10 Destinasi Wisata Paling Menarik Di Cirebon, Jawa Barat

Aktivitas sehari-hari yang dilakukan terus-menerus tentu akan membuatmu merasa bosan. Belum lagi tekanan yang dihadapi juga membuat stres. Wah, jika sudah dalam tahap ini, artinya kamu butuh refreshing. Tidak perlu jauh-jauh. Cobalah kunjungi beberapa tempat wisata di Cirebon. Tidak percaya kalau Cirebon juga punya berbagai tempat wisata yang kece? Sebaiknya kamu buktikan sendiri deh.

Seperti yang kita ketahui, Cirebon adalah sebuah kota yang secara geografisnya masuk Provinsi Jawa Barat. Letaknya sendiri ada di sebelah utara Pulau Jawa, perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Jalur panturanya sendiri menghubungkan beberapa kota seperti Jakarta – Cirebon – Semarang – Surabaya.

Tapi, dibalik itu semua ternyata kota ini juga menyimpan berbagai tempat wisata yang potensial baik wisata alam maupun budayanya, terutama buat kamu yang ingin refreshing di akhir pekan. Ada beberapa tempat yang cocok untuk didatangi bersama teman-teman maupun keluarga kamu. Lalu apa sajakah tempat wisata di Cirebon itu? Ini dia jawabannya :

1. Desa Wisata Cakahalang

Sawah Cikahalang

Bagi kamu yang ingin refreshing dengan keluarga besar, maka salah satu tempat wisata di Cirebon yang cocok dikunjungi adalah Desa Wisata Cikalahang. Tempat ini begitu istimewa karena sepanjang mata memandang kamu bisa melihat hijaunya pepohonan. Belum lagi tempat ini juga menyediakan rumah makan dengan latar belakang pemandangan alam khas pegunungan. Kamu dan keluarga bahkan bisa menyantap berbagai hidangan ikan dan menangkapnya sendiri lho.

Desa wisata ini memang lebih populer sebagai tempat untuk memancing dan wisata kuliner. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena tentunya ada sisi lain yang lebih menarik. Tempat ini menyediakan fasilitas seperti pondokan, kolam renang dan juga perahu wisata yang bisa kamu jajal bersama keluarga.

Kalau kamu berminat, Desa Wisata Cikalahang ini lokasinya ada di Kecamatan Dukupuntang. Sekitar 2 kilometer dari Sumber, yaitu pusat pemerintahan Kabupaten Cirebon. Kamu bisa menjangkaunya dengan mudah pakai motor atau mobil.

2. Wanawisata Ciwaringin

Ada lagi obyek wisata yang cocok untuk kamu eksplor di Cirebon, yaitu Wanawisata Ciwaringin. Mungkin kota ini memang minim wisata alam, tidak seperti kota-kota lain yang ada di sekitarnya. Tapi tempat wisata ini bisa kamu jadikan pilihan untuk memuaskan hasrat memandang hamparan hijaunya pepohonan di sekitar danau. Danau ini biasanya digunakan untuk memancing, tapi kamu masih bisa merasakan ketenangan dengan berada di sini, sehingga semua penat pun akan hilang.

Selain danau dan hijaunya pepohonan, kamu juga akan disuguhi pemandangan dari gunung kapur yang berdiri gagah dan terlihat dari tempat ini. Kamu juga bisa mencoba motocross kalau memang menyukai tantangan, karena tempat ini menyediakan arena khusus. Tentunya liburanmu di sini akan semakin menyenangkan.

3. Bukit Gronggong

Nah, kalau kamu mau mencoba tempat wisata di Cirebon yang menyajikan pemandangan perbukitan di malam hari, maka kamu bisa coba datang ke Bukit Gronggong. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit anak muda untuk nongkrong. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan kelap-kelip lampu kota Cirebon di malam hari. Aktivitas ini akan terasa lebih nikmat sembari duduk-duduk di bangku yang disediakan serta ditemani dengan secangkir kopi hangat.

Sekarang tempat ini sudah semakin ramai dikunjungi orang karena sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti restoran dan penginapan. Jadi, kamu tak perlu pusing-pusing lagi mencari penginapan kalau ingin menyegarkan otak dengan menatap indahnya perbukitan. Letaknya sendiri ada di kawasan Patapan, Beber, Cirebon. Kamu akan dimintai biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah untuk motor dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

4. Setu Patok

Kalau kamu mau tahu Danau Tobanya Cirebon, ya Setu Patok ini. Tempat ini adalah danau terbesar yang ada di Cirebon. Kamu bisa hunting foto atau sekedar bersantai untuk menenangkan pikiran. Area danau yang luas dan dikelilingi perbukitan menjadi nilai plus di mata para wisatawan. Kamu pun bisa mengeksplor keindahan danau lebih dalam dengan berkeliling di sekitarnya menggunakan perahu motor yang tersedia.

