10 Tempat Wisata Kuliner Terkenal Di Jogjakarta Yang Menggugah Selera

Tak pernah habis kata jika menceritakan tentang Jogjakarta. Daerah Istimewa ini memiliki tempat-tempat yang juga istimewa, sesuai namanya. Mulai dari kebiasaan masyarakatnya, adat dan budaya, potensi wisata hingga makanan khasnya. Siapa sih yang tidak langsung jatuh cinta dengan daerah ini?

Bicara masalah kuliner, Jogjakarta yang tak ada matinya ini tentu mempunyai aneka makanan khas yang begitu populer dan nikmat. Ketika kamu berkunjung ke Jogja, maka wajib hukumnya untuk mencicipi sederetan kuliner penggugah selera ini. Penasaran kan?

Jogjakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu hal yang membuat mereka tertarik akan daerah ini adalah makanan khasnya yang sedap dan maknyus. Daerah ini memang sudah terkenal akan biaya hidup dan berbagai macam makanannya yang murah meriah. Yuk, langsung saja kita intip uraiannya :

1. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari

Saat mengunjungi Jogja, jangan lupa datang ke salah satu tempat makan legendaris di Jogja, yaitu Sate Klathak Pak Bari. Tempat ini sudah berdiri sejak sekitar tahun 1945, kamu bisa asumsikan sendiri mengapa disebut legendaris. Bagi kamu yang masih awam dengan makanan ini, Sate Klathak adalah sate daging kambing muda yang usianya sekitar 8-9 bulan. Yang unik dari sajian sate ini adalah tusuk satenya.

Kalau biasanya tusuk sate berupa lidi dari bambu, sate ini menggunakan jeruji khusus yang sudah dibersihkan. Kuliner ini sangat terkenal bahkan muncul dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang tayang tahun 2016 lalu. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan harga 20 ribu saja per porsi. Sedangkan lokasinya ada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No. 5, Bantul, Jogjakarta. Pastikan untuk tidak datang terlalu malam karena tempat ini buka dari pukul 18.30 hingga 01.00 malam, supaya kamu tidak perlu mengantre terlalu lama.

2. Gudeg Mbah Lindu

Gudeg Mbah Lindu

Makanan khas apa yang muncul di pikiran kamu ketika mendengar Jogjakarta? Pasti Gudeg kan? Nah, makanan ini memang wajib kamu coba saat berkunjung ke Jogja. Ada salah satu warung Gudeg yang sudah ternama di sini, yaitu Gudeg Mbah Lindu. Mbah Lindu, sang penjual Gudeg pun termasuk legenda karena sudah berjualan sejak lama, bahkan dari jaman penjajahan Jepang. Beliau memang sudah tua dan usianya hampir seratus tahun, tapi masih sehat wal’afiat dan mampu melayani pelanggannya dengan baik.

Kamu bisa merasakan sensasi lezatnya Gudeng dengan lauk berupa Gudeg (nangka muda yang telah diolah sedemikian rupa hingga lunak), Krecek (kerupuk kulit sapi), tahu, tempe dan juga telur ayam. Kamu bisa datang ke Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai dari 15 ribu saja. Gudeg ini buka mulai pukul 5 pagi sampai jam 11 siang saja.

3. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto

Apakah kamu penyuka masakan Ikan Lele? Maka kamu harus menjajal Mangut Lele Mbah Marto. Mangut Lele ini termasuk salah satu kuliner khas di Jogjakarta. Langsung saja datang ke Jalan Parangtritis KM 6,5, Panggungharjo, Bantul untuk merasakan kenikmatan masakan ini. Mangut Lele Mbah Marto juga tak kalah legendarisnya lho dengan dua kuliner di atas. Tempatnya juga sudah berdiri sejak jaman kemerdekaan.

Jika kamu belum tahu Mangut Lele itu masakan seperti apa, gambarannya adalah Ikan Lele yang telah diasap lalu cara memasaknya dicampurkan dalam kuah kuning bersantan. Rasanya sangat menggugah selera apalagi kamu bisa mengambil sendiri nasi dan lauk pauknya di tempat ini. Dengan mengeluarkan uang 20 ribu rupiah saja kamu sudah bisa merasakan kepuasan makan Ikan Lele lain daripada yang lain.

4. House Of Raminten

House Of Raminten

Tempat wisata kuliner terkenal di Jogjakarta yang selanjutnya adalah House Of Raminten. Kamu bisa menikmati berbagai santapan khas Jawa dalam satu tempat. Selain itu, kamu juga bisa menikmati arsitektur bangunannya yang juga tak lepas dari budaya Jawa. Beberapa menu andalan yang bisa dinikmati adalah sate lilit, nasi kucing, tahu bola, wedang serai dan masih banyak lagi.

Kamu bisa berkunjung ke salah satu restorannya yang ada di Jalan FM Noto No 7, Kotabaru atau Jalan Kaliurang KM 5,5. Suasana yang kental akan budaya Jawa juga bisa kamu rasakan dari lantunan musik yang menggunakan gending Jawa dan para pelayannya yang memakai seragam adat Jawa.

5. Mie Ayam Bu Tumini

Mie Ayam Bu Tumini

Bagi kamu penggemar Mie Ayam sejati, bisa menemukan Mie Ayam murah meriah sekaligus lezat dan terkenal di Jogja. Mie Ayam Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu namanya. Tempat ini sudah lama berdiri, hampir 30 tahun lamanya. Perbedaan Mie Ayam ini dengan yang lainnya adalah tekstur mienya yang lebih kenyal, kuah kental serta bumbu ayamnya yang sangat meresap hingga menciptakan kenikmatan tersendiri.

Kamu pun bisa request Mie Ayam Ceker jika kamu adalah penggemar ceker. Cukup dengan 8 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati makanan spesial ini. Sangat murah kan? Tempat ini ada di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbul Harjo.

6. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti

Kalau kamu mau mencoba makanan yang sedikit ekstrem, datanglah ke Oseng Mercon Bu Narti. Makanan ini bukan berarti ada merconnya ya. Dikatakan mercon karena masakannya dicampur dengan cabai-cabai segar dan pedas, sehingga ketika kamu memakannya mulut terasa seperti meledak.

Makanan ini juga cukup legendaris dan populer karena sudah berdiri sejak 20 tahun yang lalu. Alamatnya sendiri ada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Harganya pun cuma 15 ribu rupiah untuk bisa menikmati hidangan super mengejutkan ini. Wah siap-siap kepedesan ya.

7. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo

Malam-malam ingin makan Mie Rebus? Mie Rebus memang paling enak disantap di malam hari. Kalau kamu mau cari yang terkenal di Jogja, ya Bakmi Mbah Mo-lah jawabannya. Sajian Mie Godhog (Mie Rebus) di sini sangat istimewa karena dimasaknya di atas tungku arang, bukan kompor. Jadi sudah sangat terasa kan kenikmatannya. Apalagi di malam yang dingin, lengkapi kehangatannya dengan minum kopi jahe hangat atau teh nasgitel yang juga khas.

Memang lokasinya bukan di Kota Jogjakarta, kamu harus ke Jalan Parangtritis KM. 11, Code, Bantul. Tapi jangan salah, meskipun di luar kota, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Cukup siapkan uang 15 ribu – 20 ribu saja untuk mendapatkan kenikmatannya.

Baca Juga : 10 Objek Wisata Di Jogjakarta Yang Paling Banyak Dikunjungi

8. Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Es Krim Pak Nardi

Beralih ke jajanan yang menyegarkan dahaga, yaitu rujak. Rujak khas Jogja ini sedikit berbeda dengan rujak buah lainnya. Pada intinya memang rujak buah biasa, tapi diberi tambahan es krim di atasnya, sehingga rasa rujak yang dipadu dengan es krim itu akan langsung lumer di mulut. Kamu bisa bayangkan betapa segarnya kan makanan ini jika disantap di siang bolong? Rujak Es Krim Pak Nardi ada di Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Jogjakarta. Harganya cukup 6 ribu rupiah saja.

9. Angkringan Lik Man

Menu Angkringan

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Jogja jika belum datang ke angkringan. Kamu harus datang ke Angkringan Lik Man yang merupakan pelopor berdirinya angkringan di Jogja. Kamu bisa menikmati suasana Jogja sambil nongkrong di angkringan serta ditemani beberapa sajian nasi kucing, berbagai gorengan, sate dan jajanan lainnya.

Ada satu minuman khas dari angkringan ini yang juga patut dicoba, yaitu kopi jos (kopi yang dicelupkan arang panas di dalamnya). Silahkan datang ke Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta.

Seperti itulah 10 wisata kuliner terkenal di Jogjakarta yang tidak boleh kamu lewatkan. Tentunya akan menjadi nilai plus bila kamu bisa menikmati budaya, tempat wisata, dan makanan khas dari Jogja sekaligus. Selamat mencoba!

Ummu Nadia

Professional Blogger Concern Bidang Jurnalistik & Humaniora. Alumni Fakultas Sastra Universitas Airlangga Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *