10 Tempat Wisata Di Semarang Ini Punya Sejuta Kisah, Kunjungi Yuk..!!

Posted on

Semarang menjadi salah satu surga wisata terbaik di Indonesia. Tidak melulu Jogjakarta dan Solo, rupanya Semarang juga menyimpan pesona wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata di Semarang tidak kalah seru dan bisa membuat siapa saja tidak akan pernah melupakan moment membahagiakan di sana.

Potensi wisata yang dimiliki oleh Kota Semarang cukup menarik. Nah, yang paling menarik adalah dari sektor wisata alamnya. Semarang menyajikan wisata yang komplit mulai dari pantai, hutan, dan air terjun yang Indah. Kota Lumpia ini bisa menjadi masuk dalam salah satu rencana kunjunganmu bersama sahabat dan keluarga.

Langsung saja, buatlah 10 tempat wisata di Kota Lumpia berikut untuk masuk ke dalam daftar perjalananmu ketika berkunjung ke Semarang.

1. Rawa Pening

Danau Rawa Pening

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Semarang tanpa mengunjungi Rawa Pening. Rawa Pening merupakan sebuah danau yang indah. Rawa pening sendiri berasal dari Bahasa Jawa, rawa artinya danau dan pening artinya bening. Danau ini memang memiliki air yang sangat bening dan kamu dapat melihat pantulan warna awan dengan jelas melalui permukaan airnya.

Rawa pening bukan hanya sekedar tempat wisata yang mempesona. Namun, tempat ini rupanya menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Contohnya saja, untuk memancing, mengontrol banjir, bahkan untuk sumber irigasi sawah-sawah penduduk. Kamu dapat mengunjungi tempat ini dengan biaya tiket masuk yang sangat terjangkau. Menarik bukan? Bawalah keluarga besarmu untuk menikmati pesona keindahan rawa pening.

2. Pantai Marina

Bagi kamu para penikmat pantai, kamu juga dapat menemukan tempat wisata pantai yang menyegarkan di Kota Semarang. Pantai Marina dikatakan sebagai pantai favorit para wisatawan karena panorama alamnya yang sangat memukau. Kamu bisa berkeliling pantai untuk melihat keindahan ombak Pantai Marina. Jika waktumu banyak, kamu dapat menyaksikan pesona Pelabuhan Tanjung Mas yang terlihat dari pantai ini. Keunikan pemandangan yang disajikan juga dilengkapi dengan taman pelestarian alam untuk satwa kancil dan rusa. Kamu bisa memberi makan rusa dan kancil yang dilestarikan di kawasan pelestarian Pantai Marina.

Baca Juga : Objek Wisata Terkenal Di Bandung

3. Desa Wisata Kalipancur

Jika kamu terbiasa hidup di kota yang ramai, kini saatnya bagi kamu untuk mencoba menikmati ketenangan sebuah desa. Kamu bisa berkunjung ke Desa Wisata Kalipancur yang terletak di Ngaliyan,  Semarang.  Desa wisata ini bukan hanya sekedar tempat untuk menikmati pemandangan desa yang sangat asri, namun desa ini menjadi salah satu sarana edukasi. Kamu dapat menemukan miniature dari berbagai negara. Hal yang unik dari desa wisata yang satu ini adalah dirancang menggunakan sistem satu jalur. Biaya tiketnya pun tidak mahal. Kamu hanya perlu membayar 4 ribu rupiah saja untuk bisa menjelajahi keindahan desa Kalipancur. Asyiknya lagi nih, tempat wisata ini rupanya juga berdekatan dengan tempat wisata menarik lain seperti Waduk Jatibarang dan Goa Kreo. Jadi, sekali jalan bisa dapat beberapa tempat wisata ya.

4. Pantai Cipta

Kembali lagi ke wisata pantai yang memikat di Kota Semarang, kamu bisa mengunjungi Pantai Cipta. Pantai Cipta memiliki pemandangan yang sangat unik. Pemandangan ilalang liar di tepian pantai menjulang tinggi dan membuat para pecinta fotografi betah berlama-lama di tempat ini. Lokasi dari pantai Cipta berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Mas. Ketika senja hari tiba, kamu dapat menikmati indahnya sunset. Jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini memang belum begitu banyak. Jadi, suasananya masih nyaman dan menyegarkan. Kamu bisa leluasa untuk berfoto dan bersantai.

