10 Tempat Wisata Di Surabaya Yang Paling Menarik Dikunjungi

Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Oleh karena itu, tak heran jika kota ini memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi. Tempat-tempat wisata tersebut juga sangat cocok menjadi tempat liburanmu bersama keluarga ataupun pasanganmu. Selagi berada di Surabaya, kamu wajib berkunjung ke beberapa tempat wisata berikut ini:

1. Hutan Bambu dan Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih

Tempat wisata di Surabaya pertama yang bisa kamu kunjungi adalah hutan bambu dan Taman Harmoni Keputih. Di tempat ini kamu bisa berfoto dengan berlatar belakang bambu yang sangat mempesona. Tempat wisata yang berlokasi di bagian Timur Surabaya ini sudah banyak menarik perhatian pengunjung baik dari Kota Surabaya maupun yang dari luar Surabaya. Selain untuk jalan-jalan dan bersantai, hutan bambu ini juga cocok dijadikan lokasi untuk foto pernikahan. Kamu bisa mendapatkan foto sesukamu dengan cuma-cuma.

Setelah puas menikmati hutan bambu, kamu juga bisa menuju ke Taman Harmoni yang letaknya di belakang terminal Keputih. Tempatnya tidak kalah rindang dan juga ada banyak bunga yang sangat indah. Biasanya, Taman Harmoni ini digunakan untuk jogging dan berolah raga di pagi hari. Apalagi, di sini juga terdapat area refleksi kaki yang bisa kamu gunakan untuk menyehatkan tubuh. Selain untuk orang dewasa, taman ini juga banyak sekali tempat bermain anak yang akan membuat mereka merasa betah jika berada di Taman Harmoni.

2. Taman Bungkul

Taman Bungkul berada di tengah kota, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Awalnya, taman ini merupakan area wisata religi yaitu tempat ziarah ke makam Ki Ageng Supo atau Sunan Bungkul (salah satu ulama penyebar agama Islam). Akan tetapi, sekarang lingkungan di sekitarnya sudah dirapikan oleh pemerintah kota menjadi taman yang cukup menawan. Berbagai fasilitas juga sudah tersedia di tempat wisata ini. Salah satu fasilitas yang bisa kamu jumpai yaitu tempat bermain anak seperti perosotan, ayunan dan jungkat-jungkit. Selain itu, ada juga area untuk bermain BMX, jalur jogging dan skateboard.

Di bagian tengah taman Bungkul tersedia amfiteater terbuka dengan garis tengah sepanjang 33 meter. Saat akhir pekan, sering diadakan pergelaran musik ataupun pertunjukan menarik lainnya di amfiteater tersebut. Fasilitas lain yang tidak kalah menarik adalah adanya jaringan internet, keran air minum serta pedagang kuliner khas Surabaya yang sudah tertata dengan rapi di taman Bungkul.

3. Pantai Ria Kenjeran Park

Tempat wisata Pantai Ria Kenjeran Park berada di Kota Surabaya bagian Timur Laut. Tepatnya sekitar 100 km dari Pantai Kenjeran Lama. Kamu hanya akan dikenai biaya sebesar Rp 15.000 per orang untuk bisa masuk ke lokasi wisata ini. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam saat matahari terbit ataupun saat matahari terbenam. Selain itu, kamu juga bisa bermain pasir, berenang atau sekedar menikmati bangunan berarsitektur khas Tiongkok yang ada di pantai tersebut. Kamu bisa mengunjungi beberapa bangunan vihara dengan desain yang menarik Seperti replika Budha Catur Muka di Thailand, bangunan Tian Ti (replika Temple of Heaven di Tiongkok, Sanggar Agung yang memiliki desain perpaduan antara Tiongkok dan Bali, dan juga patung Dewi Kwan Im disertai patung naga yang memiliki tinggi sekitar 20 meter.

