10 Khasiat Temu Lawak Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Indonesia dengan rempah-rempah tampaknya sulit untuk dipisahkan, karena selain sebagai bumbu untuk kuliner Indonesia, rempah-rempah tersebut juga sering digunakan untuk jamu atau ramuan tradisional khas Indonesia.

Dari sekian banyak jenis rempah asli Indonesia, salah satunya adalah temu lawak. Tanaman dengan nama latin Curcuma xanthorrhiza tersebut masih tergolong dalam kelompok obat dengan suku temu-temuan. Tanaman herbal yang mampu hidup pada daerah hingga ketinggian 1.500 mdpl ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya untuk tubuh.

Manfaat temu lawak untuk kecantikan juga sudah dipercaya sejak dahulu sebagai ramuan perawatan tradisional. Pada tanaman yang dimanfaatkan rimpangnya tersebut juga mengandung berbagai nutrisi serta senyawa kimia yang baik, seperti zat kurkuminoid, minyak lemak, mineral, karbohidrat, protein, serat, kalium, magnesium, natrium, zat besi, dan masih banyak lagi. Adapun manfaat temu lawak yang sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan antara lain:

Jantung yang memegang peranan penting dalam tubuh juga merupakan organ yang cukup sensitif. Ketika jantung berhenti memberi pasokan darah, maka seluruh tubuh pun akan bermasalah.Maka dari itu, untuk menjaga agar jantung tetap berfungsi secara normal, Anda bisa merawatnya dengan rajin mengonsumsi temu lawak. Dengan kandungan zat kurkuminoid dan nutrisi yang tinggi, temu lawak mampu membantu membantu jantung dalam melancarkan sistem peredaran darah.

Menjaga Kesehatan Hati
Tidak hanya untuk jantung, manfaat temu lawak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan hati. Hati manusia sendiri memiliki tugas yang cukup berat karena harus menetralisir racun yang masuk dalam tubuh.Maka dari itu, untuk membantu mengoptimalkan kinerja hati dan menjaga hati tetap sehat, Anda bisa memanfaatkan kandungan katagoga dalam temu lawak. Dimana kandungan tersebut berfungsi untuk merangsang hati dalam mengosongkan empedu di dalamnya.

Mengatasi Radang Persendian
Manfaat temu lawak dengan efek farmakologinya juga mampu meringankan radang persendian. Dengan kandungan senyawa kurkumin yang bersifat anti inflamasinya, rasa sakit akibat radang akan berkurang dan jika temu lawak tersebut dikonsumsi secara rutin maka radang persendian tersebut akan cepat hilang.

Menambah Nafsu Makan
Manfaat temu lawak sebagai ramuan herbal penambah nafsu makan memang sudah tidak diragukan lagi. Terbukti dengan banyaknya bermunculan suplemen penambah nafsu makan yang menggunakan temu lawak sebagai bahan bakunya.Hal tersebut karena terdapatnya minyak atsiri pada temu lawak yang mengandung beberapa senyawa kimia yang baik seperti kamfer, phelandren, borneol, tumerol, xanthorrizol dan sineal. Nah, bagi Anda yang ingin mengonsuminya, Anda bisa menggunakan cara mengolah temu lawak berikut ini:

  • Siapkan 25 gram temu lawak yang dicuci bersih dan 10 gram asam jawa
  • Rebus bahan tersebut dalam 600 cc ait putih dan tambahkan gula merah secukupnya
  • Biarkan hingga mendidih dan sisa air menjadi setengahnya
  • Kemudian angkat dan saring air rebusan temu lawak tersebut
  • Lebih baik ramuan tersebut diminum saat masih hangat

Sebagai Antioksidan
Tubuh yang sering terpapar sinar UV dan polusi udara akan lebih rentan terkena radikal bebas yang berbahaya. Untuk melindungi tubuh, dibutuhkan antioksidan yang tinggi seperti pada temu lawak. Dengan kandungan senyawa kurkuminnya yang bersifat anti oksidan, temu lawak mampu menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

Menghilangkan Jerawat
Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat temu lawak juga kondang untuk mengatasi berbagai masalah kulit serta kecantikan, seperti jerawat. Karena jerawat yang muncul karena debu dan polusi mampu dicegah dengan kandungan antioksidan pada temu lawak serta kandungan anti inflamasinya untuk menghilangkan jerawat. Penggunaan temu lawak sebagai perawatan kecantikan untuk menghilangkan jerawat bisa dengan dikonsumsi sebagai minuman hangat atau dijadikan sebagai masker wajah.

Mencerahkan Kulit Wajah
Manfaat temu lawak yang paling digemari dan dicari oleh sebagian besar wanita adalah kemampuannya dalam membantu mencerahkan kulit wajah. Dengan kandungan nutrisi dan senyawa di dalamnya, temu lawak mampu membuat kulit wajah tampak cerah dan putih secara efektif. Gunakanlah temu lawak sebagai masker wajah secara rutin agar hasil lebih optimal dan cepat terlihat hasil yang diinginkan.

Mencegah Penuaan Dini
Dengan kandungan zat antioksidannya, manfaat temu lawak juga sangat baik dalam mencegah terjadinya penuaan dini. Penuaan dini biasanya ditandai dengan semakin membesarnya kantung mata, munculnya garis-garis halus, dan lain-lain.

Untuk mencegah penuaan dini terjadi, selain merubah gaya hidup lebih sehat, Anda juga bisa menggunakan masker temu lawak sebagai perawatan kecantikan wajah. Karena selain sebagai anti aging, manfaat temu lawak untuk kecantikan juga dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam pada wajah, menghaluskan wajah, menghilangkan bekas luka, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya untuk kesehatan dan kecantikan saja, ternyata manfaat temu lawak juga dapat digunakan untuk semua usia mulai dari balita dan bahkan untuk ibu menyusui, seperti melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI, serta untuk wanita yang nyeri saat haid.