ombak yang besar dengan hamparan pasir putih yang membentang. Kamu juga bisa menikmati keindahan gugusan karang dan pemandangan yang indah dari atas bukit di Pantai Kasap. Kalau kamu datang ke sini di sore hari, kamu dapat menikmati indahnya sunset. Suasana sungguh romantis karena indahnya matahari tenggelam ditemani oleh suara deburan ombak dan angin laut.

10. Goa Gong

Goa Gong menjadi icon Kota Pacitan. Pesona di dalam goa sungguh indah. Tak hanya terkenal di Indonesia saja, tapi keindahan goa ini dikenal hingga kancah internasional. Ketika kamu masuk ke dalam goa, kamu akan melihat indahnya stalaktit dan stalagmit goa. Ada juga gugusan mineral yang terbentuk secara alami sehingga menambah keindahan Goa Gong. Dijamin kamu akan terkagum melihat keindahan goa ini. Akan tetapi, kondisi goa cukup licin. Jika kamu berkunjung ke sini, selalu waspada dan berhati-hati karena bisa terpeleset.

11. Goa Luweng Ombo

Umumnya, goa memiliki lubang secara horizontal bukan? Goa Luweng Ombo berbeda dengan goa-goa yang lain. Goa ini ini memiliki jalur secara vertikal sehingga seperti lubang yang besar. diameternya sekitar 50 meter dengan kedalaman 100 meter dapat membuat kamu mendapatkan pengalaman ekstrem yang tak terlupakan. Ada lorong-lorong gua dengan panjang 25 km. Tidak sembarang orang yang bisa masuk ke goa ini. Pasalnya, dibutuhkan nyali besar. Kamu harus membawa peralatan roping dan pengamanan lainnya. Setelah masuk ke dalam gua, kamu akan melihat pemandangan yang luar biasa.

12. Jurug Gringsing

Jurug Grinsing memiliki kesan alam yang sangat kental. Kamu akan merasa tenang dan damai dengan pemandangan indah ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Air Terjun Jurug Gringsing memilikii debit air yang tak terlalu deras. Kamu bisa puas-puasin main air di sini. Ada beberapa spot foto menarik di sini sehingga kamu bisa mengabadikan moment bersama keluarga atau sahabat. Kamu bisa berfoto membelakangi air terjun. Yang spesial, ada gundukan berbentuk hati sehingga memberikan kesan romantis.

Itulah 12 tempat wisata menarik dan mengagumkan di Pacitan. Kamu bisa memilih ingin berkunjung ke mana saja ketika berlibur ke Pacitan. Tentunya tak cukup waktu satu hari untuk bisa menikmati semua tempat wisata yang luar biasa di kota ini. Ayo rencanakan liburan kamu dengan persiapan yang matang biar makin seru!