5. Brown Canyon

Namanya unik sekali ya, Brown Canyon merupakan salah satu tempat wisata paling favorit di kota Semarang. Tempat wisata yang satu ini sangat keren. Pemandangannya mirip dengan wisata alam di luar negeri. Sebenarnya, tempat wisata ini adalah tempat dengan tebing-tebing yang tinggi dengan pohon di puncaknya. Di bawah tebing terdapat danau cantik yang difungsikan sebagai tempat untuk menambang batu. Karena adanya kesibukan dari para penambang batu saat jam kerja, maka untuk kamu yang ingin datang ke tempat ini disarankan di waktu sore hari saja. Spotnya memang sangat unik untuk diabadikan. Pemandangan tebing yang mempesona belum tentu bisa kamu temukan di tempat lain di Indonesia. Maka, jangan sia-siakan untuk mengunjungi tempat ini jika pergi ke Semarang.

6. Masjid Agung Semarang

Masjid adalah sarana atau tempat bagi umat muslim untuk beribadah. Nah, Masjid Agung Semarang rupanya bukan hanya sekedar tempat wisata bagi umat muslim. Keelokan dari masjid ini membuat Masjid Agung Semarang menjadi tempat yang paling diminati oleh para wisatawan ketika berkunjung ke kota Semarang. Desain arsitektur dari Masjid ini memang begitu mempesona, perpaduan antara Yunani dan Jawa Tengah. Hal yang tidak kalah menariknya lagi adalah adanya payung raksasa yang bisa dibuka dan ditutup. Selain menunaikan ibadah sholat, kamu bisa mengabadikan foto di sana untuk mengenang keindahan masjid ini.

7. Lawang Sewu

Bangunan dengan sentral sejarah ini merupakan peninggalan dari Kolonial Belanda. Bangunan ini sudah dibangun sejak tahun 1904. Lawang Sewu bukan hanya sekedar tempat wisata menarik saja, namun juga menjadi tempat yang bersejarah. Tempat menarik ini memiliki jumlah pintu yang sangat banyak, sesuai dengan namanya. Karena tempat wisata ini merupakan bangunan tua, banyak sekali cerita mistis yang dihubungkan dengan bangunan ini. Banyak sekali uji nyali yang dilakukan di Lawang Sewu. Bahkan, Lawang Sewu kerap dijadikan sebagai tempat untuk syuting film karena keunikan yang dimilikinya. Yaps, untuk kamu yang ingin mengabadikan foto di Lawang Sewu, jangan lupa mengunjungi ikon Semarang yang satu ini ya.

8. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan tempat wisata sejarah yang berada di daerah Krajan. Gedong Songo berarti Sembilan bangunan. Jumlah candi di kompleks ini memang tadinya ada Sembilan, namun kini hanya 5 candi yang tersisa. Sebaiknya, kamu mempersiapkan waktu sehari penuh jika ingin berkunjung ke tempat ini. Kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa menelusuri kelima candi.

9. Curug Benuwo

Bagi kamu penikmat wisata air terjun, kamu bisa mampir ke Curug Benuwo. Curug ini terletak di Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang. Air terjun ini dikelilingi oleh 25 tebing dengan ketinggian mencapai70 meter. Akses menuju curug ini cukup sulit dan terjal. Cocok sekali nih buat kamu yang suka tantangan.

10. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti menawarkan tempat wisata mewah ala Semarang. Wisata ala mini terletak di kawasan pegunungan yang asri. Tidak seperti tempat wisata alam lainnya, Umbul Sidomukti Menyediakan fasilitas outbond, kolam renang alam, dan banyak sekali permainan yang menguji adrenalin.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Jakarta

Nah, tempat wisata manakah yang paling menarik perhatianmu? Rencanakan liburanmu sekarang juga agar semua tempat tersebut bisa kamu kunjungi. Jangan lupa, abadikan setiap moment indah di masing-masing tempat yang kamu kunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *