10 Wisata Pantai Di Jogjakarta Paling Hits dan Instagramable

Posted on

Jogjakarta termasuk salah satu kota di Indonesia yang terkenal sebagai kota wisata. Sangat beralasan memang, karena faktanya di kota kecil ini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata keren dan unik, dari mulai wisata alam, sejarah, budaya, bahkan kuliner. Bicara soal wisata alam, pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang paling digemari. Apalagi beberapa pantai di Jogjakarta berikut ini memiliki pemandangan yang keren. Cocok banget buat kamu yang pengen dapat pengalaman unik sambil ceprat cepret untuk menghiasi feed instagram dan sosial media kamu.

Propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta memang memiliki banyak spot-spot bersejarah. Wilayah yang terkenal dengan kuliner gudeg nya ini juga memiliki deretan pantai yang instagramable dan hits, seperti kesepuluh pantai berikut ini;

1. Pantai Timang

Pantai Timang

Bukan pantai biasa. Di Pantai Timang ini kamu bisa menjajal wahana yang mampu menguji adrenalin kamu, yaitu naik kereta gantung atau gondola menuju ke pulau mini nan cantik yang berjarak tidak jauh dari bibir pantai ini. Setelah sampai ke pulau tersebut, kamu bisa berswafoto dengan background yang unik dan menarik berupa karang besar. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, yakni sekitar 2 jam perjalanan atau sekitar 50 Km berkendara, tepatnya di Jalan Pantai Selatan Jawa, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul.

2. Pantai Nglambor

Masih berada di kawasan Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul, kamu juga bisa menikmati pantai yang cantik bernama pantai Nglambor. Selain panoramanya yang mempesona, pantai ini juga terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk bersnorkeling ria ataupun menyelam. Bukan menyelam biasa, lho. Kamu akan menyelam di antara dua pulau karang unik dengan bentuk kura-kura berukuran jumbo. Tidak hanya cantik di permukaan dengan spot selfie yang unik, pantai ini juga menyajikan keindahan biota bawah laut.

3. Pantai Ngandong

Gunung Kidul merupakan kawasan Jogjakarta bagian selatan yang memiliki banyak pantai. Beberapa diantaranya memiliki panorama alam yang sangat cantik, seperti Pantai Ngandong ini. Pantai yang terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul ini terlihat begitu indah dengan pasirnya yang berwarna putih dan terasa begitu alami. Selain menikmati pemandangan alam dan berswafoto, kamu juga bisa memancing di sini. Mau melihat para nelayan mengambil rumput laut di pantai juga bisa, kok. Pantai ini cukup landai, sehingga kamu bisa bermain air di bibir pantai. Fasilitas yang disediakan di kawasan pantai ini begitu modern. Kamu bisa juga lho menikmati pantai ini pada malam hari, pasalnya terdapat penginapan di sekitar pantai. Wah, jadi pengen lihat sunset di sini nih.

4. Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti merupakan salah satu lokasi wisata terkenal di Jogjakarta. Namun ternyata tidak banyak yang tahu, jika nama asli pantai ini dulunya adalah pantai Pulang Sawal. Apa yang membuat pantai yang berada di pesisir Gunungkidul begitu terkenal? Jawabannya tidak lain adalah karena pantai ini memiliki pasir berwarna putih kecoklatan. Tidak hanya itu, airnya pun tergolong sangat jernih, sehingga nyaman untuk bermain air di sini. Nggak perlu takut kepanasan juga, karena ada deretan payung warna warni yang berada di pinggir pantai. Selain penginapan, kamu juga akan menemukan beragam toko cendera mata yang berada di kawasan ini. Jadi bisa deh kalau mau lihat sunset di sini.

5. Pantai Baron

Liburan ke pantai rasanya kurang lengkap tanpa berpotret. Pantai Baron yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul ini memiliki panorama alam sekitar yang menakjubkan, karena diapit oleh dua bukit besar. Kedua bukit tersebutlah yang menjadi titik bertemu antara air tawar dan air laut. Meskipun pengunjung tidak diizinkan untuk berenang, karena pantai ini memiliki gelombang yang cukup tinggi, namun kamu tetap bisa bersantai dan bermain di bibir pantai. Mau seru-seruan berfoto dengan kapal nelayan yang berjejer di tepi pantai juga bisa. Kalau berkunjung ke sini, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner ikan bakar segar yang lezat dan nikmat di warung-warung sekitarnya.

6. Pantai Wediombo

Unik. Begitulah kira-kira kata yang tepat untuk mendeskripsikan Pantai Wediombo ini. Keunikan tersebut terletak pada teluk yang berukuran lebar dengan jajaran batu karang dan pasir putih yang lembut. Pantai ini berada di lokasi yang mudah dijangkau, sehingga kamu tidak perlu bingung apalagi tersesat jika ingin menuju ke salah satu pantai paling instagramable di Jogja ini. Suasana yang tenang dengan suara alam yang merdu membuat pantai ini sangat tepat dituju untuk menenangkan pikiran ataupun mencari inspirasi. Coba, deh.

7. Pantai Drini

Pantai Drini mirip sekali dengan pantai Tanah Lot di Bali. Apa lagi coba kalau bukan karena adanya batu karang raksasa yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Ya meskipun tidak ada pura di atas batu karang tersebut, namun terlihat mirip. Selain itu, pantai ini juga memiliki pesona yang tak kalah menarik dengan Tanah Lot di Bali, yaitu dua teluk dengan pasir berwarna coklat, tebing besar dan deretan perahu nelayan yang bisa bikin background foto kamu jadi lebih chic dan unik. Selain bermain di bibir pantai, kamu juga bisa nongkrong santai sambil menikmati segar dan nikmatnya es kelapa muda di warung-warung pinggir pantai.

8. Pantai Jogan

Sudah pernah lihat pantai dan air terjun sekaligus? Kalau belum, kamu bisa deh segera meluncur ke Pantai Jogan. Pantai yang terletak di Tepus, Gunung Kidul ini memiliki air terjun yang airnya langsung mengalir ke laut, lho. Unik sekali! Ditambah dengan batu karang berukuran beragam dan hijaunya rumput membuat pantai ini terlihat eksotis. Sangat pas dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan pikiran atau sekedar pengen mendapatkan vitamin sea. Cukup 2 jam perjalanan dari pusat Kota Jogjakarta, maka kamu dapat menikmati panorama indah dan suasana tenang dari pantai yang sepi ini.

9. Pantai Wohkudu

Kamu suka camping? Kalau biasanya camping di bukit, coba deh sekali kali campingnya di pantai. Seperti Pantai Wohkudu ini yang memiliki area terbuka yang datar dengan rumput hijaunya yang cantik. Selain itu, pantai ini juga memiliki bukit dan batu karang yang berukuran cukup besar yang bisa kamu jadikan sebagai background foto biar foto kamu nampak chic. Pengen merasakan camping dengan sensasi alam bebas berupa pantai yang indah? Datang saja ke Pantai Wohkundu yang terletak di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Jogjakarta.

10. Pantai Krakal

Pantai-pantai di Jogjakarta, terutama yang berada di pesisir selatan Gunung Kidul memang indah-indah. Salah satunya adalah Pantai Krakal. Pantai yang terletak di Kampung Krakal, Kelurahan Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul atau sekitar 37 kilometer dari kota Wonosari ini sangat pas dijadikan sebagai tempat untuk bersantai. Di sini kamu bakal disuguhi pemandangan alam yang indah sebuah pantai dengan pasir putih dan garis pantai yang landau, lengkap dengan hempasan ombak yang merdu juga dua buah batu karang yang gagah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memuaskan hobi berselancar kamu di sini.

Ternyata memang banyak sekali jumlah objek wisata pantai di Jogjakarta. Terlebih di Gunung Kidul, pantai-pantai yang berjejer di sana memang hampir semuanya indah dan mengagumkan. Sebagian besar dari pantai tersebut memiliki pemandangan indah dengan pasir putih atau coklat, batu karang dan ada juga yang memiliki air terjun. Liburan besok, mau pilih ke pantai mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *