4 Tempat Wisata Di Lombok Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Beberapa tahun belakangan ini Lombok sedang booming, karena wisatanya yang eksotis dan memukau hingga ke mancanegara. Namun pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu, Lombok diterpa gempa berkekuatan 6,4SR yang meluluhlantakkan sebagian besar Lombok. Meskipun banyak tempat-tempat yang terkena dampak gempa hancur, retak dan rusak, namun masih ada tempat wisata di Lombok yang masih selamat dan aman dari Gempa. Buat kamu yang mau liburan ke Lombok, bisa kok jalan-jalan ke beberapa tempat berikut ini.

3 Gili (Trawangan, Meno dan Air)

Gili Trawangan
Gili Trawangan

Lombok memiliki banyak meno atau kepulauan kecil. Namun dari banyaknya meno tersebut, hanya 3 yang paling terkenal dan dijadikan sebagai favorit tempat wisata di Lombok, yaitu Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air. Meskipun sebagian besar Lombok luluh lantak akibat gempa berkekuatan 6,4 SR, namun 3 Gili ini aman. Bahkan pada saat terjadi gempa, masih banyak wisatawan yang bertahan dan menikmati liburan mereka di sini. Kalau kamu mau ke sini, bisa. Tenang saja, fasilitas di 3 gili ini aman kok. Artinya tidak terjadi kerusakan baik perhotelan maupun kawasan, termasuk bangunan warga.

Meskipun ketiganya sama-sama terkenal sebagai surga wisata di Pulau Lombok, karena memiliki pantai pasir putih, laut yang jernih dan pemandangan luar biasa, namun tetap memiliki keistimewaan masing-masing. Buat kamu yang punya waktu terbatas berlibur di Lombok, perlu banget nih mengetahui keistimewaan masing-masing. Jadi, kamu bisa menentukan mana gili terbaik yang paling pengen kamu jadikan sebagai tempat liburan.

Tentukan dulu apa tujuan kamu ke sini ?

Jika tujuan kamu adalah untuk pesta, maka gili terbaik untuk dikunjungi adalah Gili Trawangan. Mengapa? Karena pulau ini paling maju dan paling ramai dari kedua gili lainnya. Setiap malam, klub-klub malam akan menggelar pesta yang dihadiri banyak wisatawan. Jadi kamu bisa gabung dan menikmati pesta di sana. Selain itu, kamu juga bisa snorkeling, menyelam, berjemur, atau sekedar menikmati pemandangan indah di sana. Soal akomodasi penginapan, di sini juaranya. Kamu bisa menginap di hotel bintang lima dan makan di restoran berkelas internasional.

Sementara buat kamu yang mau bulan madu bareng pasangan halal, gili terbaik untuk dikunjungi adalah Gili Meno. Di sini suasananya sangat tenang, sepi dan romantis, sehingga pas untuk bulan madu. Meskipun tidak banyak berdiri restoran dan hotel mewah, kamu tetap bisa makan enak di beberapa restoran. Lagian, apapun kalau sama pasangan halal, apalagi lagi bulan madu mah mau makan apa aja rasanya enak semua. Iya kan?

Nah, kalau Gili Air, ini perpaduan antara kedua gili yang telah disebutkan di atas. Jadi pas buat kamu yang suka suasana romantic tapi juga ramai. Fasilitas tidak jauh dari Gili Trawangan, namun harga penginapan bervariasi dari segi harga. Jadi pas buat kamu yang pingin liburan seperti di Gili Trawangan, tapi bujet tidak terlalu besar. Soal pantai dan keindahan alam, sama indahnya. Bahkan kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas tanpa harus dihalangi oleh Pegunungan Lombok di sini.

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terkenal sebagai pantai yang unik. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan warna pasir yang kontras, yaitu putih dan hitam. Selain itu, pantai ini juga memiliki pesona alam bawah laut yang memukau. Soal fasilitas penunjang, sarana dan prasarana, di pantai ini jagonya. Kamu bisa menemukan hotel-hotel mewah kelas dunia di sini. Jadi tidak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berbondong-bondong ke sini dan betah banget berlibur ke sini.

Pantai Senggigi termasuk salah satu tempat wisata di Lombok yang bisa dikatakan aman dari amukan gempa bumi yang melanda Lombok pada Agustus lalu. Jadi, jika kini kamu punya kesempatan cuti atau liburan, bisa dong berlibur ke sini menikmati hamparan pasir yang eksotis. Tenang, lokasinya mudah ditempuh kok. Dari Bandara Selaparang, Mataram, kamu bisa naik taksi atau angkutan umum menuju lokasi pantai. Atau kamu juga bisa menyewa motor buat sekalian menikmati perjalanan lebih maksimal ala-ala backpacker.

Desa Sade

Desa Sade
Desa Sade

Desa Sade termasuk salah satu wisata yang aman dari bencana gempa bumi yang melanda Lombok tahun 2018 ini. Jadi, jika kamu sedang berencana liburan ke Lombok, bisa mampir ke sini. Desa Sade merupakan desa wisata yang masih kukuh mempertahankan adat suku sasak, yang merupakan suku asli Pulau Lombok. Desa yang letaknya di Desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah ini sangat unik.

Keunikan tersebut terletak pada warga masyarakatnya yang masih memegang teguh kebudayaan, sehingga masih orisinil. Selain itu, penduduknya pun ramah-ramah, sehingga bikin pengunjung betah. Di Desa Sade kamu bisa melihat bangunan rumah tradisional mereka yang unik. Selain itu, ada masjid, lumbung padi dan tempat pertemuan berarsitektur unik. Kamu juga menikmati atraksi budaya, menyaksikan permainan alat musik hingga melihat perempuan menenun kain songket.

Pantai Kuta Mandalika

Kuta Mandalika
Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika terletak di Lombok Tengah, tepatnya di Kecamatan Pujut. Kawasan KEK Pariwisata ini termasuk salah satu kawasan yang tidak mengalami kerusakan akibat gempa Lombok. Tentu kamu bisa berlibur ke sini. Pantai Kuta Mandalika termasuk wisata baru di Pulau Lombok yang dengan begitu cepat menjadi wisata favorit para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wajar saja sih, karena pantai ini memang memiliki pesona yang bikin pengunjungnya betah dan terkagum-kagum. Tidak hanya warna pasirnya saja yang putih, tapi teksturnya juga unik, lembut seperti biji merica. Karena alasan inilah, mengapa Pantai Kuta Mandalika disebut-sebut sebagai pantai terbaik di Lombok.

Pantai Kuta Mandalika memiliki panjang garis pantai sepanjang 7,2 Km. Di mana di sepanjang garis pantai tersebut berjejer pohon-pohon rindang dengan sangat cantik. Selain itu, di sana juga terdapat gazebo yang bisa kamu gunakan untuk duduk bersantai sambil menikmati panorama sekeliling yang indah. Kalau ke Lombok, mampirlah ke pantai ini. Gratis kok. Tidak ada tiket masuk, kecuali bayar parkir saja senilai Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Baca Juga : Pesona Keindahan Objek Wisata Di Bali

Datangnya bencana alam memang hanya Tuhan lah yang berhak tahu. Kita manusia hanya bisa berdoa yang terbaik saja. Pada dasarnya Pulau Lombok memang terdiri dari pulau-pulau. Jadi termasuk salah satu kawasan yang bisa kedatangan gempa kapan saja. Meskipun gempa pada Agustus tahun 2018 ini tergolong dahsyat, namun untunglah tidak semua tempat wisata di Lombok terkena dampaknya. Jadi buat kamu yang sudah kangen dengan Lombok, bisa datang ke tempat-tempat yang telah disebutkan di atas. Aman dan masih tetap mempesona seperti dahulu sebelum terjadi gempa kok.