7 Manfaat Utama Terong Ungu Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa sih yang tidak mengenal sayuran berwarna ungu ini? Sayuran yang berbentuk lonjong ini merupakan jenis tanaman yang berasal dari India. Sayuran ini cukup mudah ditemukan di pasar-pasar di Indonesia. Selain memiliki rasa yang enak, Terong ungu juga kaya akan berbagai manfaat.
Sehingga tidak mengherankan jika sayuran ini cukup banyak diburu setiap harinya. Apalagi harganya yang murah. Tentu saja sangat bersahabat bagi masyarakat di Indonesia sebagai sajian masakan yang enak, lezat, murah dan menyehatkan.
Kandungan gizi di dalam terong ungu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam satu buah terong ungu terdapat kandungan serat yang tinggi, lemak, protein, vitamin A,B, C,K,E, triptophan, fosfor, asam folat, nasunin dan mineral. Karena kandungan yang dimilikinya tersebut tidak mengherankan jika manfaat terong ungu bagi kesehatan sangat beragam.
Nah berikut ini adalah manfaat terong ungu yang baik untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui. Siapa sangka di dalam sayuran yang murah ini memiliki segudang manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Penasaran? Simak penjelasan berikut ya!

 

Membantu Mengobati Asam Lambung

Jumlah produksi asam yang berlebih di dalam lambung dapat memicu berbagai masalah di dalam tubuh. Bisa menyebabkan perut begah, mual, kembung, perih dan rasa panas seperti terbakar pada kerongkongan. Terkadang pula menyebabkan lemah, lesu dan demam. Salah satu manfaat terong ungu adalah mampu mengobati asam lambung. Terong ungu berfungsi mengontrol produksi asam berlebih pada lambung sehingga dapat menormalkannya jika melebihi batas. Menjadikan kesehatan sistem pencernaan Anda akan lebih terjaga.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat terong ungu yang kedua adalah dapat mencegah penuaan dini. Munculnya tanda-tanda penuaan dini tentu menjadi masalah tersendiri bagi Anda terutama jika Anda seorang wanita. Kulit yang awalnya mulus dan kencang tiba-tiba menjadi kusam dan keriput. Tentu saja hal ini tidak mau terjadi pada diri Anda bukan?. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mencegah terjadinya penuaan diri adalh dengan mengonsumsi terong ungu. Kandungan gizi di dalam terong ungu dipercaya mampu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, sehingga kulit Anda senantiasa sehat, kencang dan mulus tanpa keriput.

Mendukung Pembentukan Otot

Memiliki otot yang besar tentu menjadi kebanggaan bagi seorang pria. Salah satu hal yang dilakukannya adalah dengan rutin berolahraga seperti fitnes. Namun sayangnya untuk bisa memiliki otot yang besar, tidak hanya dibutuhkan latihan olahraga yang rutin, akan tetapi asupan gizinya harus juga terpenuhi. Salah satu makanan yang banyak mengandung protein yang dapat mendukung pertumbuhan otot adalah sayuran berwarna ungu ini. Terong ungu kaya akan kandungan protein yang dapat mendukung Anda untuk membentuk otot yang besar.

Meningkatkan Ketajaman Bola Mata

Manfaat terong ungu selanjutnya adalah meningkatkan ketajaman bola mata. Terong ungu kaya akan kandungan berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan vitamin A-nya yang tinggi.Jika Anda memiliki gangguan pada kualitas penglihatan Anda, misalnya mata minus ataupun rabun jauh. Maka Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi jus terong ungu. Dengan mengonsumsi secara rutin dapat meningkatkan kemampuan ketajaman bola mata Anda.

Meningkatkan Fungsi Otak

Siapa sangka di dalam sayuran berbentuk lonjong dan berwarna ungu ini ternya tersimpan sejuta manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Salah satu manfaat terong ungu bagi tubuh adalah mampu meningkatkan kemampuan otak. Dengan mengonsumsi terong ungu secara rutin dipercaya dapat meningkatkan daya konsentrasi otak.

Memelihara Kesehatan Tulang

Terong ungu kaya akan kandungan magnesium, kalsium , kalium dan tembaga yang dibutuhkan oleh tulang. Dengan mengonsumsi terong ungu secara rutin dipercaya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan tulang dan gigi. Jika nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang terpenuhi maka Anda akan terhindar dari osteoporosis yang biasanya terjadi di masa senja.

Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Terong memiliki kadar serat yang tinggi dengan jumlah karbohidrat yang rendah. Sehingga terong menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari.  Apalagi bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes. Terong ungu memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah sehingga Anda akan terhindar dari resiko hipertensi dan serangan jantung.
Banyak manfaat terong ungu yang bisa Anda dapatkan jika Anda konsumsi secara rutin. Selain memiliki rasa yang enak, terong ungu memiliki harga yang murah. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk melakukan pola makanan sehat. Untuk menjadi sehat tidak harus mahal.
Buktinya? Dengan 2000 rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari terong ungu ini. Anda dapat mengolahnya menjadi menu masakan yang istimewa. Yang pasti sehat tentunya. Jangan malas juga untuk mencari resep-resep terbaru untuk mengolah terong ungu, sehingga Anda bisa menghidangkan terong ini dengan lebih istimewa.