Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi Wajah Berminyak Dengan Cepat

Apakah kulit wajah Anda termasuk dalam jenis berminyak?. Jika iya, tentu hal tersebut menjadi suatu permasalahan yang menjengkelkan bukan. Tak hanya Anda, bahkan kebanyakan orang akan merasa kurang percaya diri karena mempunyai wajah berminyak dan mengkilap. Selain dapat menurunkan tingkat percaya diri, wajah berminyak juga dapat menimbulkan masalah baru pada wajah seperti wajah menjadi kusam dan timbulnya jerawat.
Memang, minyak pada wajah sebenarnya diproduksi oleh kulit, akan tetapi ada sebagian orang yang produksi minyaknya berlebih sehingga wajah pun akan terlihat terus berminyak. Nah, jika kulit Anda termasuk dalam jenis kulit berminyak, tak perlu khawatir karena masih bisa diatasi dengan cara-cara yang mudah tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Dan berikut beberapa cara mengatasi kulit wajah berminyak yang bisa Anda praktekan di rumah.

Selalu Bersihkan Wajah

Cara mudah untuk mengatasi wajah yang berminyak yaitu dengan rutin membersihkannya. Mengingat wajah Anda termasuk dalam jenis berminyak, maka Anda bisa memilih produk pembersih wajah sesuai dengan tipe wajah tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur.

Gunakan Air Hangat

Cara mengatasi kulit wajah berminyak yang tepat yakni dengan menggunakan air hangat. Air hangat akan membantu membuka pori-pori wajah sehingga minyak pada wajah akan berkurang secara efektif.

Lemon

Selain menggunakan cara-cara yang tepat, cara mengatasi kulit wajah berminyak juga bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami salah satunya dengan menggunakan lemon. Ya, lemon sendiri kaya akan vitamin C dan antioksidan tinggi.
Tak hanya itu saja, bahkan pada buah lemon ini terdapat kandungan asam alpha hidroksi yang bagus untuk menangkal radikal bebas pada kulit wajah. untuk mengaplikasikannya pun mudah, cukup dengan mengoleskan air perasan lemon pada wajah Anda. Lakukan cara tersebut secara teratur maka minyak pada wajah akan berangsur berkurang.

Jeruk Nipis dan Putih Telur

Seperti diketahui bahwa jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Hal ini pula yang membantu kulit supaya terhindar dari jerawat, membantu mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah dan tentu saja membantu mengatasi kulit wajah berminyak.
Sementara putih telur berperan penting untuk membuat wajah terasa lebih kenyal dan membuatnya cerah mengingat pada putih telur terdapat protein dan mikronutrein. Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan memanfaatkan jeruk dan putih telur yaitu dengan menggunakan putih telur sebagai masker wajah. Jangan lupa tambahkan air perasan jeruk nipis pada putih telurnya ya.

Almond

Tak hanya berperan penting dalam membantu mengangkat sel kulit mati, almond juga bekerja efektif sebagai cara mengatasi kulit wajah berminyak pada wajah Anda. Cara membuatnya pun mudah, Anda hanya perlu menumbuk halus sebanyak 2 biji almond, setelah itu tambahkan dengan 2 sendok teh madu. Olekan bahan tersebut pada wajah secara merata.

Susu

Supaya wajah tidak terlihat berkerut dan selalu terasa kenyal, maka Anda bisa memanfaatkan minuman yang kaya kalsium satu ini. Ya, susu dapat bermanfaat untuk untuk membantu mengatasi wajah berminyak karena adanya kandungan vitamin D dan B6 yang membuat kulit wajah selalu dalam keadaan lembab.
Cara mengatasi kulit wajah berminyak dengan menggunakan susu sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan  susu segar yang ditambahkan dengan 1 sendok makan madu. Setelah itu, aduk kedua bahan tersebut untuk dijadikan masker. Oleskan pada wajah selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air bersih.

Apel

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, kulit juga harus diimbangi dengan adanya vitamin A yang bisa Anda dapatkan pada buah apel. Selain itu, adanya senyawa antiseptik pada apel berperan penting untuk mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu maka minyak yang menumpuk pada wajah akan berangsur berkurang. Cara memanfaatkan buah apel untuk wajah berminyak yakni dengan memarut beberapa buah apel hingga halus, setelah itu gunakan apel yang sudah diparut tersebut untuk dijadikan masker wajah.

Yoghurt

Tentu Anda sudah tak asing lagi bukan dengan minuman olahan susu satu ini?. Ya, yoghurt memang kaya akan zinc dan kalsium. Zinc berperan penting untuk membantu mengatasi masalah pada kulit wajah, sementara untuk kalsium berperan penting untuk untuk mencegah supaya kulit tidak kering dan juga dehidrasi.
Tak sampai disitu saja, bahkan yoghurt juga mengandung vitamin B kompleks yang mampu menyehatkan kulit wajah sehingga wajah bisa selalu tampil bersinar. Yang Anda perlukan cukup sediakan yoghurt tanpa rasa, setelah itu gunakan yoghurt tersebut untuk dijadikan masker wajah. Lakukan cara tersebut secara rutin minimal 2 kali seminggu supaya hasilnya maksimal.
Lalu, manakah cara mengatasi kulit wajah berminyak yang Anda ingin lakukan dirumah?. Untuk hasil terbaik, pastikan Anda melakukan cara-cara di atas secara teratur ya, selamat mencoba.