10 Objek Wisata Pantai Terkenal Di Malang Dengan Pemandangan Unik

Wisata Pantai Di Malang ~ Kota Malang memang salah satu kota yang memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi seperti Jatim Park, Eco Green Park, atau Museum Angkut. Selain wisata tersebut, salah satu tempat wisata yang juga banyak dikunjungi oleh masyarakat Malang adalah pantainya. Pantai di kota Malang memiliki pesona yang tidak kalah indah dari Bali ataupun Lombok.

Ada banyak sekali pantai yang bisa kamu kunjungi bersama pasangan ataupun keluarga jika berlibur ke kota Malang. Pantai-pantai tersebut juga memiliki suasana masih asri, sebab belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Nah, agar memudahkan kamu dalam memilih pantai mana yang akan kamu kunjungi, berikut beberapa informasi penting mengenai wisata pantai terkenal di Kota Malang yang bakal bikin kamu terpesona.

1. Pantai Licin

Pantai Licin Malang

Wisata pantai pertama yang bisa kamu kunjungi jika berada di Malang adalah pantai licin. Pantai ini memiliki pesona yang unik. Kata licin yang dipakai sebagai nama pantai ini konon karena kondisi pantainya yang cukup licin akibat banyak sekali lumut. Berbeda dari kebanyakan pantai di Malang yang berpasir putih, pantai licin ini justru memiliki pasir berwarna hitam. Warna hitam pada pasir tersebut merupakan akibat dari muntahan lahar Gunung Semeru. Nah, jika kamu tertarik dengan keunikan pantai licin ini, langsung saja datang ke Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Ampelgading. Namun, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan roda dua. Sebab, kondisi jalan menuju ke pantai tersebut cukup terjal dan berliku.

2. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot

Bagian Selatan kota Malang menjadi tempat berkumpulnya pantai-pantai yang mempesona. Salah satu di antara pantai-pantai tersebut adalah pantai Sipelot yang berada di Desa Pujiharjo, Tirtoyudo. Meskipun belum banyak yang mengenal, pantai yang memiliki panjang 2 km ini sudah banyak didukung dengan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, warung makan, toilet sampai dengan mushala. Pantai Sipelot memiliki ombak yang cukup besar, oleh karena itu kamu tidak bisa bebas berenang maupun bermain air. Akan tetapi jangan khawatir, sebab kamu masih bisa menikmati aktivitas seru lainnya dengan berkunjung ke Coban Sipelot. Coban Sipelot merupakan air terjun payau yang berada di sisi barat pantai Siberot. Jika berkunjung di sore hari, maka kamu bisa melihat indahnya pesona matahari yang terbenam di Pantai Siberot.

3. Pantai Balekambang

Wisata Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur. Pantai ini sering disebut sebagai Tanah Lot versi Malang. Hal ini disebabkan karena adanya Pura Amerta Jati yang ada di Pulau Ismoyo. Pulau ini merupakan pulau karang yang ada di tengah laut dan mirip dengan Tanah Lot. Kamu juga bisa mengunjungi pura tersebut dengan berjalan kaki melewati jembatan yang sudah dibangun oleh pengelolanya. Pantai Balekambang ini merupakan salah satu pantai terkenal di Jawa Timur dan sudah akrab di telinga para wisatawan. Oleh sebab itu, fasilitas di sini juga sudah berkembang seperti adanya warung makan, tempat parkir, toilet, bungalo, area kemah, mushala sampai dengan toko souvenir. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai in, kamu harus menempuh jarak sekitar 60 km dari pusat Kota Malang.

4. Pantai Ngliyep

Lokasi pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Donomulyo, sekitar 63 km dari pusat Kota Malang. Pantai ini memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki pasir putih serta air laut yang biru. Selain itu, pesona pantai ini juga semakin mempesona dengan adanya batuan karang besar yang ada di sekelilingnya. Bahkan, di pantai ini juga terdapat bukit bernama Gunung Kombang. Konon katanya, bukit tersebut merupakan tempat ritual untuk pemberian sesajen kepada Ratu Laut Pantai Selatan. Dari Gunung Kombang ini, kamu bisa melihat dan menikmati keindahan pantai Ngliyep dan melihat matahari terbenam.

5. Pantai Batu Bengkung

Pantai unik lainnya yang ada di Kota Malang adalah pantai Batu Bengkung yang berlokasi berlokasi di Desa Gajahrejo, Gendangan. Keunikan dari pantai ini dikarenakan adanya dua batu karang raksasa yang mengelilingi pantai. Tak hanya itu, pantai dan lautnya juga terbelah oleh batuan karang yang lumayan tinggi. Bahkan, kadang-kadang juga batuan karang ini berubah menjadi telaga ketika air laut pasang. Tentu saja, telaga tersebut bisa kamu gunakan untuk bermain air karena lebih aman. Posisi pantai yang menghadap barat menjadikan pantai ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Jika ingin menyaksikan panorama terbaiknya, maka kamu bisa datang di waktu menjelang sore hari. Apalagi jika datang bersama dengan keluarga atau pasangan, pasti akan semakin menyenangkan.

6. Pantai Watu Leter

Jika kamu ingin melihat habitat penyu abu-abu, kamu bisa memilih pantai Watu Leter sebagai tempat liburanmu. Selain itu, pesona pantai yang indah dengan kondisi ombak yang tenang serta pasir putih yang lembut tentu akan semakin membuat liburanmu menjadi bermakna. Masih sepinya pantai dari kunjungan wisatawa, membuat pantai ini memiliki suasana yang sangat asri. Keunikan lain yang bisa kamu temui di pantai Watu Leter adalah adanya batuan karang di pesisir pantai. Batuan karang ini juga yang menjadi asal-usul pemberian pantai Watu Leter. Sebab, adanya batu karang yang berbentuk datar, di mana dalam bahasa Jawa datar itu disebut juga dengan “Leter”.

7. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina memiliki pemandangan yang popular di kalangan wisatawan. Sebab, pantai ini memiliki tiga pulau karang yang ada di pesisir pantai. Ke tiga pulau tersebut bernama Pulau Goa Cina, Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Meskipun pemandangannya menakjubkan, namun kamu tidak diperbolehkan untuk berenang di pantai in, sebab ombaknya yang cukup besar. Pada awalnya, pantai ini bernama Pantai Rowo Indah. Akan tetapi, sekitar 20 tahun yang lalu di pantai ini ditemukan mayat dan tulisan Cina yang ada di dinding goa sekitar pantai. Mulai saat itulah, nama pantai ini berubah menjadi pantai Goa Cina.

8. Pantai Lenggoksono

Jika kamu hobby memancing, kamu bisa datang ke pantai Lenggoksono yang berada di Dusun Lenggaksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo. Pantai ini memiliki kekayaan laut yang sangat melimpah, mulai dari cakalang, tuna, lobster dan beberapa jenis hasil laut lainnya. Bahkan, adanya Pulau Gedung yang ada di kawasan pantai ini juga menjadi lokasi konservasi lobster pasir, lobster mutiara dan lobster batu.

9. Pantai Jonggring Saloka

Di pantai Jonggring Saloka ini kamu bisa melihat satu fenomena unik yaitu watu ngebros yang merupakan semburan air yang muncul dari sela-sela batuan karang. Semburan air tersebut terjadi karena adanya pertemuan ombak selatan dan utara sehingga menghasilkan suara gemuruh. Salah satu fenomena langka yang ada di dunia ini juga menjadi spot foto menarik bagi para wisatawan jika berkunjung ke pantai Jonggring Saloka. Lokasi pantai yang cukup sulit untuk dicapai ini memang menjadi salah satu alasan kenapa pantai ini masih sepi dari kunjungan wisatawan. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, maka kamu perlu mengeluarkan usaha ekstra agar bisa sampaii ke pantai Jonggring Saloka yang berada di Desa Mentaraman, Donomulyo.

Beberapa pilihan wisata di kota Malang tersebut bisa kamu jadikan referensi jika masih merasa bingung ingin menghabiskan waktu libur ke mana. Tentunya, kamu juga harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan agar liburanmu dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan.