10 Tempat Wisata Kuliner Enak Di Kota Malang Yang Oke Punya

Wisata Kuliner Di Malang – Ada banyak sekali alasan kenapa banyak orang mengunjungi kota Malang. Selain karena ada banyak tempat-tempat wisata dan tempat hiburan yang menarik, Malang juga menyimpan banyak sekali wisata kuliner yang sayang jika kamu lewatkan.

Berlibur ke kota Malang tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan kuliner-kuliner enaknya. Jika kamu berada di Malang, tidak ada salahnya berkunjung dan menikmati kuliner-kuliner yang ada di bawah ini.

1. Pecel Kawi

Pecel Kawi
Pecel sudah menjadi kuliner khas bagi masyarakat Jawa Timur dan biasa disantap pada pagi hari. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin menikmati makanan sehat ini adalah Pecel Kawi yang terletak di Jalan Kawi atau dekat dengan perempatan arah Jalan Besar Ijen.

Kedai Pecel Kawi sudah ada sejak 1975 dan terus menyajikan hidangan pecel yang autentik, serta lengkap dengan lauknya yang beraneka macam. Di sini, kamu bisa menikmati tahu, tempe, jeroan sapi, ayam goreng, sampai empal sapi yang digoreng garing dan memiliki rasa yang tentu saja enak dan gurih.

Kedai Pecel Kawi tidak hanya menjual pecel saja, namun juga rawon, lodeh dan berbagai makanan tradisional Jawa lainnya. Kedai ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat pada jam sarapan. Harganya juga bervariasi, tergantung dari apa yang kamu pesan. Namun, untuk paket pecel lengkap memiliki harga yang tidak lebih dari Rp 20.000.

2. Bakso Presiden
Salah satu kuliner Malang yang paling legendaris dan wajib untuk kamu kunjungi adalah bakso presiden. Di kedai bakso ini, kamu bisa merasakan berbagai olahan bakso khas kota Malang yang rasanya sudah pasti memuaskan. Ada bakso dengan jeroan, bakso bakar yang diolah dengan bumbu khas dan juga bakso orisinil yang rasanya akan membuatmu ketagihan.

Kedai bakso presiden berada di Jalan Batanghari No 5 Malang dan berada di pinggir rel kereta, sehingga kamu bisa merasakan sensasi bergetar yang cukup kuat jika ada kereta yang lewat. Kedai ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan 21.30. Jika kamu ingin menikmati kuliner Malang yang satu ini apalagi di watu akhir pekan, maka sebaiknya kamu datang lebih awal. Sebab, kedai bakso presiden selalu ramai dikunjungi masyarakat sehingga lumayan harus mengantre cukup lama. Harga bakso di kedai bakso presiden yaitu berkisar Rp 10.000 sampai Rp 25.000.

3. Soto Geprak Mbah Djo
Kuliner kota Malang yang selanjutnya adalah soto geprak Mbah Djo. Kedai soto ini beralamat di Jalan M.T Haryono dan buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00. Kedai soto ini menyajikan kuliner soto yang sangat nikmat dan sudah beroperasi sejak tahun 1936. Apalagi dengan perpaduan bumbu yang kaya akan rempah dan empuknya daging yang digunakan pasti akan membuat kamu ketagihan dan ingin datang kembali ke kedai ini.

Kedai soto geprak Mbah Djo tidak hanya menjual soto daging dan soto ayam, namun juga menjual berbagai kuliner tradisional lainnya seperti nasi gurami, nasi ayam penyet, pecel dan aneka minuman seperti jus dan teh. Harga satu porsi soto yang lengkap dengan minumannya yaitu sekitar Rp 20.000.

4. Sego Resek
Kedai sego resek berada di Perempatan Kasin, Malang dan buka dari pukul 17.30. Kuliner Malang yang satu ini berisi banyak isian seperti daun bawang, kecambah, kubis serta berbagai toping seperti ayam goreng suwir, jeroan dan telur yang digoreng. Saat kedai mulai dibuka, biasanya akan banyak masyarakat yang menyerbu sehingga tidak heran jika harus mengantre agar bisa mendapatkannya. Oleh karena itu, jika kamu ingin merasakan sego resek ini, sebaiknya kamu datang sebelum magrib agar tidak kehabisan.

Berbeda dengan nasi goreng pada umumnya, nasi ini dimasak dengan arang panas. Selain itu, penjualnya juga memasak dalam porsi yang cukup besar. Kamu bisa menyaksikan atraksi penjual yang memasak nasi lebih dari 2 kg dan menyajikannya dengan sangat cepat. Satu porsi sego resek memiliki harga sekitar Rp 15.000.

5. Hok Lay
Selain kuliner tradisional, Malang juga banyak tersedia kuliner peranakan Tionghoa, salah satunya adalah Hok Lay. Kuliner ini berada di Jalan K.H Ahmad Dahlan No. 10. Kedai ini pertama kali dibuka pada tahun 1946 dan sampai saat ini masih menjadi kuliner yang cukup diminati oleh masyarakat Malang.

Kedai Hok Lay memiliki 3 makanan yang menjadi ciri khas sehingga bisa bertahan lebih dari 70 tahun. Pertama adalah lumpia khas Hok Lay yang memiliki rasa sudah tidak diragukan lagi. Satu porsi berisi dua lumpia goreng dengan isian rebung dan ayam. Selanjutnya adalah cwiemie yang memiliki rasa sangat gurih dan mie yang digunakan juga sangat lembut. Dilengkapi dengan topping yang menyatu sempurna, sehingga kamu akan merasa kurang jika hanya menyantap satu mangkok saja. Terakhir adalah minuman yang bernama fosco dan dibuat dengan cara tradisional. Campuran coklat dan susu yang terdapat di dalam fosco akan membuat lumpia dan cwiemie yang kamu nikmati menjadi lebih sempurna.

6. Toko Oen
Kuliner kota Malang yang paling tua di Malang salah satunya adalah toko Oen. Kedai ini menyajikan kuliner khas eropa dengan resep yang tidak pernah berubah sejak dahulu. Kuliner Malang yang satu ini berada di Jalan Basuki Rahmat, kurang lebih 50 meter dari alun-alun. Di kedai ini, kamu bisa menikmati berbagai olahan es krim yang sangat nikmat dengan rasa mulai dari coklat, vanilla, dan beberapa kombinasi rasa lainnya.

Selain kuliner eropa yang disajikan dengan rasa yang menggoyang lidah, toko ini juga memiliki desain interior yang sangat klasik. Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana kuno dan bernostalgia ke masa-masa kejayaan kota Malang dulu sambil menikmati es krim yang sangat lezat.

7. Bakpao Boldy
Kota Malang banyak sekali menyajikan kuliner peranakan, salah satunya adalah bakpao Boldy. Bakpao ini memiliki rasa yang terkenal enak sehingga bisa bertahan lebih dari 5 dekade. Memiliki adonan putih yang sangat lembut dengan isinya yang nikmat akan membuat siapa saja merasa ketagihan untuk menyantapnya. Kuliner Malang yang satu ini oertama kali dibuat pada tahun 1950 dan sampai saat ini masih bertahan di tengah-tengah kuliner modern yang ada di kota Malang. Kamu bisa menikmati bakpao dengan berbagai isian seperti kacang hijau, ayam kecap, ayam cincang, babi kecap, sampai dengan kacang tanah yang diolah menjadi pasta lembut yang gurih dan manis.

Jika kamu ingin merasakan bakpao Boldy, kamu bisa datang ke Jalan Mangun Sarkono No. 25. Kamu bisa menikmati bakpao yang masih hangat ditemani dengan minum teh. Satu bakpao memiliki harga yang bervariasi tergantung dengan isinya. Jika kamu ingin memborong beberapa bakpao atau makan sampai puas, kamu hanya cukup menyediakan uang sebesar Rp 50.000 saja.

Baca Juga : 10 objek wisata terkenal di kota Malang

Berbagai wisata kuliner di kota Malang di atas bisa menjadi pilihan jika kamu sedang berlibur ke Malang. Menikmati keindahan kota Malang tentu akan lebih nikmat jika sambil menikmati kulinernya. Selamat mencoba !