Satu lagi poin tambahan dari tempat ini adalah pemandangan menakjubkannya saat sunset. Kamu bisa menikmati sunset di sini karena banyak orang yang juga menunggu momen-momen ini. Untuk bisa sampai ke sini, kamu akan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat Kota Cirebon karena lokasinya ada di jalur pantura, daerah Mundu.

5. Pantai Kejawanan

Liburan tak lengkap rasanya kalau tidak pergi ke pantai. Kamu pun bisa melakukannya di Cirebon. Pantai yang bisa kamu datangi adalah Pantai Kejawanan. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merefresh pikiran dengan melihat deburan ombak di pantai. Walaupun tidak bisa dibandingkan dengan serunya deburan ombak di Pantai Selatan, tapi tempat ini sudah cukup mengobati kerinduan akan suasana pantai. Kalau kamu suka hunting foto, tempat ini juga tak kalah menariknya untuk dijadikan obyek foto, terutama waktu sunset. Selain itu, kamu pun juga bisa mengelilingi sekitar pantai dengan perahu motor. Cukup membayar sewa sekitar 15 ribu – 20 ribu saja.

Baca Juga : 10 Pantai Paling Bagus Di Jawa Timur

6. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Kalau kamu ingin mencoba refreshing dengan mengunjungi tempat wisata dengan berbagai wahana, maka Cirebon Waterland-lah tempatnya. Lokasinya ada di Jalan Yos Sudarso 1, Lemahwungkuk, Cirebon. Dulunya Taman Ade Irma Suryani ini ternama sebagai taman hiburan di era 90-an. Tapi lama-kelamaan terabaikan, sampai akhirnya berubah menjadi Cirebon Waterland.

Kamu bisa berkunjung ke sini bersama para sahabat atau keluarga besar dengan menaiki berbagai wahana di dalamnya. Selain itu, kamu juga akan menemukan berbagai keunikan mulai dari pondok hingga restorannya yang berbentuk kapal laut. Cukup mengeluarkan ongkos sebesar 50 ribu saja di hari biasa dan 65 ribu di akhir pekan, maka kamu bisa bersenang-senang sepuasnya.

7. Keraton Kanoman

Beralih ke tempat wisata di Cirebon yang mengusung sejarah dan budaya, yaitu Keraton Kanoman. Tempat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi di Cirebon. Bangunannya sendiri bergaya perpaduan antara budaya Jawa dan Tiongkok yang sarat akan sejarah kerajaan Islam Indonesia. Di tempat ini kamu akan menemukan berbagai peninggalan bersejarah yang disimpan dengan baik.

Keraton ini sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 1678, tapi beberapa bagiannya memang sudah mengalami pemugaran, tapi tetap mempertahankan keaslian budayanya. Salah satu tradisi di keraton ini yang masih dipegang teguh hingga kini adalah Ritual Panjang Jimat yang diadakan setiap bulan Maulid. Ritual ini menggambarkan rasa syukur warga yang ada di sekitarnya.

8. Keraton Kasepuhan

Masih tentang tempat wisata budaya dan sejarah berupa keraton, kali ini adalah Keraton Kasepuhan. Tempat ini juga tak boleh dilewatkan begitu saja kalau kamu ingin menggali lebih jauh tentang sejarah Cirebon. Keraton ini sudah dibangun sejak tahun 1529 lalu oleh cicit dari Sunan Gunung Jati, yaitu Pangeran Mas Mohammad Arifin.

Awalnya keraton ini dinamai Keraton Pangkuwati dan dijadikan sebagai pusat pemerintahan Cirebon di masa lalunya. Tapi kemudian namanya diganti setelah adanya pemisahan wilayah pada masa pemerintahan Pangeran Mertawijaya.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu akan menemui berbagai benda peninggalan sejarah seperti gamelan, lukisan antik, rebana, meriam mini, sampai kereta kencana. Letaknya ada di Jalan Kasepuhan No. 43, Lemahwungkuk, Cirebon. Kamu bisa merehatkan pikiran sejenak dengan mengulas sejarah peradaban Cirebon di tempat ini dan mendapatkan pengetahuan baru.

Itulah 8 tempat wisata di Cirebon yang cocok kamu kunjungi untuk melepas penat di akhir pekan. Tak perlu jauh-jauh untuk liburan, karena kota-kota terdekat pun ternyata mempunyai tempat wisata yang enjoy dan patut dijelajahi.