10 Contoh Usaha Sampingan Tanpa Modal

Punya banyak waktu luang dan ingin mencoba bisnis sampingan? Usaha sampingan sah-sah saja untuk dilakukan. Ini akan membuat penghasilan kamu menjadi lebih banyak dan bisa menabung untuk masa depan. Jangan ragu untuk melakukan bisnis sebisa kamu. Jika memang kamu mampu, mengapa tidak mencobanya.

Biaya hidup yang semakin mahal membuat setiap orang harus lebih pandai lagi dalam mencari uang. Seiring berjalannya waktu, pengeluaran akan bertambah dan kamu harus memiliki dana yang cukup untuk mencukupi semua kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, cobalah beberapa macam jenis usaha sampingan dengan modal kecil berikut ini untuk menambah penghasilan.

Usaha Sampingan

1. Bisnis Dropship

Di era yang serba digital ini, banyak orang yang sudah mengenal sistem perdagangan jual beli via online. Untuk itu pilihan untuk menjalankan bisnis online adalah salah satu langkah terbaik untuk mendapatkan penghasilan. Dropship merupakan bagian dari bisnis online dimana kamu akan berperan sebagai seorang dropshipper.

Sebagai seorang dropshipper, kamu tidak perlu memiliki banyak stok barang. Tugas yang dilakukan hanyalah melakukan promosi dagangan supplier mu kepada masyarakat luas. Nah, kamu harus memiliki media sosial untuk mempromosikan barang yang kamu tawarkan. Dalam hal ini, harus mencari supplier yang terpercaya. Jika nantinya tokomu mendapatkan orderan dari pelanggan, maka supplier lah yang akan mengirimkan barang kepada pelanggan.

Keuntungan akan kamu dapatkan dari harga jual produk dikurangi dengan harga dari supplier. Contohnya saja, jika supplier memberikan harga 80 ribu dan kamu menjualnya kembali dengan harga 100ribu, maka kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar 20 ribu rupiah.

2. Menjual pakaian bekas

Jenis usaha sampingan kedua yang bisa kamu lakukan adalah menjual pakaian bekas. Jika kamu memiliki banyak stok pakaian bekas yang masih layak pakai, kamu bisa mempromosikannya. Selain itu, kamu juga bisa menjual pakaian milik teman-temanmu. Kamu tidak perlu modal untuk menjual pakaian bekas. Yang kamu perlukan hanyalah keberanian. Jangan lupa, pakaian bekas yang kamu jual adalah pakaian yang branded ya. Jadi, nantinya banyak yang akan berminat untuk membelinya.

3. Jasa desain grafis

Pernahkah kamu berpikir untuk membuka usaha desain grafis? Jika kamu kebetulan cukup mahir dalam menggunakan laptop ataupun komputer, kamu dapat berkarya untuk bisa menghasilkan uang. Banyak orang yang kini membutuhkan jasa seperti desain logo, kartu nama, stiker, flyer, poster, dan masih banyak lagi. Inilah kesempatan kamu untuk membuat sebuah usaha sampingan. Pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah. Kamu hanya butuh laptop dan komputer serta mesin printer saja. Untuk masalah promosi, kamu bisa melakukannya melalui media sosial.

4. Les Privat

Nah, usaha sampingan selanjutnya yang bisa kamu coba adalah usaha membuka les privat. Manfaatkan apa yang kamu miliki untuk menghasilkan uang tanpa harus keluar modal banyak. Kamu bisa membuka jasa les privat di rumah dengan menyebar flyer atau selebaran. Kalo kamu memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris, kamu bisa mengajarkan Bahasa Inggris. Begitu pula dengan kamu yang memiliki kemampuan untuk bermain musik ataupun menari. Kamu bisa menuliskan jenis les privat yang kamu tawarkan. Bahkan, kamu bisa menerima les panggilan.

5. Jasa Content Writer

Kamu memiliki bakat menulis? Bagi kamu yang memiliki bakat menulis atau yang ingin bekerja di bidang menulis, kamu dapat mencoba untuk menjadi seorang penulis artikel atau content writer freelance. Mencari lowongan penulis artikel bisa kamu lakukan melalui situs–situs pencari kerja. Honornya juga lumayan lho.

Jika kamu memiliki waktu yang lebih, bahkan kamu bisa membuat blog atau tulisan untuk dipajang di media online. Jika tulisan yang kamu buat menarik, honor yang kamu dapatkan akan lebih banyak. Sering menulis sering pula kamu akan menerima transferan honor. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan dengan menulis artikel yang menarik.

6. Admin media sosial

Media sosial bukan lagi menjadi sebuah hal yang asing bagi banyak orang. Banyak orang yang begitu lihai dalam menjalankan media sosial. Apakah kamu salah satu diantaranya? Jika kamu berpengalaman dan lihai dalam menjalankan sebuah media sosial, kamu dapat mempromosikan dirimu sebagai admin dari media sosial. Banyak perusahaan kecil dan toko online yang membutuhkan admin media sosial untuk mempromosikan produk yang ditawarkan.

Tugas dari admin media sosial adalah memuat content, memperbanyak followers, ataupun memposting produk-produk dari toko online tempat kamu bekerja. Pekerjaan ini sangat mudah untuk kamu lakukan. Kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Jadi, siapkah kamu untuk menjadi admin dari media sosial suatu toko atau perusahaan?

7. Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah seringkali dicari oleh banyak perusahaan. Penerjemah nantinya akan bertugas menerjemahkan artikel ataupun dokumen dari bahasa asing ke bahasa Indonesia, ataupun sebaliknya. Jika kamu memiliki keahlian yang lebih dalam bidang berbahasa, maka jangan pernah sia-siakan kesempatan untuk menjadi seorang penerjemah.

Cobalah untuk mencari lowongan pekerjaan di situs-situs pencari kerja. Banyak perusahaan yang membutuhkan penerjemah untuk membantu pekerjaan mereka. Bekerja menjadi seorang penerjemah tidak merepotkan. Kamu bahkan bisa melakukannya di rumah.

8. Jasa kaos Pre Order

Salah satu bisnis yang digeluti anak muda anak muda jaman sekarang adalah menjual kaos dengan menggunakan sistem pre order. Mengapa usaha ini tidak membutuhkan modal? Jelas saja, sistem pre order berarti pelanggan akan memesan kaos dan memberikan uang muka terlebih dahulu. Setelah biaya terkumpul, nanti kamu bisa mencetak barang sesuai dengan pesanan para pelanggan.

Kaos pre order umumnya memiliki desain yang sangat unik. Kamu harus pandai-pandai untuk mencari desain yang bagus senantiasa memasarkannya dengan teliti. Dengan demikian, banyak pembeli yang akan tertarik untuk membelinya.

9. Makelar properti

Jika kamu memiliki banyak waktu luang, kamu bisa mencoba untuk menjadi makelar properti. Caranya yaitu kamu bisa melamar pekerjaan di agen properti freelance. Honor dari pekerjaan ini pun cukup banyak. Jika kamu berhasil menjual rumah, tanah, ataupun apartemen, kamu akan mendapatkan komisi yang besar.

Untuk memasarkan unit bangunan property, kamu bisa melakukannya melalui internet. Kamu dapat melakukan posting di berbagai media sosial, masuk ke dalam forum online, ataupun masuk ke dalam website jual beli. Kamu tidak akan rugi jika tidak terjual dan kamu akan mendapatkan untung besar jika kamu berhasil menjualnya.

10. Jual Foto di internet

Kamu berbakat di bidang fotografi? Jika kamu memiliki kamera sendiri maka kamu bisa memanfaatkan kemampuan yang kamu miliki untuk menghasilkan uang. Berbekal keahlian memotret dan kamera, kamu bisa menawarkan jasa foto atau pun menjual foto-foto di situs penjualan foto yang sudah banyak bermunculan.

Itulah ke 10 contoh usaha tanpa modal dengan hasil melimpah yang bisa kamu coba. Jika sudah memiliki niat yang kuat, maka pasti bisa mendapatkan keberhasilan meskipun itu hanya merupakan pekerjaan yang dapat dilakukan paruh waktu. Selamat mencoba.