10 Wisata Kuliner Lezat Khas Lombok Ini Wajib Dicicipi Traveler

Posted on

Jalan-jalan tapi nggak makan-makan? Itu sama saja seperti sebuah racikan bumbu tanpa garam. Hambar dan sudah pasti tidak enak. Begitu pula jika jalan-jalan ke Lombok tanpa mencicipi wisata kuliner Lombok yang bisa memanjakan lidah. Rasanya pasti tidak akan lengkap.

Pulau Lombok merupakan salah satu pulau kecil di Nusa Tenggara Barat dengan pesona wisatanya yang memukau. Wajar jika kamu yang hobi jalan-jalan memilih tempat ini sebagai destinasi wisata. Tempatnya indah dan instagrammable banget.

Bukan cuma itu saja, ternyata Lombok juga menyimpan ragam wisata kuliner yang tidak boleh kamu lewatkan. Makanan dari Lombok memiliki ciri dengan pedasnya. Mengapa? Sebagian masyarakat Lombok memang menggunakan cabe Rawit sebagai bahan dasar untuk setiap makanan yang dihidangkan.

Rupanya, traveler yang datang ke Lombok tidak hanya wisatawan dalam negeri saja lho. Banyak turis asing yang merasa takjub dengan keindahan pulau ini. Nah apakah kamu yang merupakan anak negeri juga sudah mengunjungi pulau ini? Kalau suatu saat kamu mengunjungi pulau Lombok, kamu dapat mencicipi 10 kuliner terbaik berikut.

1. Pelecing Kangkung

Plecing Kangkung Khas Lombok

Pelecing Kangkung adalah salah satu kuliner yang paling khas dari Lombok. Kangkung yang digunakan pun juga merupakan kangkung khas Lombok. Yaps, kangkung khas Lombok ini sedikit berbeda dengan kangkung biasanya. Teksturnya agak besar dan rasanya juga berbeda.

Untuk membuat pelecing kangkung, kangkung dicuci dan direbus. Setelah matang, kangkung disuir-suir dan dicampur dengan sambal tomat yang pedas. Sambal untuk pelecing kangkung terbuat dari campuran cabe rawit merah, garam, trasi Lombok, penyedap, dan air jeruk purut.

Tidak susah untuk menemukan pelecing kangkung. Hampir semua rumah makan yang ada di Lombok menyajikan menu pelecing kangkung. Sensasi pedas dari makanan ini pastinya tidak bisa kamu lupakan.

Baca Juga : Destinasi Wisata Di Lombok Yang Paling Menarik Dikunjungi

2. Nasi Puyung

Nasi Puyung Lombok

Kalo di Jogjakarta ada nasi Gudeg yang khas, maka di Lombok ada nasi Puyung guys. Nasi puyung adalah nasi yang memiliki rasa pedas dengan level tinggi yang sangat khas.

Dalam satu porsi nasi Puyung, kamu bisa menemukan nasi putih, biji kedelai goreng, sambal daging, sambal cabai, dan kentang goreng kremes.  Sambal dalam nasi Puyung adalah sambal khas dari Suku Sasak yang sangat terkenal dengan pedasnya.

Untuk bisa menikmati nasi puyung, kamu bisa menuju ke Kabupaten Lombok Tengah, tepatnya di Desa Puyung. Namun, jika kamu tidak sempat mampir ke tempat ini, kamu bisa menemukan nasi Puyung di area Bandara International Lombok lho!

3. Ares

Ares Lombok

 

Wisata kuliner khas Lombok selanjutnya yang harus kamu coba adalah Ares. Pernah ngga kamu membayangkan makan pohon pisang? Ares ini adalah nama sayur yang terbuat dari pohon pisang lho. Tapi jangan salah, pohon pisang yang digunakan adalah pohon pisang kepok yang masih muda.

Nggak ada salahnya lho buat nyoba sesuatu yang berbeda. Walaupun sayuran ini terbuat dari batang pisang yang masih muda, rasanya begitu nikmat. Ares dilengkapi dengan bumbu yang khas. Dulunya, Ares bahkan hanya bisa dinikmati di upacara adat saja lho.

4. Beberuq Terong

Beberuq terong

Unik sekali ya namanya! Beberuq terong merupakan salah satu wisata kuliner khas Lombok yang tidak boleh kamu lewatkan. Beberuq terong bisa dibuat dari terong bulat yang mentah ataupun dari terong panjang yang dibakar

Jika kamu penyuka lalapan, kamu bisa mencoba beberuq terong yang terbuat dari terong bulat yang diiris dan dicampur dengan sambal tomat pedas. Untuk kamu yang ingin mencicipi beberuq dengan terong bakar, sajiannya adalah terong bakar disuir dan menggunakan bumbu sambal pelecing.

5. Sate Bulayak

Sate Bulayak

Ada sate Madura, ada pula Sate Bulayak. Sate yang satu ini memiliki tekstur yang unik. Sajiannya terdiri dari sate dan tentu saja bulayak. Bulayak itu apa ya? Bulayak sebenarnya mirip dengan ketupat. Hanya saja, bentuknya memanjang. Nah, bungkus bulayak juga unik lho karena terbuat dari daun aren.

Yang paling khas dari sate Bulayak adalah bumbu yang digunakan. Jika biasanya kamu makan sate dengan bumbu kacang, sate bulayak dinikmati dengan campuran kemiri dan santan kental yang dimasak. Kamu dapat menemukan makanan khas Lombok ini di Pantai Senggigi, Lombok Barat.

6. Nasi Sukaraja

Nasi Campur Sukaraja

Sukaraja adalah sebuah desa yang terletak di Kota Mataram, Lombok. Uniknya, makanan khas Lombok yang satu ini memang hanya bisa ditemui di Desa Sukaraja saja lho. Dalam satu sajian nasi Sukaraja, terdapat berbagi lauk yang bisa dipilih.

Yang membedakan nasi ini dengan nasi lain adalah campuran sayuran olah-olah. Sayuran olah-olah adalah sayuran yang dimasak dengan menggunakan santan kental. Cara memasaknya pun sangat khas.

Hingga sekarang, Nasi Sukaraja menjadi salah satu sajian istimewa yang paling disukai. Cara memasak nasi Sukaraja ialah dengan menggunakan tungku tanah dan kayu. Cara ini memberikan cita rasa dan aroma tersendiri sehingga membuat nasi plecing begitu menggoda.

7. Ayam Taliwang

Ayam taliwang

Ayam taliwang adalah sajian kuliner khas Lombok yang sudah terkenal hingga ke penjuru negeri. Ayam taliwang tidak hanya tersedia di Lombok saja lho. Ayam Taliwang merupakan sajian ayam utuh yang dilumuri dengan bumbu yang khas. Setelah itu, tinggal di panggang atau digoreng sesuai dengan selera sobat semua. Di Lombok sendiri, ayam taliwang tersedia di sepanjang wilayah kota Mataram. Kamu harus mencobanya ketika pergi ke Lombok

8. Kelaq Kelor

Kelaq Kelor

Sajian khas Lombok ini sebenarnya merupakan sajian sayur bening. Namun, bukan bening biasa ya. Bening ini lain daripada yang lain karena sayuran yang terdapat di dalamnya adalah daun kelor.

Bagi masyarakat Lombok, daun kelor merupakan salah satu sayuran khas yang biasanya disajikan bersama nasi putih dan sambal terasi. Bahkan, hampir setiap warung di Lombok menyediakan sayuran khas ini dan selalu laris

9. Sate Tanjung

Sati Ikan Tanjung

Jika kamu biasanya makan sate ayam atau kambing, sate khas Lombok ini akan sedikit berbeda. Sate tanjung adalah sate ikan yang rasanya sangat nikmat. Sate ini disajikan dengan bumbu yang pedas manis.

Sate Tanjung disajikan bersama dengan urap sayur atau yang lebih terkenal dengan nama pelecing kangkung. Hal yang menarik dari sate Tanjung adalah penyajiannya yang diletakkan di atas opak. Dimana kita bisa menemukan sate Tanjung? Tentu saja, di daerah Tanjung, Lombok Utara.

10. Kelaq Lebui

Kelaq Lebui

Sajian wisata kuliner khas Lombok yang terakhir ini terbuat dari biji lebui atau biji kedelai. Biji kedelai dimasak menggunakan bumbu kuah asam. Bumbu kuah asam ini sangat nikmat, pedas dan asam. Apalagi jika kamu menyantapnya bersama dengan nasi yang masih hangat

Demikianlah 10 wisata kuliner khas Lombok yang bisa kamu nikmati ketika jalan-jalan di Pulau Lombok. Sembari menikmati keindahan pulau Lombok, jangan lupa nikmati pula sajian kuliner Lombok yang sangat menggoda  tersebut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *