10 Tempat Wisata Pantai Di Jawa Timur Yang Paling Terkenal

Pantai Di Jawa Timur ~ Liburan ke pantai memang tak ada matinya. Siapapun pasti senang berada di sini. Untungnya Indonesia terdiri dari banyak pulau, sehingga banyak sekali pantai yang bisa dikunjungi. Pantai yang cantik dan eksotis tidak hanya di luar Jawa, di Jawa Timur juga ternyata menyimpan banyak pantai yang tak kalah menawan, lho. Kamu yang sedang berada di Jawa Timur atau sedang mencari inspirasi buat liburan, datang deh ke 10 objek wisata pantai paling terkenal di Jawa Timur berikut ini. Dijamin betah dan menyenangkan.

1. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma Jember

Jember ternyata memiliki pantai yang sangat indah. Nggak percaya? Coba deh kamu membolang ke Pantai Papuma yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan ini. Di sini kamu bakal disuguhi dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Pantainya memiliki pasir putih yang cantik. Ditambah lagi dengan batu karang yang menyebar di tepi pantai membuat pantai ini sangat spektakuler.

Batu karang yang menyebar tersebut berukuran sangat besar, sehingga dari kejauhan nampak seperti sebuah pulau. Ada tujuh pulau karang yang bisa kamu nikmati di sini. Jangan ragu untuk mengabadikan moment indah dengan background pantai Papuma ini. Dijamin sosial media kamu banjir like dan komen. Bukan omong kosong lho, karena faktanya banyak yang foto prewed di sini.

2. Pantai Goa China, Malang

Malang tidak hanya terkenal sebagai kota apel, lho. Di kota ini kamu juga bisa menemukan pantai-pantai yang cantik. Salah satu pantai paling terkenal di Malang adalah Pantai Goa China yang berlokasi di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo. Saking populernya, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Ya, wajar sih, karena pantai ini memang menyajikan pemandangan yang sungguh indah dan unik. Keunikannya terletak pada sebuah goa yang menyatu dengan pantai. Di sekeliling goa tersebut ditumbuhi tumbuhan hijau yang membuat pantai ini semakin menarik. Di sini kamu bisa menikmati pantai sekaligus goanya. Mau masuk ke dalam goa juga boleh, tapi tetap dalam pengawasan petugas setempat.

3. Pantai Balekambang, Malang

Nggak salah memang kalau kamu memilih destinasi liburan di Malang. Kota ini memiliki beragam wisata menarik. Selain Pantai Goa China, Malang juga punya pantai yang unik dan popular lainnya, yaitu Pantai Balekambang. Bisa dibilang kalau pantai ini adalah ‘Tanah Lot’ nya Jawa Timur. Alasannya jelas, karena pantai yang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur ini memiliki sebuah pura di atas batu karang yang cukup besar. Pemandangan mirip sekali dengan Tanah Lot di Bali. Bedanya, di pantai ini ada jembatan yang bisa kamu gunakan untuk menuju pulau karang tersebut. Ditambah dengan pasirnya yang berwarna putih, membuat pantai ini begitu terkenal di Jawa Timur.

4. Pantai Tiga Warna, Malang

Puas-puasin menjelajah Malang. Seharipun tidak akan bisa, karena Malang memiliki banyak spot wisata unik dan cantik. Salah satunya Pantai Tiga Warna yang terletak di Desa Tambakrejo. Pantai ini sebenarnya masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Sendan Biru, Malang. Jadi kamu bisa puas-puasin bermain pasir pantai dan air di kawasan ini. Bahkan di Pantai Tiga Warna ini kamu bisa ber-snorkling ria juga, lho. Biayapun sangat murah. Cuma Rp 15.000 aja per orang. Dengan budget segitu, kamu bisa menikmati terumbu karang yang masih alami. Menarik sekali kan?

5. Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung

Pingin liburan di pantai yang unik dan ekstrem? Datang deh ke Tulungagung, tepatnya di Pucanlaba. Di sini kamu akan menemukan sebuah pantai dengan banyak batu yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Bukan batu sembarangan, karena bentuknya sangat unik. Keunikan ini akan sangat cocok jika kamu jadikan background berfoto. Tidak hanya itu, pantai ini juga memiliki air yang sangat jernih, terutama pada teluk-teluk yang terbentuk dari kubangan batu. Meskipun tergolong sebagai objek wisata pantai terkenal di Jawa Timur, untuk bisa masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Wah, asyik sekali, kan? Mau liburan seru di tempat yang unik dan gratis? Ke Pantai Kedung Tumpang, Tulungagung saja!

6. Pantai Klayar, Pacitan

Pacitan memiliki pantai-pantai yang cantik. Salah satu pantai paling terkenal dengan pesona alamnya yang memukau di Pacitan adalah Pantai Klayar. Letaknya berada di Kecamatan Donorojo. Di sini kamu bisa menikmati pantai dengan pasir putihnya yang cantik seperti warna susu. Selain itu, batu karang yang berbentuk menyerupai Spinx juga berhasil menarik perhatian dan menambah daya tarik pantai yang berjarak sekitar 35 km dari wilayah barat kota Pacitan ini. Ditambah dengan air mancur alami setinggi 10 meter bakal bikin kamu takjub. Bahkan air laut di sini pun sangat cantik dan bersih dengan warna biru hingga tosca. Ketika bercampur dengan warna pasirnya yang putih susu, bakal menciptakan gradasi warna yang sangat indah. Nggak rugi deh kalau kamu ke sini. Eh, ada bunyi serupa siulan atau seruling loh di sini. Yakin nggak penasaran?

Baca Juga : 12 Destinasi Tempat Wisata Menarik Di Pacitan

7. Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Seperti namanya, salah satu pantai paling terkenal di Pacitan, Jawa Timur ini memiliki pemandangan pantai berupa banyu tibo atau air yang jatuh dari atas ketinggian. Tepatnya, air yang berasal dari sungai kecil tersebut mengalir di atas tebing, sehingga menciptakan airan air yang mirip dengan air terjun dan langsung menyatu dengan air laut. Uniknya lagi, sungai tersebut meskipun kecil, namun tidak pernah kering dan airnya pun begitu jernih. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini juga memiliki pemandangan yang mempesona. Selain dari banyu tibo tersebut, kami bisa menikmati bibir pantai yang memiliki pasir putih yang bersih. Mau foto-foto juga bisa banget.

8. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Satu negara identik dengan pantainya yang indah pastilah Hawaii. Tapi kamu tidak perlu ke Hawaii kok kalau mau lihat pantai yang unik. Datang aja ke Pantai Plengkung yang merupakan salah satu andalan wisata Banyuwangi. Di sini kamu bisa menikmati panorama alam pantai yang indah. Tidak hanya itu, daya tarik utama pantai ini justru terletak pada spot bermain selancar yang bagus. Kamu bisa bermain selancar di sini. Saking terkenalnya Pantai Plengkung sebagai spot selancar, pantai ini memiliki julukan atau nama internasional G-Land. Peselancar internasional pasti familiar dengan pantai ini. Bule aja suka datang ke sini, masa kamu enggak? Kapan nih ke sini?

9. Pantai Teluk Ijo, Banyuwangi

Jika kamu punya waktu liburan yang lumayan panjang di Banyuwangi, selain ke Pantai Plengkung, belok deh ke Pantai Teluk Ijo. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan yang spektakuler. Nggak kalah deh sama Maya Bay di Thailand. Untuk bisa menikmati pesona pantai yang juga terkenal dengan nama Green Bay ini, kamu kudu trekking dulu sekitar 1 jam dari Pantai Rejegwesi. Cocok deh buat kamu yang juga hobi trekking. Atau kalau kamu nggak begitu suka trekking, kamu bisa kok ke sini dengan naik perahu. Nggak lama, Cuma 15 menit saja. Siap-siap saja berbasah-basah ria, karena ombaknya tekenal besar. Seru-seru sedap deh pokoknya.

10. Pantai Pelang, Trenggalek

Di kabupaten Trenggalek, Jawa Timur juga tidak kalah unjuk gigi dalam mempertontonkan pesona alamnya, Di kota ini ada satu pantai yang paling terkenal. Pantai Pelang, namanya. Tidak hanya pantai yang bisa kamu nikmati di sini, tapi ada air terjunnya juga, lho. Keduanya menyatu menciptakan pemandangan yang harmonis dan manis. Hal tersebutlah yang bikin pantai yang terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Trenggalek ini terkenal, meskipun sekilas nampak biasa dengan pasir hitamnya. Buat kamu pecinta hewan unyu macam penyu, recommended datang ke sini. Karena tidak jauh dari bibir pantai dan air terjun, kamu akan menemukan lokasi tempat penyu ditangkar.

Memang ada banyak pantai yang membentang di sepanjang wilayah Jawa Timur. Tapi tidak semuanya terkenal. Kalau kamu nyari tempat liburan di Jawa Timur, khususnya yang berupa pantai, kesepuluh objek wisata pantai indah di Jawa Timur tersebut tidak akan rugi buat dikunjungi. Mau sekedar refreshing, bermain pasir, dan hunting spot kece, bisa banget. Bahkan ada lho pantai yang juga bisa buat snorkling.