Jika kamu ingin menikmati aktivitas lain, kamu bisa berkunjung ke Kenjeran Waterpark, kolam pemancingan, area berkuda, area go kart atau bisa jug ataman bermain lainnya. Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Pantai Ria Kenjeran Park yaitu berfoto di dekat jembatan Suroboyo yang memiliki latar belakang Kampung Bulak. Kampung Bulak merupakan wilayah yang terkenal dengan sebutan kampung warna-warni. Hal itu disebabkan karena rumah-rumah yang ada di kampung tersebut dicat dengan warna terang, sehingga sangat bagus jika digunakan sebagai lokasi berfoto.

4. Kebun Binatang Surabaya

Tempat wisata di Surabaya lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Kebun Binatang Surabaya. Tempat ini merupakan tempat wisata terfavorit sepanjang masa. Lokasinya berada di tengah kota yaitu di dekat patung Sura dan Boyo di Jl Setail No 1 Darmo, Wonokromo, Surabaya. Harga tiket masuk di kebun binatang Surabaya ini yaitu sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000 saja dan buka pada pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore.

Kebun binatang Surabaya memiliki koleksi hewan yang cukup lengkap. Bahkan kebun binatang ini juga pernah menjadi kebun binatang yang terlengkap di Asia Tenggara yaitu dengan 351 jenis hewan. Dengan alasan tersebut, pantaslah jika kebun binatang Surabaya menjadi salah satu tempat wisata yang sangat sempurna untuk menambah pengetahuan serta mengenalkan anak tentang hewan dan alam.

5. De Mata Trick Eye Museum

Bagi kamu yang suka berfoto dan mengunggahnya ke media sosial, maka kamu wajib mengunjungi De Mata Trick Eye Museum. Tempat wisata ini merupakan museum 3 dimensi dengan ratusan koleksi gambar yang bisa menciptakan ilusi pada mata sehingga terlihat nyata dan hidup. Kamu bisa terlihat sedang berfoto dengan tokoh dunia yang terkenal, memanjat gedung pencakar langit ataupun yang lainnya. Jika kamu tertarik berkunjung ke tempat ini, kamu bisa datang ke Surabaya Town Square di Jl. Hayam Wuruk No 6 Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya. Tempat wisata ini juga sangat dekat dengan kebun binatang Surabaya dan buka setiap hari dari pukul 10 pagi sampai dengan 10 malam.

Meskipun memiliki harga tiket masuk yang lumayan mahal yaitu sekitar Rp 50.000, namun dijamin akan sangat sebanding dengan semua yang kamu dapatkan di sana. Apalagi, museum ini tidak kalah keren dari museum serupa yang ada di luar negeri. Selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah museum ini memiliki unsure nusantara yang akan semakin membuatmu takjub jika melihatnya.

6. Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Surabaya, maka kamu bisa mengunjungi monumen kapal selam yang berada di daerah Genteng. Kapal selam di museum ini merupakan bentuk asli dari KRI Pasopati 410 yang pernah digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari penjajahan Belanda. Di dalam museum ini, kamu juga bisa melihat bagian dalam kapal yang berupa bilik-bilik kecil. Selain itu, kamu juga bisa menuju ruang audio visual jika ingin melihat film dokumentasi mengenai sejarah dari kapal ini.

Harga tiket masuk ke Museum Monkasel ini cukup murah, yaitu sekitar Rp 10.000 saja. Kamu bisa berkunjung di hari Senin sampai Jumat dari jam 8 pagi sampai dengan jam 9 malam.

7. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo

Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata gratis di kota Surabaya. Pengunjung akan mendapatkan suasana asri diantara rindangnya pepohonan. Arena bermain untuk anak serta areal bumi perkemahan menjadi pelengkap suasana refreshing saat akhir pekan tiba.

Surabaya memang memiliki berbagai tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Dengan banyaknya tempat-tempat wisata tersebut, semoga bisa menjadikan Surabaya lebih dikenal oleh masyarakat baik masyarakat Indonesia maupun mancanegara.